Loading...

9 Cara Tak Umum Menggunakan Tea Tree Oil

Penulis: Mayrani Rubrik: Keluarga, Kesehatan

9 Cara Tak Umum Menggunakan Tea Tree OilTea tree oil merupakan salah satu ekspor paling menakjubkan di Australia. Minyak aromatik ini tidak hanya wangi, tapi juga secara alami membunuh sejumlah mikroorganisme dan menenangkan kulit. Sebagai produk kecantikan, dapat menambah kelembaban dan menghilangkan minyak.

Tapi ternyata bukan hanya itu, tea tree oil baik untuk disimpan di lemari obat dan sekitar rumah untuk berbagai manfaat lainnya. Nah, simak apa saja manfaat mengejutkan dari tea tree oil, dilansir dari Mother Nature Network:

1. Pembersih Sikat Gigi

Loading...

Sikat gigi bisa benar-benar menjijikkan, karena sering berada dalam keadaan basah dan hangat untuk pertumbuhan jamur dan bakteri. Teteskan tea tree oil pada sikat Anda sekarang dan nanti untuk membersihkannya.

2. Membersihkan Jamur

Menggunakan formula setetes tea tree oil dalam satu cangkir air, semprot pada area berjamur. Biarkan campuran, dan kemudian bersihkan. Tea tree oil seharusnya akan mengangkat beberapa noda dan membunuh jamur yang mendasari sehingga tidak akan datang kembali.

3. Pengendali Hama Alami

Serangga tidak suka bau yang kuat dari tea tree oil, dan mereka akan menghindari daerah-daerah di mana ia digunakan. Terapkan beberapa pada titik masuk dan setiap tempat untuk mencegah semut dan pengunjung yang tidak diinginkan lainnya.

4. Larutan Pembersih

Solusi tea tree oil baik untuk mengurangi penggunaan buih sabun dan air keras penghilang noda. Gunakan tea tree oil di kamar mandi, wastafel, dan sepanjang counter, semprotkan permukaan sebelum menyekanya untuk menghilangkan kotoran, pembersih alami ini benar-benar aman untuk digunakan pada ubin Anda!

Bonus tambahan: kualitas antimikroba dari tea tree oil akan mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur. Noda membandel? Campurkan dengan garam atau baking soda untuk membuat pembersih abrasif lembut.

5. Penyegar Pakaian

Berikan cucian Anda beberapa tetes tea tree oil, tambahkan selama siklus mencuci. Selain meninggalkan bau nyaman, tea tree oil akan membunuh organisme yang mungkin ada di mesin cuci Anda. Jika Anda secara tidak sengaja lupa untuk mengeringkan pakaian dan sekarang baunya jadi sedikit apek, rendam kembali dengan air hangat dan tea tree oil untuk membunuh jamur.

6. Pembersih Serbaguna

Solusi tea tree oil dan air yang sama yang Anda gunakan untuk melawan jamur juga baik untuk digunakan sebagai pembersih serbaguna. Solusi ini membersihkan tanpa meninggalkan noda (malah benar-benar mengangkat noda), memberikan kilau pada permukaan, dan dapat digunakan pada berbagai bahan, termasuk kayu, tikar, linoleum, keramik, batu, dan banyak lagi.

7. Merawat Furniture Kayu

Gosokkan solusi tea tree oil pada kayu untuk membantu melawan hama serangga. Jangan gunakan trik ini pada kayu yang Anda gunakan di dapur atau makan, tea tree oil tidak aman untuk ditelan, tapi tidak apa-apa untuk dek furniture dan perabotan dalam ruangan.

8. Melawan Ngengat

Gunakan bola kapas yang direndam dengan tea tree oil untuk memerangi ngengat dan serangga lainnya di lemari pakaian.

9. Pewangi Alat Olahraga

Membilas pakaian olahraga dengan tea tree merupakan suatu keharusan, dan menggunakan solusi tea tree untuk mengelap gigi pada peralatan olahraga untuk menghilangkan bekas keringat, noda, dan bakteri yang menempel.