Loading...

Jatuh Cinta dan Jantung Sehat

Penulis: Mayrani Rubrik: Kesehatan

Jatuh Cinta dan Jantung SehatAda kabar baik bagi mereka yang sedang jatuh cinta, dan menjalin hubungan berkomitmen – hal itu ternyata baik untuk kesehatan jantung, kata ahli jantung Vanderbilt Heart and Vascular Institute, Julie Damp, M.D.

“Ada teori yang berbeda di balik kemungkinan alasannya,” kata Damp.

Jatuh Cinta dan Jantung Sehat

Loading...

Sebagian besar teori tampaknya berkaitan dengan fakta bahwa orang-orang yang sudah menikah atau yang berada dalam hubungan yang dekat dan sehat cenderung lebih kecil kemungkinannya untuk merokok, lebih aktif secara fisik dan lebih cenderung memiliki struktur sosial yang berkembang dengan baik. Seiring dengan itu, mereka mungkin memiliki tingkat stres dan kecemasan lebih rendah dalam kehidupan sehari-hari mereka, juga mungkin mencari perhatian medis lebih cepat, dan lebih mungkin untuk mengambil obat pencegahan.

Sebuah studi terbaru dari Finlandia menunjukkan bahwa pria dan wanita yang menikah memiliki resiko signifikan lebih rendah dari mengalami serangan jantung dan meninggal akibat serangan jantung dibandingkan dengan mereka yang belum menikah.

“Ada juga teori bahwa orang-orang yang berada dalam hubungan percintaan dapat mengalami perubahan neuro-hormonal yang memiliki efek positif pada tubuh, termasuk sistem kardiovaskular,” katanya, menjelaskan bahwa ada kadar hormon tertentu dalam tubuh yang berbeda-beda tergantung pada tingkat stres individu dan kecemasan.

“Ini belum terbukti, tetapi gagasannya ialah bahwa berada dalam hubungan yang positif dapat memiliki efek positif pada sistem kardiovaskular Anda selama jangka waktu yang lama,” kata Damp. Bahkan, penelitian telah menunjukkan bahwa hubungan yang melibatkan konflik atau negatif terkait dengan peningkatan resiko untuk penyakit arteri koroner.

Studi menunjukkan bahwa menghadiahkan sekotak dark chocolate pada orang yang Anda cintai juga baik bagi jantung.

Dark chocolate mengandung flavonoid, yang merupakan antioksidan. Antioksidan memiliki efek positif pada banyak sistem tubuh yang berbeda, termasuk sistem kardiovaskular. Konsentrasi tinggi kakao dalam dark chocolate tampaknya menjadi apa yang menawarkan manfaat flavonoid.

Dark chocolate telah terbukti berkaitan dengan tekanan darah rendah, menurunkan kadar gula darah dan perbaikan pada pembuluh darah yang membesar dan rileks,” kata Damp.

Jatuh Cinta dan Penurunan Tekanan Darah

Ketika bersama dengan orang yang dicintai, rasa ringan yang terasa dalam jantung kemungkinan karena menurunnya tekanan darah Anda.

Sebuah studi baru melaporkan bahwa ketika seseorang bersama dengan pasangan atau mitranya, tekanan darah sedikit menurun. Tidak peduli jika hubungannya ialah mencintai. Bahkan jika hubungan itu tidak sangat bahagia, tekanan darah masih turun sedikit.

“Menurunnya bukan perbedaan besar,namun signifikan,” kata pemimpin penulis studi, asisten profesor psikologi Brooks Gump, dari State University of New York di Oswego.

Untuk sebagian besar, tekanan darah sistolik peserta turun rata-rata satu titik, kata Gump. Penelitian ini mengamati 120 peserta dengan mengenakan monitor tekanan darah selama enam hari.

“Orang-orang yang berada dalam hubungan yang buruk cenderung menghindari pasangannya lebih sering, tapi secara keseluruhan tekanan darah mereka masih menurun ketika mereka bersama-sama,” kata Gump.

Laporan lain, dari National Institute of Medicine berbasis di Washington D.C., mengamati hubungan antara kesehatan dan perilaku dan menemukan bahwa hubungan intim cenderung menambah umur seseorang. Hal ini merekomendasikan lebih banyak studi untuk melihat perilaku keseluruhan dan efeknya bagi kesehatan.