Loading...

5 Jenis Makanan yang Membantu Mengatasi Hipertiroidisme

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan

Mengatasi HipertiroidismeKetika kelenjar tiroid menghasilkan terlalu banyak hormon tiroid (tiroid yang terlalu aktif), Anda akan mengalami kondisi yang disebut dengan hipertiroidisme.

Untuk penderita hipertiroidisme, mereka akan mengalami peningkatan detak jantung. Beberapa penyebab dari hipertiroidisme diperkirakan akibat rendahnya plasma selenium, radang tirod, bahkan karena tumor pada bagian kelamin.

Masih banyaknya desas-desus dan kesalahpahaman mengenai hipertiroidisme. Beberapa isu mengatakan hipertiroidisme dapat disembuhkan dengan mengikuti diet ketat.  Namun hal ini masih menjadi hal yang diperdebatkan.

Loading...

Jika Anda ingin melakukan cara dengan diet ketat untuk membatasi dan mengatasi gejala hipertiroidisme ringan, maka pemilihan menu diet akan sangat berpengaruh untuk penyembuhan.

Berikut beberapa makanan yang dapat Anda masukkan dalam menu diet harian untuk mengatasi masalah hipertiroidisme.

1. Makanan Kaya Akan Kalsium  

Suka atau tidak, Anda perlu menambahkan banyak makanan kaya kalsium dalam menu diet  untuk melawan hipertiroidisme. Hipertiroidisme membuat tulang Anda lebih mudah rapuh sehingga asupan nutrisi dan vitamin yang cukup penting untuk Anda.

Beberapa makanan yang kaya akan kandungan kalsium seperti susu rendah lemak, brokoli, bayam, sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, almond, okra, dan ikan kaleng akan sangat membantu asupan kalsium.

2. Makanan Kaya Akan Kandungan Vitamin D  

Penelitian telah membuktikan bahwa kekurangan Vitamin D dapat menyebabkan peningkatan hormon paratiroid dan juga membuat penurunan kepadatan mineral pada tulang khususnya untuk Anda penderita hipertiroidisme.

Makanan yang kaya akan kandungan vitamin D seperti sereal, ikan, minyak ikan cod, dan jamur baik untuk dikonsumsi. Selain berada di bawah sinar matahari juga akan memberikan vitamin D.

3. Makanan Kaya Antioksidan  

Kerusakan yang disebabkan karena radikal bebas pada jaringan tubuh dapat dikaitkan dengan peningkatan tingkat jumlah hormon tiroid. Untuk melawan kerusakan, nutrisi yang kaya antioksidan seperti beta karoten, vitamin C dan E sangat penting.

Selain itu buah-buahan seperti plum, berry, ceri buah dan sayuran seperti tomat dapat menjadi sumber utama untuk penghasil antioksidan.

4. Ikan  

Pasien hipertiroidisme bisa mengimbangi peningkatan metabolisme dengan makan ikan secara teratur.

Jenis ikan seperti mackerel, tuna, sarden dan salmon atau suplemen minyak ikan sangat dianjurkan karena berfungsi untuk membantu dan mengontrol hormon yang dihasilkan kelenjar tiroid.

5. Makanan Kaya Zinc  

Meskipun tubuh manusia hanya membutuhkan sejumlah kecil seng, tetapi dampaknya pada tubuh sangat besar. Zinc membantu mendukung sistem kekebalan tubuh untuk tetap sehat dan mempercepat penyembuhan luka.

Sertakan makanan yang mengandung zinc yang dapat Anda dapatkan pada almond, walnut, kacang, sereal dan seluruh biji-bijian.

**

Inilah beberapa bahan makanan yang dapat Anda masukkan dalam diet untuk membantu penyembuhan dan penanganan hipertiroidisme. Beberapa di antara jenis makanan tersebut memiliki banyak kandungan kalori sehingga akan membuat berat badan meningkat.

Konsumsi makanan dalam jumlah yang tepat akan menghindarkan Anda dari berat badan yang berlebihan. Semoga bermanfaat.