Loading...

5 Keajaiban Kacang yang Dapat Menurunkan Berat Badan

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan

Ingin menurunkan berat badan  Anda? Jangan pernah berpikir Anda dapat menurunkannya secara instan. Anda hanya akan menurunkan berat badan Anda jika saja melakukan diet ketan dan rutin menjalankan program yang telah Anda buat.

Di samping diet, pemilihan jenis makanan juga sangat penting untuk mendukung agar diet berjalan sesuai dengan yang Anda harapkan.

Salah satu bahan pangan yang tepat untuk Anda jadikan sebagai salah satu pendukung program diet yaitu kacang. Kacang tidak hanya memberikan manfaat untuk kesehatan, tetapi juga diketahui dapat membantu menurunkan berat badan.

Loading...

Manfaat Kacang

Penasaran? Berikut 5 manfaat ajaib yang diberikan kacang untuk membantu menurunkan berat badan Anda.

1. Kacang Membuat Anda Merasa Kenyang Lebih Lama

Kacang atau selai kacang yang sarat dengan protein dan serat menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan pelengkap diet harian Anda.

Seperti yang diketahui, kacang akan membantu  untuk membuat Anda merasa kenyang lebih lama, mencegah dari rasa lapar yang akan menyerang Anda. Mengunyah beberapa kacang setiap hari secara berkala pada siang hari dapat membantu Anda menghindari makan pada malam hari.

Semakin lama rasa kenyang yang Anda rasakan, akan semakin baik karena membantu menahan rasa ingin makan bahkan akan secara berkala membuat Anda lupa untuk makan. Selain itu, serat yang terdapat pada kacang juga sangat baik untuk sistem pencernaan.

 2. Kacang Membantu Meningkatkan Tingkat Metabolisme Tubuh

Mengonsumsi kacang secara teratur membantu dalam meningkatkan tingkat sistem metabolisme.tubuh. Hal ini secara tidak langsung akan berpengaruh mempercepat penurunan berat badan dan dengan demikian akan menguntungkan pada Anda  yang mencoba untuk menurunkan beberapa kilo berat badan Anda.

Ketika metabolisme tubuh meningkat, tubuh akan menggunakan lebih banyak energi dan karena itu secara tidak langsung membakar lebih banyak lemak dari tubuh. Jika Anda latihan secara teratur, efek pembakaran lemak akan lebih ditingkatkan sehingga Anda bisa kehilangan lebih banyak lagi berat badan.

 3. Kacang Mudah Dicerna

Diketahui juga bahwa kacang membantu menstabilkan kadar gula darah karena indeks glikemik yang rendah. Ini berarti bahwa kacang akan lebih mudah untuk dicerna.

Selain itu, kacang juga membantu mengurangi nafsu makan dan sangat baik dalam membantu penyediaan energi.

 4. Kacang Rendah Akan Kandungan Gula

Berbeda dengan ansi atau roti, kacang memiliki kandungan gula yang sedikit, sehingga akan menjadi alternatif yang sangat baik untuk dikonsumsi. Selain itu juga akan menghindarkan Anda dari resiko terkena diabetes yang sering dialami beberapa orang akibat berkelebihan berat badan.

 5. Kacang Kaya Akan Kandungan Nutrisi

Salah satu jenis kacang yang dapat dikonsumsi adalah kacang tanah. Kacang tanah sangat kaya akan kandungan nutrisi. Kacang ini dapat dikonsumsi mentah karena tidak mengandung bahan  pengawet.

Selain itu, mengonsumsi kacang juga akan membantu Anda memilih jenis cemilan yang belum tentu memberikan manfaat buat kesehatan dan membantu penurunan berat badan.

**

Demikian beberapa manfaat yang akan diberikan kacang dalam membantu program diet Anda. Namun, Anda perlu berhati-hati untuk tidak mengkonsumsi kacang secara berlebihan.

Meskipun mengandung jumlah kalori yang baik dan dapat dijadikan sebagai bahan makanan yang rendah kalori, akan lebih baik untuk  Anda tidak terlalu sering mengonsumsinya. Tambahkan  sayuran dan buah pada menu diet Anda untuk lebih menyeimbangkan asupan nutrisi yang Anda peroleh.

Semoga bermanfaat.