Loading...

10 Langkah Mempercepat Penurunan Berat Badan

Penulis: Mayrani Rubrik: Kesehatan

10 Langkah Mempercepat Penurunan Berat BadanJika Anda sedang berjuang menurunkan berat badan, ada hal-hal kecil yang dapat Anda lakukan setiap hari untuk meningkatkan keberhasilan penurunan berat badan. Berikut diantaranya, dilansir dari Everyday Health:

1. Mengganti Camilan

“Alih-alih ngemil makanan bakar di jam-jam istirahat, konsumsilah makanan ringan sehat yang menggabungkan sedikit lemak, protein, dan crunch, seperti potongan apel yang diolesi dengan selai kacang,” kata Emily Banes, RD, ahli diet klinis di Houston Northwest Medical Center di Houston, Texas.

Loading...

Jika Anda ingin menghitung kalori, 1 pon adalah setara dengan 3.500 kalori, jadi jika Anda dapat memotong 100 kalori, Anda akan kehilangan 1 pon hanya dalam waktu satu bulan.

2. Mengurangi Bumbu Berkalori-Tinggi dan Gula

“Alih-alih mendapatkan kopi dengan gula, coba Splenda,” kata Banes. Demikian juga, coba mustard pada burger atau sandwich Anda, bukannya mayones, dan pesan saus salad sehingga Anda dapat mengontrol jumlah yang Anda makan.

3. Latihan

“Latihan adalah kunci,” kata Banes. Mereka yang mengelola setidaknya 150 menit aktivitas dalam seminggu lebih sukses dengan penurunan berat badan. Naik tangga, bukan lift, atau parkir kendaraan sedikit lebih jauh dari tujuan Anda sehingga Anda harus berjalan. Hal ini akan menambah latihan ekstra – dan membakar lebih banyak kalori.

4. Antisipasi Godaan

Jika Anda tahu Anda tidak dapat menolak brownies yang baru dipanggang, jangan menyimpan campuran di dapur Anda. Juga, jika Anda pergi ke suatu tempat dengan teman-teman dan keluarga dan tahu Anda akan memiliki waktu yang sulit mengendalikan diri sendiri, buatlah keputusan sebelum Anda sampai di sana mengenai apa yang Anda akan makan – dan menaatinya.

5. Penuhi Piring dengan Sayuran

Banes merekomendasikan menggunakan piring Anda untuk membimbing pilihan makanan dan ukuran porsi. Setengah dari piring harus berisi sayuran. Sisi lain dapat dibagi antara protein dan karbohidrat. Jika Anda memutuskan untuk mendapatkan piring kedua, kata Banes, sebaiknya semua berisi sayuran. Orang yang makan lima atau lebih porsi buah dan sayuran sehari lebih sukses dengan penurunan berat badan.

6. Lewatkan Makanan Cepat Saji

Sebuah studi pada 1.713 orang dewasa yang telah sukses dengan penurunan berat badan menunjukkan bahwa orang yang makan di restoran cepat saji kurang dari dua kali seminggu memiliki sukses yang lebih besar dengan penurunan berat badan mereka.” Jika Anda makan makanan cepat saji, jangan yang porsi besar,” kata Banes, dan cobalah untuk memilih salad, porsi kecil, atau “pilih yang dipanggang, bukan digoreng.”

7. Batasi Kalori yang Anda minum

Sementara kebanyakan orang memahami soda manis menambah kalori, Banes melihat kesalahpahaman ketikabicara mengenai teh manis dan jus. Teh manis tidak kalah padat kalori dibanding soda, dan Anda akan lebih baik makan buah daripada minum jus, Banes menyarankan.

8. Bertanggung-Jawab

Apakah Anda memiliki teman diet, kelompok pendukung, atau buku harian makanan, melacak pilihan makanan sehari-hari Anda hanya membutuhkan waktu beberapa menit, tetapi dapat melipatgandakan keberhasilan penurunan berat badan Anda.

9. Pesan Porsi Lebih Kecil

Data menunjukkan bahwa orang yang memesan porsi kecil atau berbagi piring di restoran lebih sukses dengan penurunan berat badan. Banes merekomendasikan memesan makan siang, hidangan pembuka dalam porsi lebih kecil.

10. Akui Kesuksesan Anda

Mereka yang percaya akan dapat berhasil dengan penurunan berat, benar-benar berhasil dalam menurunkan berat badan. Bagaimana Anda mendapatkan kepercayaan diri ini? Luangkan waktu sejenak untuk menepuk bahu Anda sendiri karena membuat pilihan yang sehat dan mencapai tujuan jangka pendek Anda.