Loading...

Miliki Lutut Kuat Hingga Usia Senja Menjelang

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan

Seiring dengan bertambahnya usia, tubuh pun juga akan menjadi tua. Perlunya menjaga kesehatan fisik bukan hanya menghindarkan Anda dari penyakit tetapi juga membuat anggota tubuh menjadi lebih kuat dan sehat meskipun sudah berusia.

Saat telah memasuki usia senja, bukan hanya rambut yang akan berubah warna, melainkan anggota tubuh seperti lutut juga akan mengalami penurunan fungsi.

Lutut adalah salah satu anggota tubuh yang paling sering diabaikan di antara bagian tubuh lainnya. Anda akan menyadarinya ketika Anda sudah tidak bisa lagi menopang tubuh Anda sendiri karena usia.

Loading...

Tips Lutut Kuat

Karena itu, pada artikel berikut ini akan kami bagikan pada Anda tips untuk membuat lutut Anda lebih kuat meskipun usia senja menjelang.

1 . Lakukan Latihan Peregangan

Untuk membuat lutut Anda lebih kuat, Anda perlu untuk memperkuat otot-otot yang mendukung sekitar lutut terlebih dulu. Beberapa latihan peregangan yang akan membantu Anda seperti berenang, bersepede, step – up dan berjongkok akan sangat membantu kekuatan paha belakang, paha depan dan otot .

Otot-otot ini terhubung ke lutut Anda, karena itu saat Anda rajin berlatih fisik maka secara otomatis akan memperkuat lutut.

2 . Gunakan Tangga Sebagai Media Pembantu

Untuk menjaga kekuatan sendi lutut Anda agar bekerja lebih lancar, naik turun atau memanjat tangga dapat menjadi alternatif lain jika Anda tidak gemar berolahraga atau tidak memiliki waktu.

Naik turun tangga rumah Anda akan memberikan manfaat untuk lutut Anda. Namun pastikan bahwa Anda tidak berlebihan melakukannya karena bisa saja terjadi ketegangan yang berlebihan pada lutut.

3 . Berjalan-jalan

Berjalan dianggap sebagai obat terbaik untuk semua jenis penyakit. Jadi cobalah berjalan setidaknya setengah mil setiap hari untuk menjaga kekuatan dan kesehatan lutut Anda hingga tua.

4 . Lompat Tali Secara Teratur

Lompat tali mungkin terlihat sedikit kekanak-kanakan untuk Anda terlebih di usia yang sudah tua. Tapi , lompat tali menjadi salah satu metode yang paling efektif untuk menjaga lutut Anda tetap sehat .

Lompat tali secara teratur akan membantu Anda mengetahui apakah sendi pada lutut berfungsi dengan baik atau tidak.

Namun, ada beberapa trik saat lompat tali untuk menghindari terjadinya masalah pada lutut seperti saat menyentuh tanah, usahakan lutut berada pada posisi lurus dan tidak menekuk lutut. Ini akan membuat lutut bekerja lebih baik dan menghindari dari cedera apapun yang beresiko pada lutut Anda .

Anda juga dapat melakukan posisi setengah berjongkok saat menyentuh tanah.

5 . Makanan

Beberapa jenis makanan tertentu seperti minyak zaitun, alpukat , buah-buahan, ikan , biji rami dan sejenisnya dikenal dapat mengurangi terjadinya peradangan pada sendi.

Anda dapat mengonsumsi di antara beberapa jenis makanan tersebut untuk terjadinya menghindari peradangan pada lutut.

6 . Minum Susu Setiap Hari

Minum 2 gelas susu dalam sehari akan membantu lutut lebih kuat. Susu merupakan sumber yang kaya akan kalsium dan vitamin D yang diperlukan untuk meningkatkan kekuatan lutut Anda .

7 . Konsumsi Suplemen yang Mengandung Kalsium

Jika susu membuat Anda bosan, maka suplemen dapat menggantikannya. Terlebih jika Anda telah melewati 30 – tahun, penting untuk Anda mengkonsumsi suplemen kalsium untuk membangun kekuatan tulang Anda.

**

Demikian beberapa tips yang dapat membuat kinerja dan fungsi lutut Anda lebih kuat hingga tua nanti. Masalah peradangan lutut biasanya lebih rentan terjadi pada wanita karena osteoporosis yang lebih mengarah ke tulang sehingga akan lebih memungkinkan para wanita mengalami patah tulang dan nyeri sendi.

Karena itu, rawatlah lutut dan lakukan pemeriksaan dini untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat.