Loading...

Sudahkah Anda Memiliki 5 Atribut Karyawan Teladan Ini?

Penulis: Riyadh Rubrik: Dunia Karir

Atribut Karyawan TeladanSetiap perusahaan menginginkan karyawan bintang yang memiliki dampak serta berkinerja tinggi.

Namun, mengidentifikasi karyawan berkinerja tinggi membutuhkan kerja keras dalam merekrut, menyaring resume, dan dalam wawancara.

Baik Anda seorang entrepreneur yang tengah mencari anggota tim, ataupun seorang profesional yang tengah mencari pekerjaan yang sesuai, terdapat atribut kunci karyawan berkinerja tinggi yang perlu diketahui.

Loading...

Berikut ini 5 atribut kunci yang dicari dari karyawan teladan sebagaimana diulas dalam Entrepreneur, Selasa (11/02/14):

Daya Penggerak

Deskripsi pekerjaan bisa mengintimidasi banyak orang – khususnya anak muda, yang seringkali merasa kurang berpengalaman dimana deskripsi kerja justru sering menyatakan memerlukan hal itu. Sayang sekali bila anggapan tersebut terus berkembang luas karena seringnya kecerdasan dapat melampaui pengalaman.

Kandidat yang cerdas dapat mempelajari pekerjaan dengan cepat dan bahkan menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan lebih baik dibandingkan yang lain. Tentunya pengalaman merupakan sesuatu yang berharga, namun kecerdasan bisa menjadi daya penggerak bagi sebuah bisnis.

Rasa Kepemilikan dan Kebanggaan

“Berlari di jarak tempuhmu sekarang.” Kalimat ini merupakan nasihat lari jarak jauh dari Editor-in-Chief Runner’s World, David Willey yang dapat berlaku pula dalam banyak aspek kehidupan pribadi dan profesional.

Tak peduli pekerjaan Anda sekarang ataupun karir yang tengah Anda jalani, apakah Anda cukup fokus dan terlibat juga mempunyai rasa kepemilikan? Apakah Anda memiliki kebanggaan dengan apa yang Anda kerjakan? Apakah Anda memiliki kebanggaan akan kolega dan perusahaan Anda?

“Berlari di jarak tempuhmu sekarang” tak hanya berlaku dalam lari jarak jauh: ia juga berlaku dalam kehidupan dan bagaimana Anda akan sukses – ataupun tidak – sebagai rekan kerja dalam sebuah bisnis.

Etos Kerja

Karyawan berharga tak hanya mau bekerja keras, ia juga merupakan karyawan yang terus mencari cara untuk berkontribusi sebanyak mungkin.

Ia memiliki riwayat kerja yang menunjukkan tak hanya keinginan berkontribusi, tetapi juga keinginan untuk memimpin, muncul dengan gagasan sendiri serta menggenggam erat kebanggan akan pencapaiannya.

Integritas

Atribut ini tak selalu mudah untuk ditemukan. Namun terlalu penting untuk dilewatkan dalam proses wawancara.

Karyawan berkinerja tinggi yang memiliki integritas tercermin dari keputusan sulit yang mesti mereka ambil ataupun dilema etis yang mereka hadapi, bagaimana cara mereka menangani situasi tersebut, serta bagaimana proses mereka dalam mengambil keputusan.

Kerjasama Tim

Banyak hal dalam bisnis yang membutuhkan kolaborasi di antara anggota tim. Entah dalam menyelesaikan suatu pekerjaan, mencari solusi, sampai menemukan ide baru. Hal tersebut baik bagi hasil bisnis juga budaya perusahaan.

Orang-orang berkinerja tinggi adalah mereka yang mengesampingkan ego dan meletakkan kepentingan perusahaan di atas kepentingan sendiri saat bekerja. Mereka juga tak ragu berbagi informasi dan membantu rekan kerjanya.

***

Demikianlah lima atribut yang terdapat pada karyawan teladan berkinerja tinggi. Bila sebagai entrepreneur Anda melihat kualitas tersebut, maka bisa jadi dialah sang kandidat ideal.

Sedangkan bagi Anda yang tengah mencari pekerjaan, mengasah diri dengan menguatkan kelima atribut tersebut dapat membantu keberlangsungan karir Anda sebagai salah satu cara meningkatkan kualitas diri.

(Foto: shutterstock.com)