Loading...

Pertimbangkan 5 Hal Ini Saat Memilih Tanggal Pernikahan

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Wedding

Pernikahan merupakan salah satu tujuan hidup setiap orang. Menghabiskan seumur hidup dengan orang yang Anda cintai dan membangun keluarga bahagia bersama pasti akan membuat hidup Anda terasa lebih sempurna.

Karena ini adalah sesuatu yang sakral maka penting untuk memikirkan dengan baik segala persiapannya. Salah satunya adalah menetapkan hari dan tanggal yang baik untuk melangsungkan pernikahan.

Memilih Tanggal Pernikahan

Loading...

Memilih tanggal pernikahan tanpa melakukan banyak pertimbangan dapat membuat hal-hal menjadi lebih sulit. Setiap pasangan harus memberikan pemikiran masing-masing untuk segala sesuatunya dan kemudian memutuskannya bersama-sama.

Memilih tanggal dan hari pernikahan yang baik memang terlihat simpel, namun ini sebenarnya merupakan salah satu hal yang paling sulit ditentukan. Berikut ini ada beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan Anda ketika akan memilih tanggal pernikahan Anda:

Memilih musim

Saat Anda berbicara tentang hari pernikahan yang paling tepat, memilih musim akan sangat membantu Anda.

Anda tentu ingin melakukan pernikahan pada musim yang Anda sukai, dengan memilih musim terlebih dahulu, hal ini kemudian dapat membantu Anda mempersempit pemilihan tanggal. Pikirkan tentang musim seperti apa yang bisa membuat Anda selalu merasa bahagia.

Memilih bulan

Setelah memilih musim, Anda dapat memilih bulan yang Anda inginkan untuk pernikahan. Bulan-bulan tertentu mungkin akan tampak sempurna, namun ini mungkin akan cukup sulit bagi Anda yang memiliki pekerjaan yang terlalu sibuk dengan waktu libur yang terbatas.

Jadi sebaiknya diskusikan pemilihan bulan ini dengan pasangan Anda. Jangan asal memilih, pertimbangkan baik-baik segala kemungkinan yang bisa terjadi.

Memilih waktu liburan

Beberapa orang ingin melaksanakan hari pernikahan mereka pada saat liburan tertentu. Tidak sedikit pasangan yang melakukan pernikahan pada Hari Valentine karena akan memberi kesan yang lebih romantis. Sementara beberapa pasangan lebih memilih untuk melaksanakannya pada hari menjelang ataukah setelah hari lebaran, dan bahkan saat libur natal.

Memilih tanggal pernikahan di hari libur tentu akan membuat pesta Anda lebih meriah, namun Anda harus menyewa tempat atau gedung resepsi jauh-jauh hari sebelumnya karena pernikahan saat liburan bisa berarti persaingan antara Anda dengan beberapa pasangan lain yang bisa jadi juga ingin melangsungkan pernikahan di hari dan tempat yang sama.

Weekend

Jika Anda merasa sangat sulit menentukan hari baik dan tanggal yang tepat, weekend adalah salah satu solusi terbaik. Anda bisa melangsukangkan pernikahan pada hari Sabtu ataukah Minggu. Namun Anda harus berpikir tentang bagaimana keputusan ini dapat mempengaruhi tamu undangan Anda.

Pernikahan yang dilakukan pada hari Minggu mungkin akan sedikit lebih nyaman, sayangnya para tamu harus kembali bekerja pada hari Senin dan mungkin akan merasa lelah setelah menghadiri resepsi pernikahan Anda. Jadi Anda bisa mempertimbangkan untuk melangsungkannya pada hari sabtu.

Berkonsultasi dengan rumah ibadah

Pasangan yang memiliki upacara keagamaan harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan rumah-rumah ibadah mereka untuk menentukan tanggal yang tepat.

Sangat bijaksana untuk berkonsultasi dengan masjid, gereja, atau rumah ibadah lainnya sebelum memutuskan komponen lain dari pernikahan, sehingga Anda yakin hari yang Anda pilih dapat diterima.

**

Setelah memutuskan tanggal pernikahan yang sesuai dengan keinginan Anda, langkah selanjutnya adalah membuat undangan pernikahan dan persiapan lainnya seperti catering ataukah souvenir lucu untuk para tamu.

Terkadang selama melakukan persiapan, pasangan biasanya akan merasa lelah mengurus ini dan itu. Sebaiknya, nikmati apa yang Anda lakukan setiap detiknya, karena pernikahan adalah sesuatu yang Anda lalui sekali dalam seumur hidup.