Loading...

Tips Mengatasi Gejala PMS Secara Alami

Penulis: Mayrani Rubrik: Kesehatan, Wanita

Tips Mengatasi Gejala PMS Secara AlamiTidak semua wanita menderita PMS parah, namun sekitar 75 persen wanita menangani setidaknya beberapa bentuk gejala PMS. Gejala dapat berkisar dari kram sebelum siklus hingga gejala yang begitu parah sehingga mengganggu rutinitas harian. Gejala umum PMS diantaranya ialah:

– Perubahaan suasana hati seperti kecemasan, depresi, dan kesulitan berkonsentrasi
Ngidam makanan tertentu, seperti cokelat
– Nyeri. Umumnya sakit kepala, nyeri otot, dan sakit perut
– Ketidaknyamanan fisik seperti kembung, nyeri payudara, dan insomnia

Anda tidak harus mengalami semua gejala tersebut di atas. Bahkan salah satu atau dua dari gejala-gejala ini sudah dapat menyebabkan pekerjaan Anda terabaikan. Untungnya, ada beberapa kebiasaan, vitamin, dan herbal yang dapat membantu meringankannya, dilansir dari Care2.com.

Loading...

Perubahan Gaya Hidup

1. Berolahraga
Melakukan olahraga ringan beberapa kali dalam seminggu dapat mengurangi nyeri akibat gejala PMS.

2. Mendapatkan tidur cukup
Perhatikan tubuh Anda. Kelelahan terkait menstruasi dapat berarti Anda memerlukan istirahat. Jika Anda bisa, selesaikan pekerjaan Anda lebih awal sehingga Anda dapat mendapatkan tidur ekstra saat gejala PMS datang. Itu bisa berarti tidur lebih awal jika Anda melakukan 9-5 pekerjaan tetap, atau menyelinap untuk tidur siang jika jadwal Anda lebih fleksibel.

3. Mengatur menu makanan
Ketika Anda mulai mengalami gejala PMS, cobalah mengurangi konsumsi kafein, alkohol, dan makanan asin. Jika Anda mengalami sakit perut, cobalah lebih sering ngemil, daripada tiga kali makan besar setiap hari. Hal ini akan mengurangi tekanan pada perut Anda.

Vitamin dan Mineral

Ada beberapa studi yang menunjukkan bahwa beberapa gejala PMS adalah cara tubuh Anda memberitahu bahwa Anda perlu lebih banyak vitamin dan mineral tertentu. Tambahkan vitamin ini ke rutinitas harian Anda untuk membantu menekan gejala PMS:

1. Kalsium
Gejala PMS dan gejala kekurangan kalsium memiliki banyak kesamaan. Pastikan Anda mendapatkan 1.200 miligram kalsium per hari dari sumber makanan atau dari suplemen.

2. Vitamin E
Anda akan ingin mengambil 400 IU vitamin E per hari untuk mengurangi gejala PMS.

3. Magnesium
Apakah Anda menahan air selama menstruasi? 200 miligram magnesium setiap hari dapat membuat perbedaan!

4. Vitamin B6
Magnesium akan memberikan kekuatan ekstra jika Anda memasangkannya dengan vitamin B6. Ambil 100 miligram per hari untuk tidak hanya memberikan suplemen magnesium Anda dorongan, tetapi juga membantu melawan depresi terkait PMS.

Pengobatan Herbal untuk PMS

Di atas vitamin, ada beberapa obat herbal yang dapat meringankan gejala PMS Anda.

8. Black Cohosh
Herbal ini dapat membantu insomnia dan depresi. 40mg ekstrak black cohosh merupakan dosis umum. Jika Anda baru akan mencobanya, awasi efek samping berupa sakit perut, karena beberapa wanita mengalaminya.

9. Chasteberry
Wanita telah menggunakan chasteberry untuk melawan PMS selama ribuan tahun. Cobalah untuk menemukan ekstrak chasteberry 6 persen, 4 miligram per pil.

10. Evening Primrose Oil
Ramuan ini dapat meringankan nyeri payudara jika Anda mengambil 3-4 gram sehari selama periode menstruasi Anda.