Loading...

Latih Otak Kiri Anda dan Dapatkan 5 Manfaatnya Untuk Peningkatan Karir

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Dunia Karir

Otak manusia mungkin menjadi salah satu hal yang paling menakjubkan di bumi yang belum sepenuhnya dieksplorasi dan masih banyak rahasia di dalamnya yang harus dicari lagi.

Anda mungkin sudah sering mendengar bahwa otak manusia umumnya dibagi menjadi 2 bagian yaitu otak sebelah kanan dan otak sebelah kiri. Kedua sisi otak ini memiki fungsi dan peran masing-masing.

Untuk otak sebelah kiri disebut juga dengan sisi rasional atau sisi logis, sedangkan untuk otak kanan disebut juga dengan sisi kreatif dan imajinatif.

Loading...

Melatih Otak Kiri

Ada banyak teori yang memperdebatkan mengenai dominasi dari salah satu sisi otak pada individu yang dilihat dari kualitas yang penting untuk kinerja sosial dan kognitif.

Meskipun otak kanan lebih banyak digunakan untuk membayangkan, percaya pada hal-hal dan pemikiran subyektif namun otak sebelah kiri  memiliki peran untuk menentukan seberapa rasional dan logis pikiran dan keyakinan kita. Karena itu, melatih kinerja otak kiri sangat penting karena akan memperkuat logika dan kemampuan penalaran Anda.

Selain itu, ada 5 manfaat yang akan diperoleh saat Anda sering melatih dan menggunakan otak kiri.

1 . Meningkatkan Tingkat Konsentrasi

Anda harus lebih sering menggunakan otak kiri karena akan membantu tingkat berkonsentrasi lebih baik. Jadi jika Anda memiliki otak kiri yang kuat.

Anda akan lebih mudah memahami segala hal. Misalnya saja saat membaca buku. Tingkat konsentrasi yang tinggi akan sangat berguna saat membaca karena Anda akan lebih memperhatikan detail dari bacaan dibandingkan dengan mereka yang jarang menggunakan otak kirinya.

2 . Membantu Meningkatkan Kemampuan Analitis

Otak kiri yang kuat akan mampu meningkatkan kemampuan analitis Anda. Anda akan dapat menyusun kalimat dan menggunakan kata-kata dan bahasa yang benar untuk ditempatkan pada sebuah pesan atau instruksi dan informasi.

3 . Meningkatkan Penalaran Logis 

Anda harus menggunakan otak kiri lebih sering karena akan membantu meningkatkan daya nalar.  Anda dapat memecahkan masalah yang lebih baik karena Anda tahu masalah yang dihadapi.

Anda dapat dengan mudah memecahkan sebuah teka-teki silang, sudoku, anagram, teka-teki dan masalah rumit lainnya dengan mudah.

4 . Memungkinkan Untuk Melakukan Keterampilan Baru Lebih Cepat

Memiliki otak kiri yang kuat dipastikan akan membuat Anda dapat belajar lebih banyak jenis keterampilan baru dan lebih cepat. Hal ini akan sangat bermanfaat jika Anda bekerja dalam sebuah industri seperti software yang akan lebih membuat karir Anda melesat lebih tinggi .

Anda akan mampu mempelajari dan menggunakan teknologi baru dengan jauh lebih cepat daripada rekan-rekan lainnya.

5 . Membantu Anda Untuk Mengorganisir

Otak kiri akan membantu Anda dalam hal menyusun sesuatu agar lebih terorganisir atau tertata. Bahkan semakin kuat otak kiri, Anda akan semakin lebih terorganisir dan sistematis.

Oleh karena itu, Anda akan menuai keuntungan yang terorganisir. Produktivitas Anda akan meningkat dan kinerja juga akan jauh lebih baik. Anda akan menjadi mahir dalam manajemen waktu jika Anda memiliki otak kiri yang kuat .

**

Demikian 5 alasan mengapa baik untuk Anda lebih sering melatih dan menggunakan otak kiri Anda. Otak kiri yang dikenal dengan kemampuannya yang  lebih logis dan rasional akan memberikan keuntungan lebih untuk Anda bukan hanya di kehidupan, namun di dunia kerja.

Semoga bermanfaat.