Loading...

5 Tips Mengontrol Penggunaan Internet Pada Anak

Penulis: Amanda Rubrik: Internet, Keluarga

Tentu kita menyadari, berkembangnya teknologi saat ini memberikan manfaat yang besar pada semua pihak, dalam bidang apapun itu.

Teknolgi dalam bidang digital yaitu internet tidak hanya dapat dinikmati manfaatnya oleh orang dewasa, namun juga anak-anak. Penggunaan internet pun tak terbatas. Tidak hanya sebagai alat untuk mendapatkan informasi dari cakupan yang sangat luas dan global, internet uga digunakan untuk bidang pendidikan, kesehatan, sosial hingga bisnis.

Penggunaan Internet Pada Anak

Loading...

Mungkin bukan hal asing bagi anda saat ini, saat internet yang penuh dengan manfaat tersebut digunakan anak-anak secara maksimal. Oleh sebab itu jangan heran jika saat ini banyak anak yang terbilang di bawah umur memiliki gadget digital yang mereka bawa dan gunakan kemana-mana.

Bahkan, terkadang mereka mengetahui beberapa informasi lebih cepat daripada orang tuanya, dan juga mampu melakukan beberapa aplikasi yang mungkin sulit dilakukan oleh orang dewasa. Hal tersebut disebabkan oleh rasa ingin tahu yang sangat besar pada anak dan juga proses berpikir dan mengingat yang sangat baik.

Mungkin kita berpikir bahwa internet memberikan dampak positif bagi anak, seperti pengetahuan yang tak terbatas atau kemudahan dalam mencari informasi yang dapat mereka manfaatkan dalam bidang pendidikan. Namun anda juga perlu tahu bahwa terdapat pula dampak negatif dari penggunaan internet pada anak yang tidak diawasi degan baik.

Dampak negatif internet pada anak misalnya seperti anak menjadi malas belajar karena keasyikan bermain permainan online, anak berpola pikir dewasa terlalu cepat, kedapatan mengakses situs orang dewasa hingga hal buruk lainnya yang mungkin disebabkan oleh penggunaan media sosal dimana orang asing melakukan tindak kejahatan terhadap anak.

Bagi anda yang memiliki anak yang sudah dapat menggunakan perangkat digital untuk mengakses internet, berikut tips untuk mengawasi penggunaannya demi mencegah damak negatif yang timbul.

1. Luangkan waktu menggunakan internet bersama-sama dengan anak

Luangkan sejenak waktu anda untuk menggunakan internet bersama dengan anak-anak. Hal ini dapat membuat anda mampu mengawasi penggunaan internet oleh anak, dan juga memberi nasehat pada anak akan penggunakan internet yang baik dan bijak. Hal ini juga untuk meminimalisir pengetahuan anak soal internet yang melebihi anda.

Jika anda merasa risih akan adanya anda di sebelah mereka saat menggunakan internet, anda dapat cek sesekali dengan bertanya mereka sedang mengakses apa dan lain sebagainya.

2. Memberi pengetahuan tentang dampa buruk penggunaan internet

Sebaiknya bicarakan dengan anak tidak hanya tentang dampak positif penggunan internet, namun juga negatifnya. Anda dapat memberikan cerita beberapa contoh kasus karena penggunaan internet yang salah, tidak dibatasi dan lain sebagainya.

3. Memberikan aturan

Sah-sah saja jika anda memberikan aturan khusus bagi anak dalam menggunakan internet, misalnya jam-jam tertentu dimana anak dilarang bermain internet atau anda bisa menggunakan aplikasi dan software khusus yang memblokir beberapa situs tertentu.

4. Nasihat tentang orang asing

Internet tidak jauh dari fenomena sosial media, dimana orang dengan bebagai umur dapat mengaksesnya. Sosial media memang digunakan untuk saling berkomunikasi dengan orang lain.

Namun sayangnya, media sosial juga memberikan dampak negatif terutama jika seseorang dijebak oleh orang asing. Berikan nasihat kepada anak anda tentang penggunaan sosial media, misalnya hanya untuk teman terdekat atau tidak merespon ajakn apapun terhadap orang asing yang tidak dikenal sebelumya.

5. Melakukan aktivitas lainnya

Kebanyakan dampak negatif penggunaan internet terjadi pada anak karena anak tidak memiliki pilihan aktivitas lain selain bermain internet.

Anda dapat mencegah dampak negatif ini dengan cara mengembangkan beberapa aktivitas menyenangkan lainya tanpa internet, seperti aktivitas yang berhubungan dengan alam dan lain sebagainya.

***

Itulah 5 tips mengawasi penggunaan internet pada anak untuk mencegah dampat negatif yang sangat rawan terjadi. Semoga bermanfaat.