Loading...

Tips Menghindari Stres pada Ibu Rumah Tangga

Penulis: Amanda Rubrik: Kesehatan, Wanita

Pekerjaan sebagai ibu rumah tangga memang bukanlah pekerjaan yang mudah. Pekerjaan yang sering dipandang sebelah mata atau dianggap ‘tidak bekerja’ ini sebenarnya merupakan pekerjaan mulia seorang wanita yang pada kenyataannya jauh lebih melelahkan dari yang orang biasa bayangkan.

Tak heran jika ibu rumah tangga  juga patut mendapatkan penghargaan yang luar bisasa. Bagaimana tidak? Mengurus dan membesarkan anak-anak, mendidik mereka dengan baik, memasak, mencuci dan membersihkan hingga mengurus suami sudah menjadi aktivitas harian ibu rumah tangga.

 Stress pada Ibu Rumah Tangga

Loading...

Semua pekerjaan tersebut tak jarang membuat ibu rumah tangga mudah lelah dan stres. Jumlah dan beban pekerjaan dan tak seimbang dengan kondisi kesehatannya terkadang membuatnya mudah stres seperti merasa tertekan hingga tindakan negatif yang ia lakukan sebagai ‘pembalasan’ akan rasa stresnya.

Stres pada ibu rumah tangga umumnya ditandai dengan sifatnya yang mudah marah, cepat sedih, emosi yang berlebihan terhadap anak dan lain sebagainya.

Kondisi ini tentu sangat disayangkan karena sebagai ibu rumah tangga, seorang wanita juga sebenarnya berhak mendapatkan ‘penghargaan’ untuk dirinya, seperti waktu luang yang dapat ia manfaatkan untuk melakukan hobinya, hingga hal-hal keicl lain yang membuatnya lupa akan pekerjaan berat yang ia hadapi.

Untuk menghindari stress pada ibu rumah tangga, berikut tipsnya!

1. Prioritaskan pekerjaan utama

Waktu di pagi hari adalah waktu yang tepat untuk mengerjakan pekerjaan, terutama sebelum anak pulang sekolah. Pekerjaan seperti memasak dan membersihkan rumah hingga mencuci sebaiknya dikerjaan di pagi hari, sehingga di sore harinya anda dapat mengerjakan ‘sisa’nya seperti mengangkat jemuran.

Hal ini dapat mempersingkat waktu pekerjaan anda dan anda dapat memiliki waktu luang di siang hari untuk beristirahat sejenak atau mengerjakan aktivitas lain yang anda sukai.

2. Cukup Tidur

Bukan hal yang asing jika ibu rumah tangga harus bangun sangat pagi untuk mempersiapkan anak berangkat ke sekolah dan suami ke kantor. Karena aktivitas ibu rumah tangga biasanya sudah dimulai pada pagi hari, tidur yang cukup sangat diperlukan.

Tidur tidak hanya harus cukup namun juga nyenyak, sehingga ibu rumah tangga dapat bangun di pagi hari dengan segar dan tidak dalam keadaan lelah karena kurang tidur.

Tanpa anda sadari, tidur yang cukup akan berpengaruh pada kesehatan anda, yang secara tidak langsung juga berpengaruh pada tingkat stress yang dapat timbul. Tidurlah yang cukup dengan mengatur jadwal dengan baik dan juga memberi batasan aktivitas di malam hari terutama bagi anak-anak.

3. Asupan Makanan yang Baik

Pekerjaan sebagai ibu rumah tangga memerlukan stamina dan energi yang cukup besar karena padatnya aktivitas yang harus dijalani. Untuk menjaga kesehatan dan stamina tubuh yang baik, ibu rumah tangga tidak hanya memerlukan kebutuhan dari faktor luar namun juga faktor dalam, yaitu melalui asupan makanan dan minuman yang sehat.

Konsumsilah makanan dan minuman yang mengandung nutrisi dan vitamin yang bermanfaat pada tubuh dengan menjaga keseimbangan asupan seperti dengan mengonsumsi sayuran dan buah. Dengan asupan makanan yang baik, anda dapat menjaga kesehatan tubuh dengan baik.

4. ‘Me’ Time

Ya, ibu rumah tangga yang identik dengan mengurusi anak-anak dan suami juga berhak untuk mendapatkan waktu untuk dirinya sendiri.

Di sela-sela kesibukan anda, anda sebaiknya tetap meluangkan waktu untuk melakukan aktivitas yang anda sukai seperti hobi dan mengembangkan bakat yang anda punya.

Dengan melalukan aktivitas yang anda sukai, diharapkan anda menjadi lebih rileks dan terhindar dari stres yang mudah timbul pada ibu rumah tangga. Kegiatan seperti membaca buku, melukis, memasak kue, hingga membuat kerajinan tangan patut anda coba.

5. Komunikasi dengan Keluarga

Ibu rumah tangga tak selalu jauh dari keluhan akan pekerjaan maupun keluarganya. Jika anda memiliki beberapa hal yang tidak anda sukai atau anda mengeluh karenanya, komunikasikan dengan suami dan anak-anak anda saat makan malam atau di waktu lain saat semuanya berkumpul.

Dengan komunikasi yang baik dan lancar dengan keluarga anda, anda dapat terhindar dari stres.