Loading...

Fenugreek, Biji Ajaib yang Memberikan 9 Manfaat Kesehatan

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan

Fenugreek adalah tumbuhan dari  Yunani yang juga dikenal sebagai salah satu bahan ramuan terbaik untuk meningkatkan kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. Daun dan biji fenugreek adalah bahan umum yang juga banyak digunakan sebagai bumbu dapur.

Tumbuhan ini  telah menunjukkan efek yang signifikan pada fluktuasi suasana hati dan hot flashes selama menopause, bronkitis, asma, gangguan reproduksi, ketidakseimbangan hormonal, pembesaran payudara dan nyeri haid.

Fenugreek

Loading...

Selain itu, masih ada beberapa manfaat lain yang akan Anda rasakan dan menjadi keuntungan buat tubuh. Berikut manfaatnya.

1 . Memberikan Kesehatan Konstituen

Benih tumbuhan fenugreek diketahui dikemas dengan protein, vitamin C, niasin, kalium, diasgenin, alkaloid, lisin, L – triptofan, serta steroid saponin.

Hampir keseluruhan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan tubuh terdapat pada tumbuhan ini. Sangat ajaib bukan, tumbuhan kecil  ini berisi banyak manfaat kesehatan di dalamnya.

2 . Menjaga Tingkat Kadar Kolesterol

2 ons biji fenugreek setiap hari akan mengatur tingkat kadar kolesterol tubuh secara signifikan sehingga akan lebih rendah. Ini tentunya akan memberikan manfaat, salah satunya mengurangi risiko serangan jantung dan penyumbatan lebih dari 25 % .

Jadi, kenapa Anda tidak mengonsumsi biji ajaib ini setiap harinya untuk jantung yang lebih sehat.

3 . Mengurangi Peradangan Kulit

Untuk Anda yang memiliki kulit sensitif atau mudah terserang penyakit kulit, mengubah fenugreek menjadi obat dalam bentuk pasta akan sangat  untuk menyembuhkan ruam, bisul, luka bakar, eksim dan abses.

Hancurkan satu sendok makan biji fenugreek, campuran bubuk dengan air hangat hingga berubah seperti pasta. Gunakan  kain bersih yang steril, lalu terapkan pada daerah yang terkena radang kulit.

4 . Menurunkan Tingkat Kadar Gula Darah

Fenugreek diketahui memiliki kandungan kadar gula yang jauh lebih rendah, karena itu sangat baik untuk para penderita diabetes  tipe 2.

Hanya dengan merendam 500 mg biji fenugreek dan mengonsumsinya dua kali sehari, maka akan menurunkan kadar gula darah Anda.

5 . Membantu Menyembuhkan Demam Tinggi

Saat terserang demam, ambil 1-2 sendok teh biji fenugreek, teh herbal, satu sendok teh madu dan beberapa tetes jus lemon. Minum campuran ini setidaknya tiga kali sehari untuk menurunkan demam tinggi.

6 . Membantu Proses Persalinan

Fenugreek memberikan manfaat saat menjalani proses persalinan terutama saat kontraksi sehingga akan membuat uterus berkontraksi dengan baik.

Meskipun baik untuk dikonsumsi dan memberikan keuntungan saat persalinan, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi biji ini dalam jumlah besar karena dapat menyebabkan kontraksi prematur dan bahkan keguguran selama kehamilan.

Konsultasikan dengan dokter keluarga Anda mengenai berapa jumlah yang tepat untuk mengonsumsinya.

7 . Mengurangi Mulas dan Refluks Asam

Jika Anda sering merasakan mulas yang tiba-tiba, biji fenugreek jalan keluarnya.  Konsumsilah biji fenugreek setiap hari sebagai tambahan menu makanan.

Fenugreek membantu mengurangi tingkat keasaman dengan meningkatkan lapisan lendir pelindung lambung dan usus .

8 . Meningkatkan Jumlah ASI

Penelitian menunjukkan bahwa fenugreek dapat meningkatkan jumlah produksi susu pada wanita menyusui. Minyak dalam biji fenugreek diyakini memiliki peran yang penting untuk hal tersebut.

Karena itu, mengonsumsi setidaknya 500 mg biji fenugreek dapat  meningkatkan jumlah produksi susu. Anda dapat mengonsumsi biji fenugreek dan daun kacang ijo secara bergantian.

9 . Mempercantik Kulit

Selain bermanfaat untuk tubuh, fenugreek juga merupakan tumbuhan biji yang sangat baik untuk perawatan kecantikan kulit.

Anda dapat membuat masker  wajah dari biji ini yang akan mencegah perkembangan jerawat , komedo dan keriput. Rebus biji fenugreek dalam air. Setelah dingin,  gunakan air rebusan untuk mencuci muka dengan setiap hari.

Anda juga dapat memanfaatkan daun dari fenugreek yang telah menjadi pasta, terapkan pada wajah sekitar 20 menit. Lalu cuci bersih.

**

Meskipun memiliki ukuran yang kecil, tetapi fenugreek memiliki banyak kandungan manfaat dan masih jarang diketahui oleh sebagian orang. Bentuk kecil tidak membuatnya memiliki manfaat yang kecil. Jika ingin mengonsumsinya, lakukan konsultasi dan hindari mengonsumsi secara berlebihan.

Semoga bermanfaat.