Loading...

Tips Membuat Smoothies Sayur dan Buah

Penulis: Nila Rubrik: Resep

Tren gaya hidup sehat dewasa ini sudah banyak membudaya terutama pada sebagian masyarakat kita di semua kalangan dan usia. Jaman dahulu apabila orang haus, mereka biasanya hanya minum minuman bersoda saja sudah mengikuti hidup keren dan gaya.

Tetapi seiring berkembangnya teknologi pengolahan bahan – bahan dasar seperti buah dan sayur menjadi beragam minuman olahan baru, manusia saat ini gemar meminum jenis minuman olahan sehat dan segar seperti jus, smoothie, lassi atau milkshake adalah paling banyak diminati.

Smoothies Sayur dan Buah

Loading...

Di samping berasa lebih nikmat/lezat, minuman jenis ini bernilai gizi cukup tinggi karena kaya akan kandungan vitamin, mineral dan serat. Bila Anda kebetulan di dalam ruang sebuah restoran dan membuka daftar menu mereka, biasanya berjejer nama – nama minuman memakai istilah beda namun sebenarnya bentuk minumannya sama.

Lalu apa yang menjadi ciri khas minuman jenis smoothies? Melalui artikel singkat ini akan diberikan penjelasan tentang smoothies tersebut.

Smoothies merupakan salah satu jenis minuman berbahan dasar dari buah – buahan, sayuran, sirup gula/gula pasir/madu, susu tawar cair dan es batu. Selain itu, bahan lain yang biasa dipakai sebagai ciri khas minuman smoothies adalah yoghurt, cokelat cair dan susu kental manis paling seringkali membuat segelas smoothies menjadi bertambah lezat.

Tekstur smoothies agak pekat jika dibandingkan dengan jus biasa. Beberapa orang mengolah smoothie dengan mencampurnya memakai buah atau kombinasi buah dan sayuran sehingga dari sini akan menghasilkan cita rasa minuman lebih kaya kandungan gizi dan tentu saja lebih nikmat.

Guna mempercantik campuran smoothie dan memperkaya rasa yang diperoleh, Anda dapat menambahkan taburan bubuk cokelat, potongan buah – buahan segar, meses cokelat atau potongan agar – agar.

Proses pengolahan smoothie sangatlah mudah untuk diterapkan di rumah. Anda hanya perlu mencampur semua bahan, potongan buah, sayuran, susu, sirup gula, es batu, dan yoghurt ke dalam wadah blender. Selanjutnya proses bahan sampai lembut. Komposisi masing – masing bahan yang dipakai bisa ditentukan sesuai selera.

Nah, untuk Anda yang ingin mencoba membuat smoothies, ada baiknya memperhatikan tips sederhana membuat segelas minuman smoothie yang segar berikut ini:

1). Smoothies wortel nanas

Bahan – bahan yang digunakan adalah :

  • 3/4 cup nanas matang/manis, buang matanya lalu potong – potong,
  • 1/2 cup es batu,
  • 1/3 cup jus jeruk kemasan siap pakai,
  • 1/4 cup wortel, kupas dan potong – potong,
  • 1/2 buah pisang.

Caranya sangat mudah : campur semua bahan dalam wadah blender. Hancurkan hingga benar -benar halus. Sajikan dalam gelas – gelas cantik, hiasi potongan buah segar seperti stroberi.

2). Smoothies strawberry madu

Bahan – bahan yang dipakai adalah :

  • 1 cup strawberry segar,
  • 3/4 cup yogurt rendah lemak,
  • 1/2 cup jus jeruk mandarin,
  • 1 sdm madu asli.

Cara membuat : campur semua bahan – bahan tersebut dalam blender. Hancurkan hingga benar – benar halus. Dapat Anda tambahkan es batu jika suka.

3). Smoothies bayam, anggur dan santan

Bahan – bahan yang dibutuhkan :

  • 1 cup anggur hijau segar dan manis,
  • 1 cup baby spinach,
  • 1/2 cup es batu,
  • 1/4 cup santan yang sudah dimasak.

Cara membuat : campur semua bahan dalam blender. Hancurkan hingga benar – benar halus. Tuang ke dalam gelas cantik, hiasi dengan potongan jeruk lemon.

4). Smoothies labu berempah

Bahan – bahan yang diperlukan :

  • 1 cup es batu, 1/2 cup susu segar,
  • 1/3 cup pure labu kuning mentah,
  • 1 sdm madu,
  • bubuk pala secukupnya.

Cara membuat : campur semua bahan dalam wadah blender. Hancurkan hingga benar – benar halus. Tuang ke dalam gelas cantik lalu hiasi dengan buah cerry kaleng.

**

Awalilah hari indah Anda dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat supaya tubuh Anda menjadi semakin segar dan tetap dalam kondisi fit.

Jikalau ingin kulit Anda juga terlihat semakin cantik dan menjaga tubuh sehat serta langsing, maka tidak ada salahnya mulai dari sekarang untuk mencoba memanjakan perut Anda dengan beberapa jenis jus atau smoothies yang menyehatkan dan segar.

Untuk membuat smoothies tersebut di atas, Anda dapat mengombinasikannya menggunakan buah – buahan serta sayuran segar lainnya. Di samping mendapatkan cita rasa lezat, kandungan vitamin dan mineral dari buah dan sayur juga banyak menolong meningkatkan imunitas tubuh terutama ketika musim hujan tiba.

Selamat mencoba!