Loading...

5 Tips Hemat Waktu Dalam Penggunaan Twitter

Penulis: Riyadh Rubrik: Internet

Keluhan nomor satu dari bisnis yang masih baru dalam penggunaan media sosial adalah tak punya cukup waktu. Apa yang tak disadari orang-orang ini adalah bahwa media sosial tak selalu membutuhkan komitmen besar, terutama Twitter.

Di saat Facebook terus melakukan perubahan algoritma dan meningkatkan preferensi untuk pos promosi dan iklan, beralihlah ke Twitter untuk jaringan sosial usaha kecil yang gratis dan efektif. Rencana Anda melancarkan strategi ini adalah dengan dua alat utama: Hootsuite dan Twitter Lists.

Hemat Waktu Dalam Penggunaan Twitter

Loading...

Setelah Anda menguasai konfigurasi ini,  rutinitas harian Anda ber-“twitteran” akan berkurang menjadi 10 menit dalam waktu yang singkat.

Ingin tahu caranya? Simak tips yang dimuat dalam Mashable, Senin (17/02/14), berikut ini:

1 . Atur akun Hootsuite Anda

Hootsuite adalah dasbor media sosial gratis. Setelah Anda menghubungkan akun Twitter Anda ke akun Hootsuite, Anda dapat menambahkan stream , jaringan sosial (yang bakal kita abaikan setelah ini) dan tab.

Tambahkan stream ini ke tab pertama Anda: Scheduled Tweets, Sent Tweets, Mentions , Direct Messages, dan My Tweets, Retweeted. Cukup klik “Add Stream” dan ikuti petunjuknya .

2.  Buat Twitter Lists

Langsung ke Twitter.com dan buka setting Anda (simbol gerigi di sudut kanan atas). Klik Lists > Create list. Dari sini, kurasi daftar publik dan privat untuk mengatur jenis konten yang ingin Anda lihat berdasarkan topic, user , hashtag , dll. Atur list Anda berdasarkan tema, dan pilih pengguna Twitter tertentu untuk mengisi masing-masing daftar tersebut.

Pastikan untuk membuat satu daftar rahasia koneksi penting yang menampung semua orang pintar yang Anda inginkan untuk berjejaring dengan mereka setiap harinya.  Ide daftar lainnya termasuk klien, pemimpin industri, blog favorit, dan yang sejenisnya. Jadikan daftar ini spesifik.

3. Tambahkan Twitter Lists ke Hootsuite

Buat tab baru pada dasbor Hootsuite dengan mengklik tanda plus hitam. Beri label “penting”. Tab ini akan menjadi perhentian kedua dalam rutinitas Twitteran baru Anda..

Dalam tab ini, klik ”Add Stream”  kemudian klik “Lists”. Dari daftar Anda , pilih beberapa stream yang paling mendesak, termasuk feed koneksi penting. Buat beberapa tab baru dan atur sisa daftar Twitter yang lain berdasarkan topik.

Empat stream dapat terbuka dengan nyaman di masing-masing tab, namun Anda dapat menambahkannya hingga 10 stream.

4. Tambahkan stream #hashtag ke Hootsuite

Buat tab baru yang disebut “Hashtag” dan isi dengan setidaknya empat hashtags penting yang Anda ikuti. Jangan lupa tentang tweet  terbaru dari industri yang sebaiknya Anda ikuti.

Jika Anda seorang penulis, ikuti hashtag #amwriting. Dalam “Add stream”, cari hashtag yang relevan dengan bisnis atau merek Anda , dan buatlah stream. Jika Anda suka, tambahkan juga hashtag yang relevan ke tab bertema Anda.

5. Mulailah Rutinitas 10 Menit per Hari Anda

Login ke Hootsuite dan periksa tab pertama Anda , yang mencakup setiap mention atau tweet yang Anda terima. Tanggapi ini terlebih dahulu. Sekarang periksa tab “penting”. Seperti, respond to , atau retweet sesuatu yang menarik bagi Anda dari koneksi penting atau penggemar brand Anda. Sekarang periksa tab hashtag.

Apakah ada sesuatu yang menarik terjadi di industri Anda ? Gunakan inspirasi ini untuk menulis beberapa pesan baru. Gunakan fitur auto –schedule , yang mengoptimalkan pos Anda untuk dipublikasikan pada waktu traffic tinggi berikutnya. Semua pos itu akan muncul dalam Scheduled Tweets pada tab pertama Anda.

Jika Anda punya waktu senggang, telusuri strem lain untuk bersenang-senang. Semakin banyak Anda melatih rutinitas ini , semakin cepat Anda menguasainya.

**

Demikian lima tips yang menghemat waktu penggunaan Twitter. Jika Anda menggunakan hashtag yang relevan , tweet konten yang menarik , menanggapi tweet serta me-retweet yang lain, Anda dapat menambah follower dalam waktu singkat hanya dengan 10 menit per harinya.

(Foto: Mashable composite)