Loading...

8 Cara Alami Menjadi Lebih Bahagia

Penulis: Rin Rubrik: Remaja, Wanita

Perasaan tidak bahagia banyak menimpa kita, yang biasanya melibatkan menumpuknya pekerjan, konflik dengan rekan atau putus cinta.

Banyak orang mengaku merasa tidak bahagia pada hari Minggu karena membayangkan akan kembali bekerja pada hari Seninnya. Sementara hari Sabtu lebih membahagiakan karena besok adalah hari libur.

Siklus semacam ini sebetulnya melelahkan, bisa membuat stres bahkan depresi. Seharusnya kita bisa merasa bahagia di sepanjang hari kerja kita.

Loading...

 Cara Alami Menjadi Lebih Bahagia

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan kebahagiaan sepanjang hari, yaitu:

1. Tersenyum

Hanya dengan tersenyum dapat mengubah perasaan menjadi lebih bahagia. Senyuman itu menular, ketika Anda tersenyum, maka orang lain juga akan cenderung membalas senyuman itu. Ini menciptakan kebahagiaan di sekitar Anda.

Sebuah studi di Michigan State University menyebutkan pekerja layanan pelanggan yang tersenyum adalah sebagai hasil dari menyimpan pikiran yang positif, seperti memikirkan meilihat anak mereka bermain di sekolah. Hal kecil ini meningkatkan suasana hati.

Pikirkan kejadian-kejadian yang membuat Anda bahagia, ketimbang memasang senyum palsu yang membuat suasana hati semakin buruk.

2. Menolong orang lain

Menjadi seorang penolong tidak hanya meringankan beban orang lain, tapi juga membuat Anda merasa lebih bahagia. Cobalah sisihkan waktu Anda setiap minggu untuk menolong orang lain.

3. Berteman

Ciptakan lingkaran sosial, baik yang kecil maupun yang besar. Mereka yang gemar bersosialisasi dan memiliki hubungan sosial yang kuat, diketahui menjadi orang yang paling berbahagia karena mereka merasa dicintai.

Mereka yang memiliki hubungan sosial yang lebih jarang lebih besar kemungkinan terlibat dalam perilaku yang buruk dan stres tinggi yang mempengaruhi kesehatan mereka.

Sebuah studi yang dipublikasikan oleh Plos Medicine menemukan interaksi sosial yang rendah dapat berdampak sama dengan seperti merokok 15 batang rokok setiap alkohol atau seperti orang yang berada dalam kecanduan alkohol.

4. Mendengarkan musik Up-beat

Mendengarkan musik yang nge-beat, bukan yang pelan, dapat menghilangkan kesedihan Anda. Apalagi sambil menari.

Studi yang dipublikasikan oleh The Journal of Positivie Psychology mengatakan trik untuk merasa lebih baik adalah dengan secara aktif mendengarkan musim bertempo cepat.

5. Olahraga, yang ringan saja

Jadwal yang sibuk seringkali menjadi alasan yang membuat orang malas berolahraga, tapi sebetulnya olahraga tidak perlu harus ke gym. Cukup dengan latihan selama 40 menit.

Ketika kita berolahraga, kita melepaskan protein dan endorfin, yakni zat kimia di dalam tubuh yang membuat perasaan menjadi lebih baik.

6. Pergi ke Luar Rumah

Pergilah ke luar rumah terutama saat cuaca cerah dan hangat yang dapat meningkatkan mood. Sesekali ambil waktu saat makan siang untuk berjalan-jalan sebentar.

Sebuah studi yang dipublikasikan oleh American Meteorological Society menemukan bahwa suhu memiliki dampak yang lebih besar terhadap kebahagiaan ketimbang kecepatan angin dan kelembaban.

7. Rencanakan liburan, bahkan jika Anda tidak ingin pergi

Sebuah studi di dalam jurnal Applied Research mengatakan kebahagiaan meningkat saat orang-orang merencanakan liburan. Efeknya begitu kuat selama delapan minggu, dan kembali normal setelah selesai liburan.

8. Tidur yang cukup pada malam hari

Tidur yang cukup penting untuk menghadapi esok hari. Tubuh mendapatkan banyak energi, pemulihan dan perbaikan sel-sel juga pikiran menjadi lebih fokus dan produktif.

Dampak dari kurang tidur adalah kenangan negatif (amigala) akan lebih banyak diproses ketimbang hippocampus atau kenangan positif.

Sebuah studi di Sleep Journal mengatakan tidur mempengaruhi kepekaan kita terhadap emosi negatif, seperti rasa takut dan marah. Emosi negatif cenderung menurun jika tidur tercukupi.

(Foto: violettenewyork.com)