4 Manfaat Mengajarkan Yoga Sedini Mungkin Pada Anak  

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Keluarga, Kesehatan

Banyak orang tua yang sedemikian sibuk mengurus pekerjaan hingga jarang memberikan perhatian pada anak mereka. Hal inilah yang menjadi penyebab beberapa anak mengalami hal di luar kendali seperti hiperaktif yang dikarenakan pergaulan di sekeliling mereka atau hal yang mereka lakukan tidak terkontrol akibat kurangnya perhatian dari kedua orang tua.

Saat orang tua sudah menghadapi hal ini, mereka akan mencari berbagai cara untuk membuat anak mereka merasa kehadirannya. Tidak jarang para orang tua mencoba banyak cara termasuk perawatan kejiwaan untuk menekan perilaku hiperaktif anak.

Manfaat Mengajarkan Yoga Pada Anak

Loading...

Selain perawatan kejiwaan, satu cara yang dapat Anda lakukan yaitu dengan mengajarkan anak untuk melakukan yoga. Bukan hanya orang dewasa yang akan mendapatkan manfaat yoga, tetapi juga memiliki manfaat yang sama jika diterapkan pada anak.

Yoga dikategorikan sebagai salah satu jenis kegiatan fisik yang akan membuat anak merasa tenang dan terkontrol. Mereka akan lebih stabil, dewasa dan tenang. Bahkan anak akan terlihat lebih fleksibel daripada orang dewasa karena itu akan sangat bermanfaat jika Anda mengajarkan yoga lebih dini pada anak.

Masih ada beberapa manfaat lain apabila anak belajar yoga sejak dini, seperti di bawah ini.

1. Yoga Membantu Anak Menghadapi Tekanan

Saat anak-anak mengalami banyak tekanan akibat pergaulan, lingkungan sekolah atau masalah mereka hadapi, melakukan gerakan yoga akan sangat membantu mereka untuk merasa lebih rileks dan mengatasi tekanan kehidupan sehari-hari yang dihadapi.

2. Aktivitas Fisik yang Non-Kompetitif

Tingginya tingkat daya saing di antara anak-anak, mengharuskan Anda lebih memberikan perhatian penuh dan lebih mengarahkan anak.

Saat melakukan yoga, anak-anak akan mendapatkan aktivitas fisik untuk menjadi lebih aktif tanpa harus  kompetitif.

3. Meningkatkan Kekuatan Fleksibilitas dan Koordinasi

Karena anak-anak secara alaminya sudah memiliki fleksibelitas, yoga akan lebih meningkatkan fleksibilitas yang akan membuat mereka lebih kuat.

Mereka juga akan belajar untuk mengkoordinasikan gerakan mereka jauh lebih baik sehingga saat menjalani kehidupan, mereka dapat mengatur semua dengan baik.

4. Baik Untuk Jasmani dan Rohani

Yoga tidak hanya membantu anak-anak terhubung lebih baik dengan jiwa mereka, tetapi juga membantu mereka terhubung lebih baik dengan dunia luar. Hal ini dikarenakan sebagian besar teknik dan gaya yoga dirancang untuk menyatukan antara pikiran dan kekuatan.

Ini juga akan menjadi sebuah keuntungan besar, di samping baik untuk ketenangan, anak juga akan mendapatkan kesehatan jasmani dan bentuk tubuh yang indah.

**

Demikian beberapa manfaat yang akan membantu anak saat melakukan yoga. Yoga dapat menjadi aktivitas yang dapat Anda lakukan bersama-sama dengan anak setiap hari. Ini akan menjadi sebuah keuntungan mengingat waktu yang Anda miliki tidak akan selalu ada buat anak.

Melakukan yoga bersama akan lebih membuat Anda dan anak menjalin sebuah ikatan kuat, mengeratkan hubungan batin orang tua-anak dan sekaligus membantu anak melewati masa-masa tumbuh kembangnya.

Semoga bermanfaat.