Loading...

6 Jenis Buah Kaya Serat Wajib Dikonsumsi Setiap Hari

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan

Serat sangat penting untuk mengatasi masalah pencernaan, menyehatkan sistem pencernaan dan kesehatan tubuh. Serat dikenal dalam dua bentuk yaitu serat yang larut dan tidak larut. Serat larut akan hancur dalam tubuh, sedangkan yang tidak larut akan keluar dari tubuh saat pembuangan.

Kedua jenis serat ini sama-sama memiliki manfaat dan fungsi untuk membantu masalah pencernaan, membantu mengurangi dan mencegah risiko stroke, hipertensi dan penyakit jantung.

Yang kita ketahui, serat biasanya terdapat pada sayuran hijau dan kacang-kacangan. Namun ternyata serat juga dapat Anda peroleh dari beberapa buah yang akan menyehatkan tubuh Anda.

Loading...

 Buah Kaya Serat

Buah-buahan ini tidak hanya mengandung serat, tetapi juga memberikan manfaat lain. Dan yang lebih menguntungkan lagi, buah dapat di konsumsi langsung tanpa harus diolah seperti sayuran atau kacang-kacangan.

Untuk mengetahui lebih jauh buah apa yang dapat menawarkan serat untuk tubuh Anda, silakan baca artikel berikut ini.

1 . Apel

Ada sebuah pepatah yang mengatakan “Mengonsumsi satu apel sehari akan menghindarkan Anda dari para dokter”. Pepatah ini dapat dikatakan benar karena buah manis ini  tidak hanya memiliki banyak nutrisi, tetapi juga merupakan sumber serat terutama  pada  kulitnya.

Saat akan mengonsumsi apel, akan lebih baik untuk tidak mengupas kulitnya karena Anda akan mendapatkan banyak serat dari kulit apel.  Pastikan Anda mencucinya dengan bersih jika akan memakannya bersama kulit untuk menyingkirkan kotoran dan pestisida saat penanaman apel.

2 . Berries

Raspberry dan blueberry adalah keluarga berry yang tidak hanya baik sebagai antioksidan tetapi juga menjadi sumber serat yang diperlukan sistem pencernaan. Buah ini akan lebih nikmat saat dimakan langsung atau Anda dapat mencampurkannya dengan gandum, sereal atau es krim untuk dessert.

Yang perlu di garis bawahi, kudapan nikmat dan lezat ini tidak akan menambah berat badan Anda.

3 . Pisang

Buah berwarna kuning ini juga merupakan sumber serat dan sangat banyak membantu dalam proses pencernaan di samping menjadi tambahan energi dan nutrisi.

4 . Pir

Buah yang memiliki rasa yang serupa dengan jambu ini juga akan mencukupi kebutuhan serat harian Anda bahkan saat dikonsumsi langsung.

Anda dapat menghidangkan buah ini bersama dengan daging yang dipanggang atau disajikan sebagai makanan penutup yang akan lebih menambah rasa puas Anda.

5 . Alpukat

Alpukat adalah salah satu makanan super yang sudah dikenal mengandung segala macam manfaat yang sangat baik bagi tubuh.

Alpukat tidak hanya mengandung vitamin dan asam lemak tetapi juga merupakan sumber serat dan merupakan pilihan yang cocok sebagai tambahan saat membuat salad.

 6 . Buah Jeruk

Buah-buahan seperti jeruk dan jeruk anggur menjadi buah-buahan yang juga merupakan sumber serat. Buah ini tidak hanya sebagai sumber vitamin tetapi juga menyediakan serat untuk kebutuhan tubuh Anda. Masalah sembelit bahkan dapat diatasi buah ini..

**

Demikian 6 jenis buah yang akan mencukupi kebutuhan serat harian Anda. Buah yang kaya serat sangat penting untuk Anda yang sedang mencoba  menurunkan berat badan, juga untuk mengurangi resiko  penyakit jantung atau stroke  dan beberapa penyakit genetik.

Buah-buahan yang kaya dengan serat ini tidak hanya memperbaiki masalah pencernaan dan metabolisme tetapi juga akan membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Sebelum mengkonsumsi buah, pastikan untuk mencucinya dengan bersih.

Semoga bermanfaat.