Loading...

Tips Memilih Warna Lipstik Sesuai Warna Kulit Anda

Penulis: Nila Rubrik: Fashion, Wanita

Lipstik dewasa ini sudah mengalami perkembangan yang begitu pesat, dari beragam jenis dan bahan – bahan yang dipakai. Bahan dasar utama untuk mendapatkan lipstik cantik adalah lilin, minyak, pigmen, dan emmolient, yaitu sejenis bahan tambahan yang berfungsi sebagai pelembut.

Jenis yang dihasilkan pun beragam, ada lipstik matte yang bersifat tidak mengilap, lipstik sheer yang bersifat lebih melembapkan, lipstik long – lasting yang mempunyai daya tahan lebih lama, dan lip gloss yang fungsinya untuk memberi keindahan lebih pada bibir yaitu berfungsi mengkilapkan bibir kering atau kusam Anda.

Tips Memilih Warna Lipstik

Loading...

Lipstik matte banyak mengandung lilin dan pigmen, namun lebih sedikit kandungan emollientsnya. Sedangkan lipstik sheers kaya akan kandungan minyak atau glimmer yang khusus terbuat dari bahan – bahan mika dan silika (sejenis mineral), tapi lebih sedikit kandungan lilin dan pewarna.

Lalu, lipstik long – lasting mengandung minyak silikon yang menyebabkan lipstik ini tahan lama melekat di bibir Anda.

Lain lagi dengan lip gloss. Walau pun bahan dasarnya hampir sama dengan lipstik lain secara umum, kandungan lilin pada lip gloss jumlahnya lebih sedikit, tetapi minyaknya mempunyai kandungan lebih banyak sehingga menyebabkan kesan mengilap (gloss) semakin kuat.

Berikut akan diberikan tips memilih warna lipstik sesuai dengan warna kulit tubuh, wajah dan bibir Anda sehingga memberikan fungsi tepat untuk mempercantik penampilan Anda :

1). Untuk kulit hitam

Lipstik nuansa merah : hindarilah memilih warna merah yang cenderung bercampur warna oranye atau pink dan pakailah nuansa merah yang bernada dasar kebiruan atau sedikit lebih tua. Misalnya warna merah mahagony, plum gelap serta merah wine.

Nuansa cokelat : hampir semua lipstik dalam nuansa kecokelatan tepat dipakai untuk Anda yang mempunyai tekstur kulit gelap. Cobalah memakai nuansa cokelat muda untuk memberi kesan ringan dan pakai yang lebih tua seperti warna kopi untuk memberikan kesan yang lebih dramatis.

Nuansa merah jambu : walaupun Anda mempunyai kulit berwarna gelap, warna pink cenderung muda dan tipis bisa Anda coba. Pilihlah nuansa berry, rose atau plum. Atau pilih warna pink nude yang cenderung beige sehingga menambah sempurna penampilan Anda.

2). Untuk kulit sawo matang

Nuansa merah : nuansa merah yang biasanya Anda pilih adalah yang bernada dasar cokelat, berry ataupun merah tua. Hindari memilih warna merah yang cenderung oranye ataupun merah jambu, karena akan menyebabkan wajah terlihat semakin gelap.

Nuansa cokelat : belilah lipstik warna cokelat kemerahan, seperti warna merah marun. Untuk alternatef lain, Anda juga bisa memilih warna cokelat yang gelap seperti warna kopi, toffee atau cokelat.

Nuansa merah jambu : kulit sawo matang juga dapat memilih warna merah jambu, asalkan Anda tetap harus memilih nuansa yang cenderung berwarna gelap. Warna berry, rose dan plum muda bisa Anda gunakan untuk warna kulit sawo matang. Pakailah nada dasar yang cenderung kekuningan dan hindari lipstik yang bernada dasar biru atau dingin.

3). Untuk kulit sedang

Nuansa merah : lipstik bernuansa merah bisa Anda pilih, namun jangan lupa untuk memakai warna merah agak tua. Anda bisa mengenakan warna merah dengan nada dasar biru supaya kulit wajah Anda terlihat sedikit lebih terang. Atau warna merah dengan nada dasar cokelat supaya wajah Anda di dalam satu acara penting yang Anda hadiri terlihat hangat.

Nuansa cokelat : hindarilah memilih warna cokelat muda atau pucat, karena bisa membuat wana kulit Anda terkesan kusam. Anda bisa memilih warna – warna karamel tua, cokelat dengan rona pink atau kuning, dimana semuanya dalam rona yang agak tua atau lebih matang.

Nuansa merah jambu : Anda bisa membeli nuansa merah jambu yang agak tua dan cenderung hangat. Cobalah ambil merah jambu kecokelatan atau cenderung nude, karena hal ini lebih cocok daripada warna merah jambu yang bernada dasar biru.

4). Untuk kulit putih

Nuansa merah : untuk para gadis atau kaum wanita dewasa yang memiliki kulit warna putih bersih sebaiknya menghindari untuk memilih nuansa merah yang berona oranye, karena hal ini akan menyebabkan kulit Anda terlihat semakin kusam. Warna merah yang lembut dengan rona berry atau anggur bisa Anda pakai, di samping juga dengan paduan merah muda ataupun nude.

Nuansa cokelat : nuansa ini bisa Anda gunakan untuk sore dan malam hari, namun pilihlah lipstik yang berona moka atau merah. Warna cokelat yang bernada dasar kuning oranye juga menimbulkan kulit wajah terlihat agak kusam.

Nuansa merah jambu : merah jambu adalah warna yang paling cocok dipakai pada kulit yang putih. Semua nuansa merah jambu dari yang mempunyai dasar warna pucat, rose, shimmer dan bernada keemasan bisa Anda pakai. Hanya saja, hindarilah memilih warna pink yang terlalu mencolok, karena akan menyebabkan kulit wajah Anda terlihat semakin pucat.

**

Nah, bila Anda sudah genap berusia sweet seventeen atau menjadi sosok wanita dewasa kelak, dalam berpenampilan untuk keperluan sehari – hari atau menghadiri acara pesta, Anda diharapkan mampu untuk membeli dan memilih jenis – jenis lipstik mana yang paling cocok untuk suasana yang ada, tepat untuk kondisi tubuh dan tentu saja adalah jenis lipstik yang kita suka.

Selamat memilih!