Loading...

5 Rutinitas Pagi Orang yang Produktif

Penulis: Riyadh Rubrik: Dunia Karir

Banyak dari kita yang bekerja dalam jam panjang: 40, 50 atau bahkan 60 jam setiap minggunya.

Namun besar kemungkinan, dikarenakan banyaknya pengalihan macam hiburan online, kebiasaan ngemil di kantor, serta manajemen waktu yang tidak terancang dengan baik, kita hanya menghasilkan kerja berkualitas tinggi dalam porsi kecil setiap harinya.

Rutinitas Pagi Orang yang Produktif

Loading...

Berikut ini lima tips praktis dari Entrepreneur, untuk diterapkan sebagai rutinitas pagi mengoptimalkan waktu Anda di kantor serta menjaga produktivitas sepanjang hari:

7 menit latihan

Bukan 10 – cukup tujuh. Mengapa? Waktu tersebut cukup pendek sehingga tak akan mempengaruhi keseluruhan rutinitas pagi serta cukup panjang untuk mengembalikan kesegaran tubuh.

Terdapat banyak rutinitas kebugaran yang bisa dilakukan, namun Anda bisa mencari 7 Minute Workout (bahkan ada aplikasinya). Hanya dalam tujuh menit, latihan ini menggerakkan semua kelompok otot besar dengan total 12 latihannya.

Mulai hari dengan hijau

Kita tentu tahu bahwa sarapan merupakan waktu makan terpenting, sementara pilihan biasanya cukup baik untuk sesekali, Anda akan terkejut akan apa yang bisa didapat dari smoothie hijau. Belum lagi hemat waktu saat membuatnya.

Blender selama satu menit: satu buah apel, satu buah pisang, satu buah jeruk, segenggam bayam, setengah timun, jus apapun atau air kelapa, beberapa es batu, dan biji rami. Murah, mudah, dan memberi energi.

Pilih 3 ‘kemenangan’ untuk hari ini

Sementara Anda menantikan smoothie tengah diblender, putuskan tiga hal yang ingin Anda capai dalam 12 jam berikutnya agar Anda merasa telah menjalani hari yang sukses.

Tentunya, tidak setiap hari bisa menjadi kemenangan besar, namun mensiasatinya dengan cara ini akan membantu Anda memperoleh kemajuan.

Blok kalender Anda untuk mencapai kemenangan

Salah satu kesalahan umum yang dibuat orang di kantor adalah tidak mengubah daftar pekerjaan menjadi daftar proyek yang efektif serta terikat waktu. Orang yang menguasai teknik ini cenderung lebih tepat waktu dalam menyelesaikan tugasnya.

Mudah saja: untuk setiap tugas besar dalam daftar Anda, blokir sejumlah waktu di kalender yang menurut perkiraan Anda dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut – dan kemudian tambahkan 33% untuk lebih amannya.

Jika proyeknya berhari-hari atau saling ketergantungan, pecahkan dalam gumpaan yang mudah dicerna. Gunakan satu blok untuk merencanakan dan blok kedua atau ketiga untuk menyelesaikan.

Metode simpel ini akan membantu akuntabilitas Anda serta dengan segera membantu kembali berfokus pada tugas yang Anda prioritaskan saat Anda teralih. Seringnya, kita membiarkan satu pengalihan mengacaukan seluruh hari – kini Anda tak perlu lagi membiarkan email menjauhkan dari rencana menyukseskan hari.

Mengumpulkan kekuatan setelah makan siang

Ambil waktu 15 menit setelah makan siang untuk kembali mengatur fokus menjalani hari. Jauhkan diri dari komputer, matikan bila perlu, duduklah di ruang rapat dan cari tahu apa yang perlu Anda kerjakan untuk sisa hari ini.

Pikirkan bagaimana daftar yang Anda susun di pagi hari terbentuk. Apakah Anda telah mendahului jadwal? Atau tertinggal? Anda akan temukan bahwa waktu 15 menit ini membantu Anda mengenali di mana Anda tergelincir, apa yang membuat Anda teralihkan, serta membantu menemukan kembali ritme untuk produktif sepanjang hari.

Cobalah formula simpel ini selama seminggu dan Anda bakal senang dengan hasilnya.

(Foto: wisegeek.com)