Loading...

Ketahui Penyebab dan Cara Aman Menurunkan Kolesterol

Penulis: Rin Rubrik: Kesehatan

Istilah kolesterol mengacu pada tingginya konsentrasi kolesterol, zat lemak lilin, dan lipid lainnya dalam aliran darah. Kondisi ini diketahui memperburuk resiko kambuhnya penyakit jantung. Konsentrasi kolesterol di pembuluh darah dapat menyempitkan pembuluh sehingga meningkatkan penyakit darah tinggi.

Biasanya, para dokter akan merekomendasikan pengobatan untuk penyakit ini berupa obat statin yang disertai berbagai efek samping.

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi

Loading...

Sebetulnya, ada cara yang bisa menurunkan kadar kolesterol secara aman. Namun, pertama-tama, Anda harus mengetahui dahulu mengapa kolesterol tinggi bisa terjadi.

Penyebab Kolesterol

Kolesterol tinggi dihasilkan dari kombinasi berbagai faktor, di antaranya diet yang tidak sehat dan kurangnya aktivitas fisik. Konsumsi alkohol yang berlebihan dan merokok bisa meningkatkan kadar kolesterol.

Makanan yang mengandung lemak trans meningkatkan kadar kolesterol. Lemak trans adalah lemak buatan manusia yang bisa ditemukan di dalam makanan olahan, misalnya minyak sayur yang terhidrogenasi.

Selain itu, kolesterol juga diproduksi oleh hati (liver) secara alami karena kolesterol diperlukan oleh tubuh. Yang menjadi masalah, jika kolesterol berada dalam jumlah yang berlebihan di dalam tubuh.

Ketika kolestero terlalu banyak di dalam aliran darah, maka ia akan kembali dibawa ke hati untuk didaur ulang. Hati berupa membuangnya sebagian melalui sistem pencernaan. Namun, kolesterol buangan ini bisa kembali diserap ke dalam aliran darah.

Ada juga pendapat yang mengatakan bahwa kolesterol tinggi terjadi karena sejarah keluarga di mana ada kondisi yang disebut hiperkolesterolemia familial yang harus diobati dengan obat-obatan. Dalam kondisi tersebut, hati menghasilkan kolesterol secara berlebih. Kondisi ini sangat jarang terjadi.

Cara Mengatasi Kolesterol

Banyak sekali cara yang sebetulnya bisa mengurangi kadar kolesterol tanpa obat, asalkan mau melakukannya.
Berbagai cara aman tersebut di antaranya:

1. Tingkatkan aktivitas fisik, seperti olahraga, karena aktivitas ini dapat meningkatkan kadar HDL baik yang mengurangi kadar LDL buruk.

2. Kurangi lemak trans dalam makanan diet Anda.

3. Kurangi asupan lemak jenuh dan konsumsi makanan rendah lemak.

4. Berhenti merokok karena merokok dapat mempengaruhi hati untuk menghasilkan lebih banyak kolesterol.

5. Batasi minuman beralkohol, satu gelas per hari saja untuk wanita dan dua gelas per hari saja untuk pria.

6. Makan makanan kaya serat seperti oatmeal dan biji-bijian karena serat menyerap dan membawa kolesterol keluar dari tubuh.

7. Konsumsi suplemen (jika perlu) yang secara alami menjaga kadar kolesterol, seperti:

  • Beta sitosterol, yakni zat seperti kolesterol yang mengganggu penyerapan kolesterol.
  • Policosanol, yakni zat yang mengganggu produksi kolesterol di hati dengan tidak mengganggu produksi CoQ10 seperti yang terjadi jika menggunakan obat statin.
  • Teh theflavin yang meningkatkan kadar kolesterol HDL yang baik.
  • D limonene dapat melarutkan kolesterol.
  • Minyak bekatul, dapat mengubah kolesterol menjadi asam empedu, meningkatkan sekresi asam empedu, dan menghambat penyerapan kolesterol ke dalam sistem pencernaan.

Kebanyakan suplemen hanya terdiri dari satu bahan dengan satu khasiat saja. Cobalah mencari satu suplemen yang merangkumkan keseluruhan khasiat untuk hasil terbaik dan pastikan alami untuk mengalahkan kolesterol tinggi.

Foto: http://www.abc.net.au/radionational/image/5067562-3×2-340×227.jpg