Loading...

Ketahui 9 Hal Ini Sebelum Melakukan Scan MRI  

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan, Teknologi

MRI atau Magnetic Resonance Imaging digunakan untuk memindai bagian tubuh Anda untuk melihat apakah ada kerusakan.

Kebanyakan dokter merekomendasikan untuk melakukan MRI scan jika seringnya rasa sakit kepala, kejang atau memiliki masalah yang terlalu internal dan tidak bisa didiagnosis dengan menggunakan sinar x.

MRI menggunakan medan magnet yang kuat dan gelombang radio untuk membentuk gambar tubuh sehingga dokter bisa tahu persis masalah apa yang sedang terjadi pada tubuh Anda. MRI biasanya juga digunakan untuk masalah yang berkaitan dengan kardiovaskular, tulang belakang dan masalah lainnya.

Loading...

Scan MRI

Saat melakukan scan MRI, terdapat aturan dan hal yang penting untuk Anda ketahui terlebih dahulu. Kami berbagi 9 hal penting untuk Anda ketahui saat melakukan scan MRI.  Silakan disimak.

1. Pemeriksaan Sebelum Scan MRI  

Sebelum Anda melakukan scan MRI, dokter  akan bertanya terlebih dahulu tentang kesehatan dan masalah apa yang Anda rasakan.

Memberikan jawaban yang sesuai akan berpengaruh karena dokter akan mengambil keputusan apakah Anda benar harus melakukan scan MRI atau tidak.

2. Tidak Menggunakan Pakaian

Saat melakukan scan MRI, seluruh bahan sintesis tidak diperkenankan untuk digunakan melainkan hanya menggunakan penutup badan yang terbuat dari kapas.

Anda akan diminta untuk melepas pakaian dan hanya menggunakan pakaian khusus untuk MRI.

3. Tidak Diperkenankan Menggunakan Logam

Saat melakukan scan MRI, seluruh benda yang berbahan logam akan dilepaskan. Hal ini dikarenakan mesin MRI menggunakan gelombang magnetik dan radio untuk memindai tubuh dan jika terdapat logam, maka akan mengganggu pemeriksaan.

4. Menggunakan Penyumbat Telinga

Anda akan diberikan alat penyumbat telinga saat melakukan scan MRI. Pilih penutup yang sesuai dengan ukuran telinga Anda karena saat melakukan scan MRI, mesin akan terdengar sangat bising.

5. Jangan Bergerak

Banyak suara-suara lucu dan aneh yang akan terjadi ketika Anda berbaring di dalam mesin. Jangan biarkan kebisingan membuat Anda bergerak sehingga saat dilakukan pemindaian akan berjalan dengan baik.

6. Dibutuhkan Waktu 30 Menit

Waktu untuk melakukan scan dengan MRI sekitar 30 menit untuk menyelesaikan semuanya.

7. Pikirkan Hal Menarik

Saat melakukan scan MRI, Anda hanya akan berbaring dan merasakan kaku bahkan mungkin merasa sesak. Karena itu, saat berada kurang lebih 30 menit dalam mesin scan, pikirkan hal-hal yang baik dan menyenangkan hingga scan berakhir.

Ini juga dapat membantu Anda membuang rasa kaku dan bosan saat berada dalam mesin scan MRI.

8. Aman

Meskipun menggunakan magnet dan radio gelombang untuk memindai tubuh Anda, namun scan MRI benar-benar aman. Bahkan sangat membantu para dokter untuk menemukan masalah yang terjadi dan juga membantu menjawab pertanyaan yang Anda ajukan.

9. Silahkan Bernafas

Kadang-kadang karena kurangnya pengalaman dan sebuah instruksi maka akan membuat Anda merasa gugup dan bahkan kehilangan akal. Saat berada dalam mesin scan, Anda dapat bernafas seperti biasanya.

**

Demikian beberapa hal yang penting untuk Anda ketahui mengenai scan MRI. Meskipun cara ini sudah lama dilakukan para dokter, namun beberapa dari Anda mungkin kurang paham mengenai alat ini. Lakukan konsultasi pada dokter jika Anda masih ragu mengenai keamanan dan keuntungan dari mesin ini

Semoga bermanfaat.