Loading...

Ingin Mata Tetap Sehat? Simak Tips Ini!

Penulis: Riyadh Rubrik: Kesehatan

Di era teknologi informasi sekarang ini, mata kita memiliki tugas berat menatap layar dalam waktu yang lama. Berbeda dengan melihat pemandangan alam, menatap layar seperti pada televisi, komputer, dan tablet, tidak membutuhkan kemampuan kompleks mata yang sebenarnya merupakan kelebihan utamanya.

Maka muncullah sindrom mata malas, mata kita menurun penglihatannya karena terbiasa dengan fokus jarak dekat. Tak hanya itu, kandungan radikal bebas yang berasal dari polusi, debu, dan asap kendaraan dapat turut berdampak bagi kesehatannya.

Mata Tetap Sehat

Loading...

Maka dari itu, jangan remehkan kesehatan mata. Lindungi penglihatan Anda dengan lima  tips dari Web MD berikut ini:

1. Mulai dari Makanan

Melindungi mata dimulai dari makanan di piring Anda. Studi menunjukkan bahwa nutrien seperti asam lemak omega-3, lutein, seng, vitamin C dan E dapat membantu menangkal problem penglihatan karena usia seperti degenerasi makular dan katarak.

Rutin mengonsumsi makanan berikut dapat membantu membawa kesehatan mata yang baik:

Mengonsumsi pola makan yang seimbang membantu menjaga sehatnya berat badan, yang membuat Anda punya kecenderungan lebih sedikit dari penyakit terkait obesitas seperti diabetes tipe 2. Sementara itu, diabetes merupakan penyebab utama kebutaan pada orang dewasa.

2. Berhentilah Merokok

Merokok membuat Anda rentan terhadap penyakit katarak, kerusakan saraf optik, dan degenarasi makular (penglihatan). Jika Anda mencoba berhenti merokok sebelumnya dan kemudian mulai merokok lagi, teeruslah mengusahakan. Studi menunjukkan semakin sering Anda mencoba berhenti merokok, semakin besar kemungkinan untuk sukses.

(Baca juga: Cara Berhenti Merokok)

3. Kenakan Kacamata Matahari

Jenis kacamata matahari yang tepat akan membantu melindungi mata Anda dari sinar ultraviolet (UV). Terlalu banyak paparan UV membuat Anda rentan mendapat katarak dan degenerasi makular.

Pilihlah kacamata yang menangkal 99%- 100% sinar UVA dan UVB. Lensa wraparound membantu melindungi mata Anda dari samping.Sementara lensa polarized mengurangi cahaya yang menyilaukan saat mengemudi. Jika Anda mengenakan lensa kontak, beberapa produk menawarkan perlindungan UV.

Meski begitu, tetap saja masih lebih baik mengenakan kacamata matahari untuk perlindungan lebih.

4. Gunakan Kacamata Pelindung Saat di Rumah, Tempat Kerja, maupun Saat Olahraga

Jika Anda bekerja dengan material berbahaya ataupun yang terbawa di udara, kenakan kacamata pelindung setiap kalinya.

Beberapa jenis olahraga seperti kasti misalnya dapat membawa cedera pada mata. Kenakan kacamata pelindung (seperti helm dengan topeng pelindung muka atau kacamata olahraga dengan lensa polycarbonate) untuk membentengi mata Anda.

5. Jauhkan Pandangan dari Komputer

Menatap komputer dapat menyebabkan:

  • Ketegangan mata
  • Penglihatan kabur
  • Kesulitan fokus jarak jauh
  • Mata kering
  • Sakit kepala
  • Nyeri leher, punggung, dan pundak

Lindungi kesehatan mata Anda dengan langkah berikut:

  • Pastikan resep kacamata atau lensa kontak Anda up-to-date dan mumpuni untuk penggunaan komputer.
  • Beberapa orang membutuhkan kacamata untuk membantu mengatasi warna kontras, cahaya menyilaukan, dan ketegangan mata saat menggunakan komputer.
  • Posisikan komputer sehingga mata Anda sejajar bagian atas monitor. Hal ini memungkinkan Anda melirik sedikit ke bawah layar.
  • Hindarkan cahaya silau pada komputer yang berasal dari jendela dan lampu. Gunakan layar khusus anti silau bila diperlukan.
  • Pilihlah kursi yang nyaman dan menyokong tubuh. Posisikan hingga kaki Anda mendatar di lantai.
  • Jika mata kering, berkediplah lebih sering.
  • Ingat prinsip 20-20-20. Setiap 20 menit (atau yang lain menyarankan hingga 30 menit), istirahatkan mata dengan melihat 20 kaki jauhnya selama 20 detik. Lebih lanjut, setiap dua jam, berdirilah dan ambil istirahat 15 menit.

***

Demikian beragam  tips dalam menjaga kesehatan mata. Lakukan langkah tersebut untuk mengurangi ketegangan dan jangan paksakan mata bila telah kelelahan. Sayangi mata Anda yang sangat berharga.

(Foto: kurwaeye.com)