Loading...

5 Tips Agar Tetap Tenang Meski di Bawah Tekanan

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Dunia Karir

TERUSKAN.COM – Sekarang ini, stres dan rasa tegang telah menjadi hal yang sangat umum terjadi. Tingginya tingkat kesibukan di kantor, tanggung jawab dan komitmen akan menambah tekanan yang harus Anda hadapi jika ingin bertahan di dunia karir yang sangat kompetitif.

Menghindari tekanan tentu tidaklah mudah. Anda memerlukan cara atau tips untuk tetap membuat Anda tenang saat sedang menghadapi tekanan.

5 Tips Agar Tetap Tenang Meski Di Bawah Tekanan

Loading...

 

Nah, berikut adalah tips agar Anda bisa bersikap tenang meski berada di bawah tekanan:

1 . Tarik Napas Panjang

Penelitian telah menunjukkan bahwa ketika sedang dalam keadaan marah dan stres, bernapas dalam-dalam akan akan menjadi hal yang sangat membantu karena akan membuat tubuh melepaskan hormon stres.

Saat mengalami situasi yang menegangkan, menarik napas yang dalam dan panjang  akan menenangkan beberapa  saraf yang tegang. Anda secara perlahan akan merasa tenang bahkan dalam hitungan menit.

2 . Mencari Udara Segar  

Jika memungkinkan, ambil sedikit waktu untuk keluar dari ruang kerja Anda.

Berjalan-jalan, mendengarkan musik, dan melakukan sedikit gerakan akan mengalihkan pikiran Anda dari masalah yang membuat Anda tegang. Anda akan kembali segar dan lebih siap untuk menangani situasi setelah melakukan hal tersebut.

Jika Anda tidak bisa keluar dari ruangan, pergilah ke kamar mandi dan mencuci muka. Berjalan naik dan turun tangga juga akan membantu Anda.

3 . Tetap Optimis

Tidak ada cara yang lebih baik untuk segera mengubah cara berpikir Anda saat mengalami tekanan karena sebuah masalah.

Pikiran positif, kata-kata motivasi dan orang-orang yang membuat Anda berada pada posisi ini akan membantu Anda menyadari bahwa hal tersebut tidak seburuk yang dipikirkan dan akan ada jalan keluar nantinya.

Karena itu, bersikap optimis sangat penting. Dan percaya atau tidak, semua masalah memiliki jalan keluarnya masing-masing.

4 . Tidur Siang

Tidur siang adalah salah satu hal yang paling menenangkan, yang dapat dilakukan ketika sedang mengalami stres atau tekanan. Bahkan untuk waktu 20 hingga 30 menit, Anda akan melihat dan merasakan perbedaannya.

Tidur atau istirahat sebentar akan menenangkan saraf-saraf di otak dan memungkinkan Anda untuk melihat sesuatu dari perspektif baru setelahnya.

5 . Cari Waktu untuk Berdoa

Jika Anda percaya pada kekuatan yang lebih tinggi, meluangkan waktu Anda untuk berdoa bisa sangat membantu dalam menghadapi situasi penuh tekanan.

Serahkan semua masalah Anda kepada-Nya dan berdoa untuk mendapat hasil dan jalan keluar terbaik. Percayalah bahwa Anda sedang menjalani sebuah ujian dari-Nya dan akan membuat Anda menjadi orang yang lebih baik.

Demikianlah beberapa tips yang dapat membantu Anda tetap tenang meski berada di bawah tekanan. Tetap tenang menjadi poin yang penting agar sukses dalam semua aspek kehidupan.

Melihat sebuah masalah dari sisi lain mungkin akan sedikit sulit, namun percaya akan adanya jalan keluar untuk setiap masalah sudah pasti akan sangat membantu.

Semoga bermanfaat!