Loading...

Daftar Kebiasaan Buruk yang Dapat Mempengaruhi Tubuh Anda

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Kesehatan

Kita sering berpikir bahwa mengonsumsi makanan yang sehat dan mengikuti rutinitas olahraga adalah kunci dasar untuk menjaga tubuh agar tetap sehat.

Namun, ada beberapa hal yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari yang rupanya dapat berpengaruh buruk terhadap tubuh kita.

Setiap orang sering melakukan beberapa hal secara teratur yang mempengaruhi tubuh mereka. Misalnya saja merokok, ini merupakan salah satu kebiasaan buruk yang dapat merusak dan menjadi malapetaka bagi tubuh Anda. Demikian pula halnya dengan melewatkan sarapan. Hal tersebut merupakan kebiasaan buruk lain yang terkadang dilakukan setiap orang.

Loading...

Kebiasaan Buruk

Berikut adalah beberapa kebiasaan buruk yang sering Anda lakukan tanpa sadar yang memperngaruhi tubuh Anda:

Kelebihan tidur

Apakah Anda memiliki kebiasaan menghentikan alarm sebelum Anda benar-benar terbangun setiap pagi hanya untuk tidur 10 atau 15 menit lebih lama? Ini merupakan salah satu hal buruk yang Anda lakukan untuk tubuh Anda.

Tidur lebih dari 9 hingga 10 jam dapat menyebabkan penyakit kronis seperti diabetes, obesitas dan penyakit jantung. Jadi hindari kebiasaan ini sekarang juga.

Menenggak alkohol

Keseringan mengkonsumsi alkohol di setiap pesta atau acara-acara sosial merupakan kebiasaan tidak sehat, terutama jika dikonsumsi dalam jumlah yang tidak terbatas.

Terlepas dari masalah hati dan gangguan jantung, alkohol juga dapat menyebabkan dehidrasi kronis dan mabuk yang menyakitkan.

Terpaku di depan laptop terlalu lama

Penelitian telah menunjukkan bahwa bekerja di depan laptop atau komputer selama lebih dari 12 jam dapat meningkatkan risiko kematian lebih cepat. Jadi, selain menyebabkan sulit tidur, gangguan mata, hal ini tidak menutup kemungkinan dapat menyebabkan usia Anda semakin pendek.

Melewatkan sarapan

Melewatkan sarapan terkadang dilakukan oleh mereka yang sedang menjalankan diet. Rupanya hal ini adalah salah satu hal terburuk yang Anda lakukan untuk tubuh Anda.

Mulai dari sekarang, jangan melewatkan sarapan di pagi hari, sebab ini dapat menyebabkan penambahan berat badan dan juga dapat menimbulkan gangguan pada pencernaan.

Merokok

Baik itu perokok aktif maupun pasif, kebiasaan buruk ini sangat berpengaruh buruk pada kesehatan Anda. Bahkan jika Anda hanya melakukannya sesekali dan tidak rutin. Rokok dapat menyebabkan kanker, penyakit jantung dan juga masalah kesehatan mulut.

**

Tentunya menarik untuk mengetahui bahwa ada hal-hal lain juga yang mempengaruhi tubuh Anda dan dapat merugikannya. Misalnya, bangun terlambat adalah salah satu kesalahan yang banyak dilakukan orang.

Menunda alarm dan tidur selama 15-20 menit lebih lama. Tidur kurang dari 6 jam dan lebih dari 10 jam dapat berpengaruh negatif bagi kondisi kesehatan Anda seperti kemungkinan terkena obesitas, penyakit jantung dan tekanan darah.

Itulah beberapa kebiasaan yang harus Anda hindari. Tidak sedikit orang yang telah mengetahui hal tersebut namun masih saja tetap melakukannya. Hidup sehat memang terkadang tidak mudah untuk dijalani, Anda tidak dapat menikmati hal-hal yang Anda inginkan seperti merokok ataupun alkohol.

Namun dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan tersebut, hidup Anda akan menjadi lebih sehat dan bermanfaat. Jangan sampai hal-hal tersebut merenggut kehidupan Anda sebelum waktunya. Jadi, mari hidup sehat sekarang juga.