Loading...

Usir Stres dengan Liburan Mental

Penulis: Mayrani Rubrik: Kesehatan

Stres kecil dapat dengan cepat menambah stres mayor dan satu peristiwa penuh tekanan dapat mengguncang Anda, tanpa tahu bagaimana harus menanganinyanya. Jika Anda bisa menguranginya sedikit, Anda tahu bahwa Anda akan baik-baik saja. Tapi terlalu sedikit dari kita yang memiliki waktu – atau uang – untuk lari dan mengambil liburan dadakan.

Anda tidak perlu menghabiskan uang sereceh pun atau pergi ke mana saja selain tempat yang tenang terdekat untuk mengambil liburan mental.

Jika Anda tidak menemukan cara untuk mengurangi stres, kesehatan Anda menjadi taruhannya, baik secara mental maupun fisik. Tidak perlu mendapatkan pijatan dalam waktu lama, atau rebahan di pantai untuk bersantai – Anda dapat bersantai setiap hari dengan cara yang sederhana dan tentunya masih dengan manfaat besar.

Loading...

“Mereka yang berada di bawah banyak stres memiliki masalah fisik yang berkaitan dengan terus-menerus berada di bawah tekanan,” kata Sally R. Connolly, seorang pekerja sosial dan terapis di Couples Clinic of Louisville di Louisville, Ky.” Dan jika Anda tidak menemukan cara [untuk menguranginya], bahkan dalam periode waktu singkat, Anda bisa mengalami konsekuensi jangka panjang.” Sangat penting untuk mengurangi stres dengan rutinitas sehari-hari Anda, katanya.

Usir Stres dengan Liburan Mental

Connolly menyarankan untuk mempelajari teknik mengurangi stres dan mencoba untuk menyelinap sekali atau dua kali setiap hari. “Bahkan jika itu hanya lima menit di pagi hari dan lima menit di malam hari, temukan waktu untuk melakukannya,” katanya.

Melakukan visualiasi tempat bebas stres dan teknik relaksasi lainnya merupakan cara cepat dan mudah untuk membantu seluruh tubuh Anda tenang dan memberikan dorongan yang Anda butuhkan untuk melewati hari Anda. Dilansir dari Everyday HealthConnolly menyarankan 6 cara bagi Anda untuk menyelinap pergi dan melakukan liburan mental agar stres berkurang:

Membaca buku di tempat tidur

Connolly mengatakan bahwa membaca buku di tempat tidur dapat membuat Anda merasa segar, santai, dan siap untuk menghadapi apa pun yang berada di luar pintu kamar tidur Anda. Tempat tidur Anda hangat, nyaman, dan damai. Rasanya mewah, dan tersesat dalam sebuah buku yang bagus adalah cara sempurna untuk melupakan, kemudian kembali fokus pada pikiran Anda sendiri.

Visualisasikan relaksasi

Curi beberapa waktu tenang untuk menutup mata dan memikirkan gambar yang membuat Anda rileks – seperti sinar matahari yang hangat menyentuh kulit dan suara laut, lapangan besar yang dipenuhi dengan bunga, atau sungai yang tenang. Connolly menyarankan untuk memikirkan kembali waktu ketika Anda merasa damai dan santai, dan fokus untuk melepaskan ketegangan dari kaki hingga kepala.

Membuka kembali foto saat bahagia

Connolly merekomendasikan untuk menarik keluar foto favorit dari album foto liburan keluarga atau makan malam yang menyenangkan dengan teman-teman. Renungkan kenangan Anda pada kesempatan itu, dan apa yang membuatnya begitu menyenangkan. Luangkan beberapa waktu untuk mengenangnya, dan Anda akan menemukan diri Anda lebih rileks.

Melihat keluar jendela

Alihkan perhatian Anda dengan berfokus pada sesuatu selain apa yang menekan Anda. Ambillah secangkir kopi atau teh, tutup pintu, dan lakukan istirahat mental.

Amati sekitar Anda di luar jendela, perhatikan burung yang beterbangan, atau nikmati bentuk-bentuk awan di langit. Biarkan diri Anda tenggelam dalam lamunan selama beberapa menit.

Mendengarkan CD relaksasi

Berinvestasilah dalam beberapa CD untuk melarikan diri dari tekanan sehari-hari, kata Connolly. Anda mungkin ingin mendengar kicau burung, gelombang bergulir, atau hujan rintik – apa pun pilihan Anda, menutup mata dan mendengarkan suara-suara menenangkan sambil mengambil napas dalam-dalam dapat membantu Anda rileks dan mengusir stres.

Berjalan-jalan

Latihan merupakan cara yang bagus untuk menghilangkan stres. Keluarlah dan berjalan-jalan di pagi yang tenang atau kencangkan ikat sneaker Anda saat jam makan siang. Berjalanlah di sepanjang jejak, tepi laut, atau tempat tenang lain yang mungkin dapat menawarkan lebih banyak relaksasi.

Perlakukan diri Anda dengan 5, 10, atau 20 menit liburan mental setiap hari dan melatih tubuh Anda untuk rileks dan mengurangi stres – Anda akan merasa lebih baik setelah menghabiskan waktu untuk diri sendiri.