Loading...

6 Jenis Jamu Tradisional dan Manfaatnya Untuk Kebugaran Tubuh

Penulis: Nila Rubrik: Kesehatan

Jamu sebagai fungsinya untuk obat tradisional paling banyak dijumpai pada beberapa daerah di Indonesia, belakangan semakin populer perkembangannya sebagai pengobatan herba atau herbal.

Jamu terbuat dari bahan – bahan alami seperti bagian terpenting dari tumbuhan obat berupa rimpang (akar – akaran), daun – daunan dan kulit batang serta bunga dan buah. Ada juga jamu yang memakai bahan dari hewan seperti darah, empedu atau tangkur (buaya).

Seperti halnya berfungsi sebagai obat tradisional, jamu berasa pahit sehingga dalam mengonsumsi sehari – hari sering Anda perlu mencampurnya dengan bahan – bahan lain yaitu madu sebagai pemanis atau jeruk nipis untuk memberi rasa segar.

Loading...

Manfaat Jamu Tradisional

Berikut akan diberikan 6 jenis jamu dan manfaat kesehatan apabila Anda rutin mengonsumsi jamu tradisional setiap hari, silakan disimak:

1). Jamu beras kencur

Jamu jenis ini merupakan salah satu jamu tradisional yang sudah populer dan mempunyai penggemar dari berbagai usia di Indonesia.

Mereka memanfaatkan jamu beras kencur karena mempunyai fungsi kesehatan yaitu sangat baik dipakai untuk menambah nafsu makan terutama pada anak – anak, bisa dipakai mengobati pegal – pegal dan membuat tubuh Anda lebih bugar.

Mendapatkan segelas jamu beras kencur sangat mudah sekali, sediakan bahan – bahan seperti beras, jahe, kencur, gula merah dan air bersih dalam porsi yang tepat. Bahan lain yang diperlukan adalah biji kedawung dan biji kapulogo secukupnya.

Cara membuat adalah dengan mencampur semua bahan menjadi satu, saring lalu diminum secara rutin satu kali dalam sehari terutama paling baik dipakai ketika pagi hari.

2). Jamu kunyit asam

Jenis lain dari jamu tradisional yang bermanfaat tinggi untuk kesehatan tubuh Anda adalah jamu kunyit asam.

Jamu kunyit asam bagus diberikan kepada kaum wanita yang sedang datang bulan, ampuh meredakan panas dalam dan dapat dipakai sebagai ramuan tradisional untuk menurunkan berat badan.

3). Jamu kunci sirih

Jamu kunci sirih berguna sebagai penopang kesehatan, terutama sangat baik diminum secara rutin oleh wanita atau ibu – ibu muda sehabis melahirkan. Jamu kunci sirih ampuh membantu mengencangkan perut kendor akibat baru melahirkan dan bisa dipakai sebagai media menghilangkan bau badan. Juga berkhasiat dalam menjaga kesehatan organ intim wanita.

Bahan – bahan untuk membuat segelas jamu ini adalah air bersih, beberapa lembar daun kunci sirih, dua lembar daun sirih dan sedikit kencur, campur atau blender menjadi satu, saring dan bisa Anda tambahkan sedikit garam dan perasan air jeruk nipis.

Minum satu kali dalam sehari, di pagi hari secara rutin saat kondisi tubuh Anda lemah.

4). Jamu paitan

Kandungan zat – zat berguna di dalam jamu paitan adalah sambiloto dan brotowali. Kedua tanaman obat ini berasa sangat pahit, sehingga kebanyakan orang enggan mengonsumsi jamu paitan ini karena khawatir dengan rasa pahitnya yang teramat sangat.

Padahal jamu paitan mempunyai banyak manfaat terutama untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi di dalam darah. Jamu paitan baik untuk membersihkan darah kotor dan mencegah timbulnya jerawat membandel.

5). Jamu gepyokan

Jamu gepyokan merupakan salah satu jamu tradisional yang paling banyak dikonsumsi oleh wanita atau ibu muda yang sedang menyusui bayi dan ibu – ibu sehabis melahirkan.

Hal ini disebabkan karena jamu gepyokan mengandung banyak zat berguna untuk menjaga kuantitas air susu ibu tetap dalam kondisi steril dan menyehatkan. Bahan pembuatan jamu ini sangat mudah yaitu dari kencur, jahe dan daun katup.

6). Jamu cabe lempuyang

Jamu cabe lempuyang mempunyai khasiat bagus untuk mengobati sakit pegal – pegal terutama di bagian pinggang, ampuh untuk menghilangkan kesemutan dan capek – capek di badan sehabis berolah raga atau mendaki gunung.

Jamu cabe lempuyang terbuat dari bahan – bahan seperti cabe dan rimpang lempuyang.

**

Manfaat dan khasiat dari jamu tradisional untuk kesehatan tubuh Anda akan menghasilkan efek positif yang optimal jika Anda rutin atau rajin mengonsumsinya (kalau bisa setiap hari dalam porsi yang tepat).

Sejuta manfaat yang bisa diperoleh dari jamu alami ini sehingga dalam perkembangan selanjutnya, diharapkan jamu tradisional bisa dimasukkan ke dalam kategori obat yang diramu secara tradisional namun tetap mempunyai manfaat tinggi untuk kesehatan tubuh.