Loading...

Kubis, Sayuran yang Memiliki Banyak Manfaat Untuk Kesehatan

Penulis: Nila Rubrik: Kesehatan, Wanita

Apakah Anda adalah penggemar jenis makanan siomay ataupun sayur sop? Karena jika jawabannya adalah ya, ini berarti bahwa Anda pasti mengenal sayuran bernama kubis.

Sayuran yang cukup terkenal karena kesegaran di setiap lapis daunnya ini ternyata memiliki sejuta khasiat untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Kubis

Loading...

Kubis banyak mengandung zat – zat yang mampu menolong Anda dalam melawan penyakit kanker seperti lupeol, sinigrin dan diindolymethane. Sementara zat indol – 3 – karbinol dan sulforaphane bisa memicu enzim pertahanan di dalam tubuh sehingga menghambat pertumbuhan tumor dan dipercaya bisa menurunkan resiko terserang kanker payudara. Demikian disadur dari diethuteri.com.

Ditambahkan juga bahwa sayur kubis ini adalah sumber besar zat asam amino glutamin yang dipercaya sangat ampuh menolong Anda khususnya penderita berbagai sakit peradangan.

Sebenarnya jika diperhatikan, yang paling banyak terkandung di dalam selembar daun kubis adalah zat karbohidrat. Tetapi, kubis merupakan salah satu jenis sayuran yang termasuk dalam kategori makanan bersifat rendah kalori, sehingga sangat bagus dikonsumsi sebagai media penurun berat badan.

Manfaat lain yang bisa Anda peroleh dari mengonsumsi sayuran ini dapat dibaca pada ulasan kami berikut di bawah ini :

1). Kaya vitamin C

Beberapa penelitian kesehatan menjelaskan bahwa sayur kubis ternyata banyak mengandung vitamin C bahkan jika Anda harus membandingkannya dengan sebutir buah jeruk.

Oleh sebab itu, kubis menjadi salah satu makanan bernilai gizi tinggi dan mengandung zat antioksidan terbaik, yang ampuh dan mampu digunakan sebagai obat dalam mengurangi radikal bebas di dalam tubuh yang menyebabkan kondisi kesehatan Anda terganggu.

2). Kekurangan serat

Masalah utama yaitu kekurangan serat jangan sekali – kali dianggap sebagai masalah sepele yang Anda abaikan begitu saja. Kekurangan serat akan menyebabkan timbulnya berbagai ragam penyakit, seperti sembelit, sakit maag, sakit kepala, kanker usus, gangguan pencernaan, penyakit kulit, eksim, dan penuaan dini.

Nah,salah satu cara sederhana dan alami untuk mencegah sekaligus mengobatinya adalah makan kubis dalam bentuk diolah menjadi sayur atau jus segar, dapat memenuhi keperluan serat tinggi tubuh Anda.

3). Kekurangan sulfur

Sulfur adalah salah satu jenis nutrisi yang bermanfaat menangkal atau melawan sakit yang disebabkan oleh infeksi. Kekurangan sulfur bisa berakibat munculnya infeksi mikroba dan proses penyembuhan luka karena infeksi biasanya sangat lambat.

Kubis mempunyai kandungan sulfur tinggi, yang ampuh menolong Anda melawan infeksi terutama pada luka dan bisul.

4). Kesehatan otak

Kubis adalah sayuran yang kaya akan kandungan zat yodium, banyak membantu kerja otak dan sistem saraf menjadi lebih baik. Di samping itu, sayur kubis juga bagus dalam mencegah dan mengobati Anda yang terkena gangguan neurotik seperti penyakit alzheimer.

**

Dari uraian singkat di atas, dapat disimpulkan bahwa sayur kubis merupakan salah satu jenis sayuran yang paling sering disorot oleh masyarakat luas karena sejuta manfaat yang diberikan dari tiap lembar sayur tersebut, sehingga sangat baik dikonsumsi sebagai pelengkap menu makan sehat setiap hari dalam bentuk lalapan atau dijus dengan kombinasi sayur atau buah – buahan segar lainnya.

Sayur kubis banyak mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh sebagai media dalam menjaga kesehatan sehingga dianjurkan agar Anda memilihnya sebagai salah satu menu makan sehat buat keluarga tercinta.

Selamat mencoba!