Loading...

Apa Berat Badan Sehat untuk Usia Anda?

Penulis: Mayrani Rubrik: Kesehatan

Apa Berat Badan Sehat untuk Usia Anda?Bukankah beranjak tua berarti bisa melupakan berat badan dan hanya bersantai? Sayangnya, bahkan saat menginjak usia senior Anda harus berpikir tentang manajemen berat badan. Dan ini bisa menjadi lebih sulit karena seiring pertambahan usia, ada perubahan dalam tubuh Anda.

Tantangan Menjaga Berat Badan Saat Bertambah Usia

Hal ini dapat membingungkan: Anda merasa harus berusaha lebih keras untuk mengenakan celana biasa, dan berjalan ekstra setiap hari untuk mengurus berat badan ekstra. Bahkan jika Anda tidak mengubah kebiasaan diet Anda, tubuh Anda berubah. Jauh lebih mudah bagi senior untuk menambah berat badan dan lebih sulit untuk menurunkannya.

Loading...

Jika Anda merasa seakan melambat, Anda mungkin benar, dan tubuh Anda juga – khususnya, metabolisme Anda. Metabolisme adalah proses dimana tubuh Anda membakar dan menggunakan kalori, dan ketika metabolisme melambat, Anda tidak menggunakan banyak kalori seperti dulu. Setiap kalori yang tidak terpakai berubah menjadi pon dan berat badan yang tidak diinginkan.

Ini berarti bahwa saat menua, asupan kalori harus diturunkan untuk mencegah kenaikan berat badan. Jika Anda memberikan tubuh Anda lebih dari yang dibutuhkan, Anda akan mengalami kenaikan berat badan.

Berolahraga juga mungkin lebih sulit bagi Anda sebagai orang dewasa yang lebih tua, atau mungkin Anda tidak melakukan banyak aktivitas ke dalam hari-hari Anda seperti yang seharusnya. Masalah kesehatan, arthritis, dan nyeri mungkin tampak seperti alasan yang baik untuk melewatkan olahraga, tetapi Anda justru hanya membahayakan diri Anda sendiri dengan berdiam. Penelitian menunjukkan bahwa aktivitas fisik secara teratur dapat membantu meningkatkan memori, meningkatkan keseimbangan, dan mencegah depresi di antara orang-orang berusia di atas 65 tahun.

Apa Berat Badan Sehat untuk Anda?

Menjaga berat badan yang sehat dapat menjaga Anda tetap fit melalui usia senior dan menangkal sejumlah masalah kesehatan seperti:

– Diabetes, penyakit jantung, dan penyakit kronis lainnya
– Tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi
– Stroke
– Beberapa kanker
– Hilangnya ketajaman mental

Tanyakan kepada dokter Anda mengenai berat badan yang sehat bagi Anda. Salah satu indikator kelebihan berat badan adalah indeks massa tubuh, atau BMI (body mass index).

Perlu diingat bahwa BMI tidak selalu menjadi indikator terbaik untuk semua orang – alasan lain untuk berbicara dengan dokter Anda mengenai berat badan yang Anda inginkan.

Menjaga Berat Badan Sehat

Bagaimana Anda mencapai berat badan yang sehat, terutama jika tubuh Anda yang menua melawan Anda?

Pertama, cari tahu berapa banyak kalori yang Anda butuhkan dalam satu hari untuk mendapatkan dan mempertahankan berat badan ideal Anda. Wanita di atas usia 50 tahun yang tidak aktif membutuhkan sekitar 1.600 kalori setiap hari. Angka itu melonjak ke 2.000 sampai 2.200 untuk wanita yang sangat aktif, sekitar 1.800 kalori bagi mereka yang tingkat aktivitasnya rata-rata.

Pria di atas usia 50 tahun membutuhkan sekitar 2.000 kalori setiap hari jika mereka tidak begitu aktif, dan antara 2.200 dan 2.400 jika mereka cukup aktif. Pria yang mendapatkan banyak aktivitas fisik setiap hari membutuhkan antara 2.400 dan 2.800 kalori.

Mulailah dengan angka-angka dasar, kemudian penuhi kebutuhan Anda dengan makanan sehat, bukan sembarang kalori. Untuk tetap merasa kenyang dan puas sekaligus menurunkan berat badan, cobalah perubahan ini untuk diet Anda, dilansir dari Everyday Health:

– Tambahkan makanan kaya serat, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian
– Batasi garam dan lemak
– Minum banyak air
– Pilih daging tanpa lemak seperti ayam, ikan, atau kalkun tanpa kulit, bukan hamburger atau steak dengan lemak
– Makan dan minum banyak produk susu rendah lemak atau bebas lemak

Ingatlah untuk menambahkan olahraga ke dalam manajemen berat badan Anda. Buatlah komitmen pada diri sendiri untuk lebih aktif. Tidak apa-apa memulainya perlahan-lahan, kemudian secara bertahap naikkan tingkat aktivitas Anda.