Loading...

Beragam Pengobatan Alami Untuk Bronkitis

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Kesehatan

Bronkitis merupakan suatu peradangan, pembengkakan atau infeksi yang terjadi pada saluran bronkial yang terdapat di antara hidung dan paru-paru. Penyebab utama hal ini disebabkan oleh virus, bakteri, dan partikel lainnya yang mengiritasi saluran bronkial.

Bronkitis dapat menimbulkan beberapa gejala kesehatan seperti batuk berlendir, sesak nafas, nyeri dada, sering merasa lelah, nyeri dada dan otot serta demam. Bronkitis dapat dikategorikan menjadi dua jenis – bronkitis kronis dan bronkitis akut.

Pengobatan Alami Untuk Bronkitis

Loading...

Orang yang menderita bronkitis sering mencoba obat tanpa resep untuk mengelola gejala. Seiring dengan obat-obatan, terdapat juga banyak pengobatan alami sederhana yang mudah untuk Anda ikuti.

Obat alami berikut dapat memberikan bantuan dari berbagai gejala bronkitis.

Jahe

Jahe yang dikenal mampu mengobati pilek, rupanya juga dapat membantu Anda dalam pengobatan bronkitis. Sifat anti-inflamasi yang terkandung dalam jahe mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan memberikan bantuan dari iritasi, paru-paru meradang atau bengkak.

Untuk mengobati bronkitis, Anda dapat mencoba teh jahe herbal. Anda bisa membuat teh ini dengan menambahkan satu sendok teh jahe bubuk dan lada hitam ke dalam cangkir yang berisi air mendidih. Setelah itu diamkan selama beberapa menit, kemudian tambahkan sedikit madu lalu minum dua kali sehari.

Jus Jeruk

Anda selalu dapat mengandalkan jus jeruk untuk mengobati gejala bronkitis akut. Jus jeruk akan memberikan tubuh Anda banyak vitamin serta nutrisi yang dibutuhkan, dan pada saat yang sama akan memiliki efek menenangkan pada infeksi tenggorokan Anda.

Anda bisa mengonsumsi banyak jus jeruk yang Anda inginkan setiap kali Anda merasa lapar. Namun lebih baik untuk memilih jus jeruk segar daripada yang memiliki bahan pengawet.

Madu

Madu merupakan cara alami untuk mengatasi batuk yang terjadi dengan bronkitis. Sifat anti-virus dan anti-bakteri yang ada dalam madu akan memberi efek menenangkan untuk tenggorokan Anda. Pada saat yang sama madu akan melindungi sistem kekebalan tubuh dan menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi dengan baik.

Anda bisa mencampurkan satu sendok teh madu ke dalam secangkir teh, ini akan banyak membantu bagi Anda yang menderita bronkitis.

Air

Selama bronkitis, Anda akan menjadi sulit untuk menelan makanan padat dan ini seringkali dapat membuat tubuh Anda dehidrasi. Untuk menjaga tubuh Anda agar tetap terhidrasi dengan baik, Anda harus minum banyak air.

Setidaknya cobalah untuk minum delapan sampai sepuluh gelas air setiap hari. Seiring dengan air biasa, Anda dapat mengonsumsi jus buah serta jus sayuran.

Minyak Kayu Putih

Bagi penderita bronkitis, terapi uap sangatlah penting. Untuk pengobatan uap yang efektif, tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam air mendidih.

Minyak kayu putih akan melunakkan lendir yang terdapat dalam saluran udara dan sifat anti-bakteri akan membantu dalam proses penyembuhan. Pada saat yang sama, minyak kayu putih juga dapat diterapkan secara eksternal ke dada. Ini akan membantu untuk mengusir lendir dan memperbaiki fungsi sistem pernapasan.

Jika minyak kayu putih tidak tersedia, Anda dapat menggunakan minyak pinus atau minyak pohon teh untuk terapi inhalasi uap.

Kunyit

Bubuk kunyit sangat mudah tersedia dan dapat digunakan untuk mengobati berbagai gejala yang berhubungan dengan bronkitis. Anti-inflamasi properti kunyit baik untuk batuk yang berhubungan dengan bronkitis.

Ambil satu sendok teh bubuk kunyit dan tambahkan segelas susu lalu kemudian rebus.

Bawang

Sama seperti sakit telinga yang dapat diobati dengan bawang, masalah bronkitis juga dapat diselesaikan dengan menggunakan bawang. Karakteristik ekspektoran yang terkandung dalam bawang dapat membantu dalam melarutkan lendir dan dahak. Cukup mengambil satu sendok teh jus bawang mentah setiap pagi pada saat perut kosong.

Ini adalah obat besar untuk mengobati bronkitis di rumah. Juga dianjurkan untuk menambahkan bawang mentah dalam salad atau menggunakan bawang saat memasak.

Air Asin

Berkumur dengan air asin beberapa kali adalah cara yang bagus untuk mengobati berbagai gejala bronkitis.

Siapkan satu sendok teh garam dalam segelas air hangat dan jangan berkumur. Ingatlah untuk menakar ukuran garam yang tepat, terlalu banyak garam dapat menyebabkan sensasi terbakar di tenggorokan dan terlalu sedikit garam tidak akan terlalu efektif. Anda dapat berkumur dengan air garam sesering yang Anda butuhkan.

Ada dua manfaat dari obat ini, pertama akan menenangkan peradangan di tenggorokan dan kedua itu akan mengenyahkan beberapa lendir yang dapat menyebabkan iritasi pada membran tenggorokan yang sensitif .

Biji Wijen

Biji wijen memiliki beberapa sifat obat yang dapat menyembuhkan bronkitis. Anda dapat membuat campuran dengan menambahkan satu sendok teh biji wijen, satu sendok teh biji rami dan sejumput garam umum untuk satu sendok teh madu. Ambillah campuran ini setiap hari sebelum tidur.

Anda juga dapat mencampurkan setengah sendok teh kering biji wijen bubuk dengan dua sendok makan air lalu mengkonsumsinya dua kali sehari. Obat ini sangat berguna dalam memberikan bantuan terhadap nyeri dada yang berhubungan dengan bronkitis.

**

Anda dapat mencoba beberapa solusi alami yang disebutkan di atas untuk menyembuhkan masalah bronkitis. Tetapi jika gejala bertambah buruk, Anda harus segera menemui dokter .