Loading...

8 Tips Sehat Menurunkan Berat Badan

Penulis: Rin Rubrik: Kesehatan, Wanita

Jutaan orang mengalami masalah dengan berat badan yang berlebihan. Selain berat badan membuat penampilan tidak menarik, juga beresiko menimbulkan berbagai penyakit degeneratif, seperti darah tinggi, sakit jantung, kanker, hingga stroke.

Berbagai cara ditempuh untuk menurunkan berat badan, dari diet ketat sampai dengan mengonsumsi obat-obatan penurun berat badan yang memiliki efek samping. Obsesi ini biasanya semakin besar jika ingin meningkatkan rasa percaya karena tubuh langsing dianggap sebagai simbol kecantikan.

Tips Sehat Menurunkan Berat Badan

Loading...

Alih-alih menjadi kurus, cara menurunkan berat badan yang tidak sehat justru menimbulkan sejumlah masalah baru, seperti masalah pencernaan, sampai dengan stres.

Jika Anda ingin alami dan mudah dilakukan, berikut tips-tipsnya:

1. Perhatikan cara memasak makanan

Cara yang baik untuk menurunkan berat badan adalah untuk mempertimbangkan kembali bagaimana Anda memasak makanan Anda. Menggoreng makanan sangat tidak sehat, sementara memanggang lebih sehat.

Jika Anda ingin menikmati ayam, cobalah memanggangnya, bukan menggorengnya.  Hal ini kecil ini bisa menjadi perubahan besar

2. Kurangi gula

Gula menjadi salah satu masalah terbesar dalam menurunkan berat badan. Gula ada di mana-mana, bukan hanya saat Anda menambahkan serbuk putih manis ke dalam minuman Anda.

Di berbagai makanan olahan, seperti saus tomat, kecap, sup kalengan, minuman bersoda, minuman dalam kemasan dan lain sebagainya mengandung kadar gula fruktosa yang sangat tinggi.

3. Programkan diet

Buatlah jurnal harian sederhana yang berisi daftar makanan dan jumlah kalorinya. Jika Anda mengetahui berapa jumlah kalori di dalam makanan Anda, maka itu bisa membuat Anda berpikir untuk memakannya.

4. Minum jus buah tanpa gula dan susu

Jus yang mengandung pemanis buatan adalah minuman yang berkalori tinggi. Gula juga sulit diserap tubuh dengan baik, kecuali gula alami buah yang disebut fruktosa. Campuran gula dan susu merusak gizi di dalam jus buah.

Jadi, biasakanlah untuk minum jus murni.

5. Atur Jenis Makanan

Rencanakan jenis makanan yang Anda konsumsi di dalam diet sehat Anda. Buanglah jenis makanan yang tidak sehat dari daftar menu Anda. Pilihlah makanan secermat mungkin.

Sebaiknya, Anda memasak sendiri makanan Anda, karena bisa lebih leluasa untuk menentuka jenis makanan sehat. Lagipula, memasak di dapur dapat membakar sejumlah kalori di tubuh Anda. Manfaatnya ganda.

6. Singkirkan pakaian ukuran besar

Mulailah menyingkirkan pakaian berukuran besari dari dalam lemari, jika Anda merencanakan untuk menurunkan berat badan. Ini bisa menjadi motivasi yang kuat untuk usaha Anda.

7. Selidiki kandungan nutrisi makanan

Setiap jenis bahan makanan yang dikonsumsi, harus diketahui nilai gizinya. Seringkali banyak makanan yang kita konsumsi, ternyata mengandung lemak trans atau sirup jagung yang mengandung banyak kalori.

Biasanya lemak trans dan sirup jagung banyak terdapat di makanan dan bumbu instan. Contohnya, kecap yang Anda pikir aman, sebenarnya mengandung sirup jagung.

8. Sit-Up tidak mengecilkan perut

Banyak yang berpikir melakukan sit-up, maka bisa mengurangi tumpukan lemak di perut. Sadari bahwa Anda tidak bisa menghilangkan lemak di satu area tubuh saja.

Justru, sit-up bisa menimbulkan masalah bagi punggung dan postur tubuh. Lakukanlah olahraga yang wajar yang menggerakkan seluruh anggota tubuh.

(Foto: healthxchange.com.sg)