Loading...

Khasiat Buah Mangga Untuk Kebugaran Tubuh

Penulis: Nila Rubrik: Kesehatan

TERUSKAN.COM – Tanaman Mangga merupakan tumbuhan kerabat Mangifera yang menghasilkan buah dengan nama yang sama, Mangga.

Secara ilmiah, dikenal dengan nama Mangifera indica dan digolongkan ke dalam kelompok suku Anacardiceae. Pohon dari tanaman mangga berupa kayu dengan ketinggian batang yang bisa mencapai angka maksimal 40 meter.

Jika merunut pada sejarahnya, pohon mangga ini pertama kali ditemukan di India juga Burma. Namun pada perkembangannya, buah dengan rasa manis dan asam ini telah menyebar ke seluruh pelosok dunia termasuk Indonesia di dalamnya.

Loading...

Khasiat Buah Mangga

Tak hanya nikmat, buah yang satu ini juga telah lama tersohor berkat khasiatnya bagi manusia. Manfaat buah mangga ini telah banyak dibuktikan oleh orang-orang.

Tak percaya? Cermati uraian tentang manfaat buah mangga untuk kebugaran tubuh berikut ini.

1). Menurunkan kolesterol

Kandungan vitamin C, serat tinggi dan pektin bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah.

2). Mencegah serangan kanker

Kandungan senyawa antioksidan pada buah manga seperti astragalin, asam galat, quercetin, methygallat, fisetin dan isoquercitrin sangat baik dalam pencegahan penyakit kanker usus berat, leukemia dan prostat.

3). Memelihara kesehatan mata

Kandungan vitamin A pada daging buah mangga berkhasiat untuk mencegah mata agar tidak kering sekaligus efektif menjaga kejernihan mata.

4). Menjaga kadar insulin

Manfaat buah mangga bisa membantu kadar insulin agar tetap normal. Kandungan indeks glikemik pada seiris daging buah mangga adalah sangat rendah sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

5). Menurunkan panas dalam

Dengan rutin mengonsumsi jus mangga, bisa mendinginkan tubuh, terutama saat cuaca sedang sangat panas yang bisa berakibat timbulnya keletihan tubuh.

6). Meningkatkan sistem imun tubuh

Kandungan vitamin A, vitamin C dan kadar karotenoid pada daging buah mangga bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

7). Membersihkan wajah

Khasiat buah mangga juga dapat untuk media kecantikan wajah, yaitu ampuh menghilangkan dan membersihkan pori – pori kulit.

Cara pemakaiannya sangat sederhana yaitu bisa dikonsumsi langsung dalam keadaan segar atau dengan cara penggunaan luar seperti masker daging buah mangga.

8). Memperlancar pencernaan

Jika Anda sedang dalam perawatan program diet sehat atau sedang mengalami sakit sembelit, maka buah mangga dapat memperlancar pencernaan dan sekresi yang dihasilkan oleh pencernaan sehingga membantu program penurunan berat tubuh menjadi lancar.

Mengonsumsi mangga secara rutin sangatlah baik untuk diet Anda, juga untuk penderita anemia atau kurang darah. Buah berwarna oranye ini dipercaya sangat baik untuk ibu hamil karena kandungan zat besinya.

Selain kaya akan kandungan vitamin C, buah mangga banyak mengandung vitamin A dalam jumlah cukup tinggi.

**

Satu piring irisan buah mangga matang menyediakan setidaknya kandungan 25 persen kebutuhan harian akan vitamin A.

Riset kesehatan menjelaskan bahwa daging mangga bermanfaat untuk mencegah beragam penyakit terutama mata seperti rabun ayam, pelunakan kornea, kekeringan pada mata, gatal – gatal pada mata dan masih banyak lagi jenis penyakit lainnya.

Anda juga bisa mengoptimalkan fungsi kulit mangga untuk kecantikan yaitu dengan mengoleskan kulit mangga ke permukaan wajah selama kira – kira 10 menit untuk menghilangkan atau mengeluarkan kotoran dari pori – pori yang tersumbat pada kulit wajah sehingga ampuh juga dipakai sebagai media mengurangi jerawat.

Selamat mencoba!