Loading...

6 Kesalahan Terbesar dalam Perawatan Kulit

Penulis: Mayrani Rubrik: Fashion, Wanita

6 Kesalahan Terbesar dalam Perawatan Kulit

Anda mungkin sudah tahu bahwa tidur tanpa mencuci wajah tidak baik bagi kulit Anda. Tapi itu hanya salah satu dari banyak kebiasaan buruk yang umum dan dapat merusak kulit.

Nah, berikut adalah daftar kesalahan kecantikan terbesar, yang dituturkan oleh dokter kulit bersertifikat, Debra Luftman, MD, rekan penulis The Beauty Prescription dan dokter kulit untuk perawatan kulit Simple, dilansir dari WomensHealthMags.com.

Loading...

1. Penumpukan Produk Kecantikan

Kita semua pernah melakukannya – mendengar tentang produk perawatan kulit terbaru dan langsung berpikir bahwa Anda membutuhkannya! Namun sebelumnya Anda sudah memiliki toner, pelembab, scrub, retinol, pembersih, krim, dan banyak lagi. Menggunakan semua produk ini tidak hanya berlebihan, namun juga memakan waktu, dan dapat memberikan resiko iritasi bagi kulit Anda.

Menurut Luftman, rutinitas perawatan kulit harian Anda seharusnya ditutup hanya denga tiga sampai empat produk. “Anda hanya perlu pembersih, tabir surya harian, dan produk yang berorientasi pada perawatan seperti pelembab, obat jerawat, atau produk anti-penuaan,” katanya.

Jika Anda terus-menerus tergoda oleh masker atau krim yang baru Anda beli, gunakan hanya sesekali. Dan waspadai scrub dan toner keras dari rutinitas harian – mereka seharusnya hanya digunakan dua sampai tiga kali dalam seminggu, Luftman menjelaskan.

2. Kurang Tidur dan Minum

“Tidur dan hidrasi sangat penting untuk kesehatan kulit,” kata Luftman. Tidak mendapatkan air yang cukup benar-benar dapat membuat kulit Anda haus, sehingga terlihat kering dan kusam, jadi pastikan Anda minum cukup air setiap hari (dan itu tidak selalu hanya dengan delapan gelas!).

Dan tidur lebih awal dapat membantu memberikan cahaya sehat. “Tidur sangat penting untuk pergantian kulit dan volume darah yang datang ke kulit,” kata Luftman. Untuk tampil segar sepanjang hari, direkomendasikan tidur 7-8 jam setiap malam.

3. Memilih Produk yang Menjanjikan Terlalu Banyak

Ketika satu produk menjanjikan kulit yang lebih bersih, lebih sedikit keriput, dan pori-pori lebih kecil, siapa yang tidak ingin membelinya? Masalahnya: Sangat tidak mungkin bagi suatu produk untuk mengandung masing-masing bahan agar bisa melakukan semuanya – dan jika iya, produk tersebut mungkin terlalu keras untuk kulit Anda.

“Wanita sekarang cenderung menggunakan produk yang multitask. Sayangnya, itu berarti memilih produk dengan bahan-bahan yang lebih banyak dan sering menyebabkan iritasi,” kata Luftman. Saran: Cek label bahan, bahan keempat dan seterusnya biasanya tidak banyak membantu. Sebaliknya, tetaplah menggunakan produk dengan bahan-bahan lebih sedikit yang menargetkan isu tertentu, kata Luftman.

4. Menggunakan Produk Secara Sembrono

Ya, penting untuk mempertimbangkan produk mana yang Anda gunakan pertama, mana yang Anda gabungkan, dan kapan Anda menerapkannya! Ketika bicara mengenai produk pengalas, Anda ingin menerapkan produk perawatan berorientasi pertama, kata Luftman.

Misalnya, jika Anda menggunakan retinol atau obat jerawat, Anda harus mengaplikasikannya sebelum pelembab dasar. Dan berbicara dengan dokter kulit sebelum menggunakan lebih dari satu produk dengan bahan-bahan yang dapat mengiritasi, seperti benzoil peroksida atau asam salisilat.

Terakhir, gunakan produk keras seperti retinol di malam hari, karena dapat membuat kulit Anda lebih sensitif terhadap matahari, kata Luftman.

5. Menggunakan Makeup Saat Berolahraga

Mungkin sedikit mengerikan saat harus berolahraga di luar dengan wajah tanpa makeup, tapi itu akan lebih baik bagi kulit Anda. Bahkan formula makeup mineral yang mengklaim tidak akan menyumbat pori-pori masih dapat menyebabkan jerawat setelah sesi yang memeras keringat, kata Luftman.

Tidak percaya diri? Anda bisa mengenakan pelembab dasar – tapi pastikan ia bebas minyak, kata Luftman.

6. Melewatkan Tabir Surya

Anda mungkin sudah pernah mendengarnya jutaan kali, tapi tak ada salahnya mengulangi: “Langkah yang paling penting dan tidak boleh dilewatkan setiap harinya adalah penggunaan SPF,” kata Luftman. Tidak hanya dapat melindungi Anda terhadap sunburn dan kanker kulit, tetapi penelitian baru menemukan bahwa orang yang menggunakan tabir surya setiap hari dengan SPF 15 atau lebih tinggi secara signifikan memiliki kulit tampak lebih muda.

Jika Anda berencana untuk berada di bawah sinar matahari dalam waktu yang lama, pastikan untuk melapisi kulit dengan sesuatu yang sedikit lebih kuat seperti SPF 30 atau lebih tinggi.