Loading...

5 Tips Tidur yang Sehat Bagi Entrepreneur

Penulis: Riyadh Rubrik: Bisnis, Dunia Karir

Seperti yang kita ketahui, kurang tidur merugikan kesehatan kita – tidur mempengaruhi suasana hati, meningkatkan risiko gangguan kejiwaan dan depresi, penyakit jantung, dan menurunkan kesehatan sistem kekebalan tubuh.

Walau begitu, masih saja timbul stres saat  menjalankan perusahaan serta jam kerja yang panjang, berimbas pada pengusaha sering berada dalam tuntutan untuk terus aktif meski kurang tidur.

Tips Tidur yang Sehat

Loading...

Dr Lisa Shives, pakar tidur yang berbasis di Evanston, Illinois, mengatakan perolehan tujuh hingga delapan jam tidur malam adalah komponen penting kesuksesan bisnis seorang pengusaha.

“Tidur mempengaruhi fungsi eksekutif kita; yakni wilayah otak yang bertanggung jawab untuk pengambilan keputusan, berpikir kreatif, memori dan waktu reaksi,” kata Shives.

Ikuti lima tips tidur yang sehat bagi pengusaha sebagaimana dilansir dalam Entrepreneur dan mimpikan jalan menuju kesuksesan bisnis:

1. Matikan Peralatan Elektronik Sebelum Tidur

Shives merekomendasikan agar gadget dimatikan sejam sebelum waktunya tidur. “Cahaya yang dipancarkan [dari layar] menggelincirkan neurotransmiter Anda pada posisi terjaga,” kata Shives.

Gadget juga memaksa otak tetap aktif di saat sebenarnya membutuhkan waktu relaksasi melepas stres sebelum tidur. Shives merekomendasikan agar menggunakan waktu sebelum tidur untuk melakukan sesuatu yang santai dan menyenangkan seperti membaca buku atau berbincang dengan pasangan Anda.

2. Menuliskan Kekhawatiran

Jika Anda tengah berbaring di tempat tidur sembari mencemaskan apa yang terjadi sepanjang hari, Shives merekomendasikan untuk menyimpan sebuah jurnal kekhawatiran dan menuliskannya dengan masalah yang mengganggu Anda.

Bagi mereka yang isi kepalanya dibanjiri pikiran akan daftar pekerjaan, Shives mengatakan bahwa menempatkan daftar tersebut di atas kertas daripada di dalam pikiran dapat membantu menjernihkan isi kepala dan meredakan pikiran Anda sebelum tidur.

3. Ciptakan Suasana Tidur yang Sempurna

Lingkungan tidur yang optimal adalah yang sejuk, gelap, dan tenang. “Bagian dari mengantuk di malam hari yaitu suhu inti tubuh Anda mulai menurun,” kata Shives.

Menghilangkan kebisingan dan gangguan cahaya dengan mengisi baterai smartphone di luar pintu kamar tidur untuk menghindari cahaya, bunyi pesan, dan godaan untuk bangun dan memeriksa sesuatu.

4. Hindari Camilan Bergula Sebelum Tidur

Jika Anda benar-benar suka ngemil, Shives merekomendasikan camilan yang mengandung protein dan lemak seperti yoghurt daripada yang mengandung pati atau gula. ” [Protein dan lemak] memiliki tingkat glikemik sangat rendah yang berarti keduanya memberikan pelepasan energi yang stabil sepanjang malam,” kata Shives.

Karbohidrat sederhana atau makanan ringan bergula memberikan ledakan energi yang cepat, diikuti penurunan drastis yang dapat mengganggu kualitas tidur Anda.

5. Bangun dengan Pencahayaan

Pagi hari sama pentingnya dengan kebiasaan tidur Anda sewaktu malam. Mendapatkan sinar matahari ketika Anda bangun mengatur kembali ritme sirkadian tubuh Anda (circadian rhytm), membantu memastikan Anda lebih lelah di malam hari.

Menikmati kopi pagi Anda dengan duduk di sebelah jendela yang besar adalah cara yang bagus untuk memulai hari Anda.

***

Demikian lima tips tidur yang sehat bagi pengusaha, dengan menerapkan hal tersebut kita bisa terhindar dari gangguan perusak ritme alami tubuh kita.

(Foto: themankipedia.com)