Loading...

Wortel dan 6 Manfaat Sehatnya Bagi Tubuh Kita

Penulis: Nila Rubrik: Kesehatan

Anda tentu mengenal baik sayur atau bisa juga disebut dengan buah wortel. Sayuran yang mempunyai nilai gizi sangat tinggi ini, memiliki nama latin Daucus carota dipercaya banyak mengandung vitamin A sehingga sangat bagus untuk kesehatan mata Anda jika Anda rajin mengonsumsinya.

Banyak orang menyantap wortel ini dalam keadaan mentah karena mereka memang gemar seperti dibuat salad, lalapan atau segelas jus segar. Namun tidak sedikit yang menyantapnya setelah diolah menjadi aneka hidangan lezat penggugah selera makan Anda.

manfaat wortel

Loading...

Buah wortel juga memiliki segudang manfaat kesehatan lain yang akan kita bahas lebih mendetail di bawah ini:

1). Mengatasi sembelit

Serat yang banyak terkandung dalam sebatang wortel mampu menaikkan volume feses hingga 25% sehingga membantu untuk urusan ke belakang menjadi sehat.

2). Menyehatkan kulit

Mereka yang rajin makan wortel baik itu yang sudah diolah ataupun dalam keadaan mentah yang segar, akan mendapatkan kulit yang semula kering dan keras secara perlahan yaitu dalam satu bulan akan menjadi sehat dan berwarna cemerlang.

3). Daya tahan tubuh

Kandungan yang terdapat di dalam wortel banyak berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda, mempercepat penyembuhan luka dan peradangan sebagai akibat dari virus.

4). Melancarkan ASI

Kalsium yang terkandung dalam sebatang wortel bisa membantu ibu muda dalam meningkatkan ASI, menguatkan tulang dan gigi bayi.

5). Kesehatan mata

Wortel kaya akan kandungan zat betakaroten (vitamin A), zat gizi terpenting yang diperlukan oleh mata. Senyawa ini tidak dapat menyembuhkan kebutaan, tetapi bisa memperbaiki kondisi sakit mata ringan atau sakit mata gejala awal akibat kekurangan vitamin A.

Sifat dari daging wortel yang antioksidan bisa mencegah katarak dan degenerasi makula yang kerap terdapat pada para lansia.

6). Menurunkan kadar kolesterol tinggi

Wortel memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi, juga ampuh sebagai anti kanker. Buah wortel adalah salah satu jenis buah yang mudah busuk sehingga bila Anda menyimpannya kurang hati – hati akan mempercepat proses pembusukan,

Anda harus menyimpan di tempat steril supaya tidak mudah busuk dalam waktu lama yaitu beberapa hari, tetapi tips sederhana yang paling ampuh untuk memanfaatkan vitamin yang terkandung di dalam sebatang wortel adalah dimakan selagi segar.

**

Wortel merupakan buah yang selama ini sudah dikenal dalam kalangan masyarakat luas, merupakan salah satu buah yang multi fungsi bagus untuk kesehatan tubuh terutama mata. Namun ternyata, ada lagi satu manfaat lain bila Anda rutin mengonsumsi sayuran ini yaitu bisa membantu pria dalam meningkatkan kesuburannya.

Para peneliti medis melakukan analisis terhadap efek positif yang diberikan dari Anda rajin makan buah – buahan dan sayur – sayuran terutama terhadap kesehatan sperma seorang pria. Ternyata hasil yang diperoleh adalah wortel yang mempunyai efek paling tinggi.

Wortel bisa memberikan efek mortalitas kuat terhadap sperma. Mortalitas adalah istilah populer yang dipakai untuk memperlihatkan kemampuan sperma dalam berenang menuju sel telur, begitu sempurna.

Sejuta manfaat dapat diberikan jika Anda rajin mengonsumsi wortel baik itu dalam keadaan segar atau pun sudah diolah menjadi aneka hidangan lezat, sehingga ada baiknya sedini mungkin Anda ajarkan kepada buah hati tercinta untuk gemar makan sayur dan buah – buahan segar.