Loading...

Waspada, 9 Produk Ini Dapat Memicu Asma!

Penulis: Mayrani Rubrik: Keluarga, Kesehatan

Waspada, 9 Produk Ini Dapat Memicu Asma!Banyak produk sehari-hari di rumah Anda mengandung bahan kimia yang bisa menyebabkan masalah jika Anda atau anggota keluarga lain memiliki asma. Mungkin Anda tidak pernah menduganya, dari sabun antibakteri hingga penyegar udara.

Seringkali, penyebab tersembunyi adalah bahan kimia yang disebut senyawa organik volatil (volatile organic compounds, VOC), jelas Stanley Fineman, MD, dari Atlanta Allergy & Asthma Clinic di Marietta, Georgia, dan mantan presiden American College of Allergy, Asthma and Immunology. Paparan VOC dapat menyebabkan asma, kata Dr. Fineman.

Berikut adalah beberapa produk rumah tangga yang bisa membuat mereka dengan asma lebih sulit untuk bernapas, dilansir dari Everyday Health:

Loading...

Tabir Surya

Masukan tabir surya pada daftar produk yang mengandung bahan kimia pemicu asma. Hindari khususnya yang mengandung benzophenone, octocrylene, dan PABA (para-aminobenzoic acid), yang dapat mengiritasi kulit Anda, terutama jika Anda sensitif. Masalah dengan tabir surya mungkin lebih pada alergi dibandingkan asma, tetapi beberapa alergi dapat menyebabkan batuk, dan episode batuk dapat menyebabkan memburuknya gejala asma. “Bisa juga bau dari tabir surya yang mengganggu beberapa orang dengan asma,” kata Fineman.

Botol Air

Jika keluarga Anda masih menggunakan botol air plastik yang lebih tua, dibuat dengan bahan kimia bisphenol A (BPA), buang dan pilih yang bebas BPA. Sebuah studi dalam Journal of Allergy and Clinical Immunology Maret 2013, yang mengamati paparan BPA pada anak-anak dari rahim hingga usia ketujuh mereka, menemukan bahwa 90 persen dari anak-anak menunjukkan bukti BPA setiap kali mereka diuji.

Studi ini juga menemukan bahwa anak-anak yang terpapar BPA setelah lahir lebih mungkin untuk mengembangkan asma. Fineman mengatakan bukti bahwa BPA bisa menjadi pemicu asma tidak banyak, tetapi tidak ada salahnya untuk berhati-hati. Carilah botol plastik bebas BPA atau stainless.

Sabun Antibakteri

Sabun antibakteri mungkin berada di antara banyak produk yang mengandung bahan kimia yang dapat memicu asma. Itu karena sabun antibakteri mengandung triklosan, yang merupakan pestisida sintetik. Dalam lingkungan, triclosan memejah menjadi bahan kimia beracun – bentuk dari dioxin dan kloroform yang karsinogenik – dan bahan kimia yang dapat memicu asma.

Ada juga beberapa bukti bahwa triklosan dapat berkontribusi terhadap kuman super yang resisten terhadap antibiotik. Dan, salah satu teori menyatakan bahwa membunuh bakteri baik secara berlebihan dapat meningkatkan kesempatan Anda untuk mengembangkan asma. Kabar baiknya, mencuci dengan sabun biasa adalah sama efektifnya – biarkan berbusa selama sekitar 20 detik setiap kali mencuci.

Vinyl

Vinyl juga ada di antara produk-produk yang mengandung bahan kimia yang mungkin menyebabkan asma. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Environmental Health Perspectives pada tahun 2012, penyebab asma umum dari produk rumah tangga termasuk tirai shower vinyl dan lantai vinyl.

Para peneliti mengidentifikasi bahan kimia DEHP, suatu phthalate yang digunakan sebagai plasticizer dalam benda vinyl, sebagai pemicu asma. Sebuah studi 10 tahun yang dilakukan di Norwegia dan diterbitkan dalam jurnal yang sama pada tahun 2013 juga menemukan hubungan antara phthalate dan asma pada anak-anak.

Penyegar Udara

Penyegar udara yang dirancang untuk meningkatkan aroma rumah Anda merupakan salah satu produk yang mengandung bahan kimia penyebab masalah asma. Masalahnya, banyak wewangian yang mengandung senyawa organik yang mudah menguap, dan VOC telah dilaporkan memperburuk gejala hingga 34 persen pada mereka dengan asma dan alergi, kata Fineman.

Fineman mengatakan kepada rekan-rekannya pada pertemuan 2011 dalam American College of Allergy, Asthma and Immunology bahwa beberapa penyegar udara mengandung lebih dari 20 VOC berbeda. Bahkan penyegar udara berlabel organik atau hijau dapat mengandung bahan kimia yang mengganggu, katanya.

Perapian

Duduk di samping perapian pada hari musim dingin mungkin terdengar hangat dan nyaman, tapi itu bukan ide yang bagus jika Anda memiliki asma. Kayu yang dibakar melepaskan ter, gas, jelaga, partikel halus, dan VOC yang dapat memicu asma.

Bahkan asap cerobong asap tetangga Anda saja bisa mengganggu. Asap mereka dapat memasuki rumah Anda melalui celah-celah kecil di pintu dan jendela dan melalui ventilasi, dan jelaga dapat menetap di ruang bawah tanah Anda. Yang terbaik ialah menghindari perapian bila memungkinkan.

Pestisida

Penelitian yang dipublikasikan dalam Current Opinion in Allergy and Clinical Immunology tahun 2011 menyimpulkan bahwa pestisida dapat memicu serangan asma. Pestisida dapat mengiritasi saluran udara dan menyebabkan peradangan kronis yang menyebabkan kerusakan, tulis para peneliti. Bahkan pestisida dalam jumlah sedikit dapat memicu asma pada orang dewasa dan anak-anak yang rentan. Hindari penggunaan pestisida di dalam atau luar ruangan, dan menjauhlah dari tempat umum di mana pestisida disemprotkan.

Asap Rokok

Rokok berada pada daftar atas produk yang mengandung bahan kimia yang bisa berbahaya bagi penderita asma. Pada perokok pasif sekalipun. “Kami mengamati bahwa orang-orang yang memiliki asma dipicu oleh asap rokok sepanjang waktu,” kata Fineman. Anak-anak dengan asma sangat rentan terhadap asap rokok. Jika Anda atau seseorang di rumah Anda memiliki asma, jangan merokok di rumah atau di mobil Anda. Jangan biarkan orang lain merokok juga.

Dupa

Anda mungkin tidak melakukannya sejak tahun 1960-an, tetapi membakar dupa di dalam ruangan dapat memicu asma. Peneliti dari University of North Carolina di Chapel Hill mengamati dua jenis dupa yang banyak digunakan di Uni Emirat Arab, oudh dan bahkoor. Mereka melaporkan dalam Science of the Total Environment edisi Agustus 2013 bahwa kedua jenis dupa mengeluarkan polutan, termasuk karbon monoksida, formaldehida, dan oksida nitrogen, yang tampaknya menyebabkan iritasi paru-paru dan bisa memicu asma – memprovokasi reaksi sekuat asap rokok.

Jika Anda membakar dupa dan menderita asma, pastikan untuk membuka jendela atau membiarkan pintu terbuka.