Loading...

Ketahui 6 Fakta Penting Tentang Glaukoma Sebelum Merenggut Penglihatan Anda

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan

Glaukoma adalah suatu kondisi medis yang menyebabkan beberapa kerusakan serius pada saraf optik mata dan semakin memburuk dari waktu ke waktu.

Glaukoma terjadi karena penumpukan tekanan dalam mata atau karena genetik yang mungkin tidak akan langsung muncul tetapi dapat  menyebabkan masalah nantinya.

Peningkatan tekanan dalam mata Anda, yang disebut tekanan intraocular, biasanya akan merusak saraf optik yang diperlukan untuk mengirimkan gambar ke otak. Bila kerusakan ini terus terjadi untuk waktu yang lama maka melakukan perawatan menjadi jalan utama untuk menguranginya.

Loading...

Glaukoma

Belum ada kepastian mengenai apa yang menyebabkan glaukoma, tetapi beberapa penyebab umum menyatakan galukoma dapat terjadi karena cedera pada mata, infeksi pada mata atau penyumbatan dari pembuluh darah di dalam mata, kondisi peradangan mata, dan kadang-kadang operasi mata .

Bukan hanya penyebab yang penting untuk Anda ketahui tentang glaukoma, beberapa fakta tentang glaukoma juga penting untuk diketahui.

1 . Kebutaan  

Salah satu hal yang akan ditimbulkan saat Anda terkena glaukoma dan tidak segera diatasi yaitu kebutaan. Saat telah mengalami kebutaan, tidak akan ada metode atau alternatif penyembuhan yang dapat dilakukan.

2 . Belum Ada Obat Pasti Untuk Penyembuhan Glaukoma  

Pertolongan pertama yang akan dilakukan saat didiagnosis terkena glaukoma adalah menjalani pengobatan. Anda dapat mencoba dan menghentikan kerugian lebih lanjut yang disebabkan glaukoma dengan bantuan obat-obatan dan operasi.

Meskipun menjalani operasi, namun tidak dapat dikatakan sebagai alternatif penyembuhan karena saat Anda melakukan operasi galukoma, Anda diharuskan untuk melakukan pemeriksaan seterusnya bahkan hingga seumur hidup Anda.

3 . Setiap Orang Beresiko Terkena Glaukoma  

Tidak ada kelompok atau usia tertentu yang berisiko tinggi terkena glaukoma. Glaukoma dapat menyerang siapa saja mulai dari usia tua bahkan bayi yang baru lahirpun rentan untuk terkena glaucoma.

Sebuah survei terbaru menunjukkan bahwa satu dari setiap sepuluh ribu anak-anak yang lahir menderita glaukoma.

4 . Tidak Ada Gejala Khusus yang Dtimbulkan  

Hal terburuk tentang glaukoma, khususnya glaukoma sudut terbuka adalah hampir tidak memiliki gejala yang akan menandainya kemunculannya. Anda tidak akan mengalami rasa sakit yang disebabkan tekanan dari mata yang ternyata menjadi salah satu banyak alasan dari para dokter yang terlambat melakukan diagnosis.

Cara terbaik untuk mengetahui apakah Anda terkena glaukoma yaitu dengan melakukan tes. Lakukan pengobatan  sedini mungkin seperti memeriksa mata Anda secara teratur.

5 . Turunan (Genetik)  

Glaukoma adalah salah satu penyakit bawaan dari orang tua yang sering tidak disadari hingga menyerang anak-anak mereka. Jika orang tua terkena glaukoma, maka kemungkinan besar untuk Anda berisiko tinggi mengidap glaucoma.

6 . Kenali Dua Jenis Glaukoma

Glaukoma diketahui terbagi menjadi 2 jenis. Yang pertama, sudut terbuka atau wide-angle glaucoma adalah jenis yang paling umum dari glaukoma. Struktur mata terlihat tetap normal, tetapi ada masalah dengan fluida yang mengalir melalui cerat di mata yang disebut meshwork trabecular.

Sedangkan untuk glaukoma tertutup atau yang biasa disebut  glaukoma sudut sempit adalah jenis glaukoma yang kurang umum tetapi dapat menyebabkan kebutaan yang tiba-tiba karena tekanan dari dalam mata. Selain itu karena drainase yang sulit akibat kesenjangan antara iris dan kornea yang terlalu sempit.

**

Demikian beberapa fakta penting untuk Anda ketahui mengenai glaukoma. Lakukan pemeriksaan dini untuk memulai pengobatan segera demi mencegah kebutaan. Ingat, siapapun dapat terkena glaukoma!

Semoga bermanfaat.