Loading...

Hindari 4 Makanan Ini Jika Bepergian Dengan Pesawat Terbang

Penulis: Amanda Rubrik: Wisata

Dalam aktivitas perjalanan jauh dengan pesawat terbang, selain beberapa hal positif yang kita dapatkan seperti melihat pemandangan yang bagus atau pengalaman lainnya di dalam pesawat, terdapat juga hal negatif terutama dalam hal kesehatan.

Mungkin anda sudah sering mendengar adanya mabuk udara, ketika seseorang merasa mual dan tidak nyaman selama bepergian dengan pesawat.

Selain itu, masalah kesehatan lain yang dapat timbul adalah sakit perut yang sangat menyiksa, karena jumlah toilet yang terbatas hingga rasa tidak nyaman karena kita diharuskan selalu duduk di bangku pesawat.

Loading...

Tips Bepergian Dengan Pesawat

Beberapa gangguan kesehatan di atas sebenarnya ada hubungannya dengan asupan makanan sebelum dan juga selama penerbangan.

Untuk terhindar dari beberapa gangguan kesehatan di atas, berikut tips makanan yang sebaiknya anda hindari selama perjalanan dengan pesawat.

1. Makanan Dengan Lemak Tinggi

Makanan dengan kandungan lemak yang tinggi sebaiknya anda hindari baik sebelum dan selama dalam penerbangan. Beberapa makanan dengan kandungan lemak tinggi adalah makanan junk food seperti ayam goreng, hot dog, burger dan lain sebagainya.

Makanan junk food juga mengandunga kadar garam yang sangat tinggi. Makanan ini sebaiknya dihindari karena dapat menyebabkan gangguan penceranaan.

2. Makanan Mengandung Banyak Bawang Putih

Seperti yang kita ketahui, bawang putih sebenarnya adalah bumbu dapur dengan kandungan yang baik bagi tubuh. Namun, lain halnya dengan saat kita bepergian dengan pesawat, makan makanan yang mengandung banyak bawang putih dapat menyebabkan perjalanan kita tidak menyenangkan.

Mengapa? Hal yang paling kentara adalah bau mulut tidak sedap yang dapat ditimbulkan oleh si bawang putih. Hal tersebut tentu tidak menyenangkan karena bau mulut dapat mengganggu penumpang di sebelah kita dan membuat kita sendiri tidak nyaman.

Jika anda terlanjur memakan makanan yang mengandung bawang putih, sempatkan waktu untuk menyikat gigi dan mengatasinya dengan permen mint.

3. Makanan Pedas

Bepergian dengan pesawat, terutama yang memakan waktu sangat panjang, memerlukan kondisi badan yang sehat agar perjalanan anda menyenangkan.

Oleh sebab itu, makanan pedas patut dihindari untuk dikonsumsi karena berpotensi menyebabkan sakit perut.

Sakit perut tentu sangat tidak menyenangkan terutama saat kita berada di dalam pesawat. Selain terbatasnya jumlah toilet yang memungkinkan kita harus mengantri  untuk menggunakannya, kondisi perut yang sakit juga membuat kita tidak nyaman saat duduk dalam pesawat.

Hindari makanan yang pedas dan jika hidangan dalam pesawat ada yang terasa pedas seperti yang mengandung cabai atau paprika, sebaiknya anda lewatkan dan memakan jenis makanan yang lain.

4. Mengandung Alkohol

Baik itu makanan dan terutama minuman yang mengandung alkohol sebaiknya anda hindari terutama jika berada dalam penerbangan jarak jauh.

Minuman beralkohol misalnya, sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi. Ketika berada dalam pesawat biasanya seseorang akan lebih  mudah dehidrasi karena keadaan udara yang kering. Disarankan, minuman yang paling baik untuk dikonsumsi adalah air putih.

Selain itu, minuman berakohol juga berpotensi membuat anda mengalami pusing hingga psikis ringan seperti sensitif dan emosi yang tidak terkontrol.

***

Itulah 4 jenis makanan yang sebaiknya anda hindari dalam penerbangan karena dapat menimbulkan hal-hal yang tidak menyenangkan dan mengganggu perjalanan anda.

Jika dalam pesawat terbang tersebut tidak ada menu yang menggambarkan kandungan atau isi dalam makanan yang disajikan, yang misalnya tidak anda sukai, bertanyalah kepada kru pesawat.