Loading...

Mengapa Minum 8 Gelas Air Setiap Hari Penting Untuk Anda?

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan

Minum 8 gelas air setiap hari sudah menjadi sebuah slogan yang sering diucapkan dan direkomendasikan untuk tetap menjaga kesehatan tubuh dan menghindarkan dari dehidrasi.

Namun seringkali, Anda hanya mengikuti apa yang disarankan, tanpa mengetahui alasan mengapa sangat penting minum 8 gelas air setiap harinya.

Manfaat Air Putih

Loading...

Nah, pada artikel berikut ini akan kami bagikan pada Anda alasan mengapa sangat penting untuk meminum 8 gelas air setiap harinya,

Bagaimana Cara Agar Anda Gemar Minum?

Banyak dari Anda yang tidak rutin minum air putih 8 gelas sehari karena rasa malas untuk mondar-mandir hanya untuk mengisi gelas.  Atau kurang tertarik karena rasa air putih yang sangat biasa.

Berikut beberapa cara yang akan membantu Anda untuk lebih gemar dan menikmati air putih sehingga kebutuhan air Anda setiap harinya akan tercukupi.

1 . Selalu membawa botol air minum kemanapun Anda pergi, baik ke pertemuan kantor, acara hiburan atau kegiatan lainnya untuk tetap memastikan kebutuhan cairan tetap terpenuhi. Anda dapat menggunakan botol air yang memiliki ukuran setara dengan 8 gelas sehari.

2. Tidak harus air putih, Anda juga dapat menggantikan asupan cairan tubuh dari buah-buahan yang kaya akan kandungan air seperti semangka, tomat dan sebagainya. Anda juga dapat mengolahnya menjadi jus yang akan memberikan rasa segar, nikmat dan sehat.

3.  Jika ingin mengonsumsi suplemen atau vitamin, Anda dapat memilih vitamin atau suplemen yang dapat larut dalam air sehingga kedua manfaat akan Anda peroleh.

4.  Cobalah untuk mengubah merk air mineral yang Anda minum dari waktu ke waktu. Ini akan membantu Anda mendapatkan rasa dari air kemasan sebelumnya.

5. Jangan menunggu rasa haus menghampiri Anda. Usahakan untuk minum meskipun Anda tidak terlalu merasa haus. Timbulnya rasa haus merupakan pertanda bahwa tubuh sedang mengalami dehidrasi.

6. Minum air putih dalam keadaan dingin atau panas akan memberikan manfaat yang sama. Namun akan lebih baik untuk minum air putih dalam keadaan biasa (tidak panas atau dingin).

 Manfaat Minum Air Putih

1. Tubuh manusia terdiri dari 75 % kandundungan air. Karena itu, Anda membutuhkan setidaknya 8 gelas air perhari untuk menjaga cairan dalam tubuh Anda.

2. Air dapat membantu menyehatkan tubuh karena akan membantu dalam mengangkut nutrisi makanan ke sel-sel dan organ dalam tubuh Anda.

3. Air akan membersihkan tubuh Anda dan  membuang sisa metabolisme yang tidak  diperlukan oleh tubuh .

4. Akan mengurangi risiko terkena batu ginjal.

5. Saat musim panas dan sengatan matahari yang berlebihan, air akan mencegah Anda dari dehidrasi (rasa haus yang berlebih).

6. Dalam beberapa kasus, air telah dikenal dapat menurunkan resiko tingkat tekanan darah (hipertensi).

7. Banyak minum air akan membuat jantung Anda lebih sehat.

8. Saat sakit kepala, minum air putih akan membantu meringankan sakit yang dirasakan.

9. Kulit akan menjadi lebih sehat dan bersinar ketika minum air minimal 8 gelas per hari .

10. Akan mengurangi risiko terkena kanker saat minum air putih.

**

Demikian bagaimana cara dan manfaat yang akan diberikan air putih untuk tubuh Anda. Meskipun akan terasa bosan, namun banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk memunculkan minat Anda minum lebih banyak air putih setiap harinya.

Semoga bermanfaat.