Loading...

5 Tips Hebat Menjadi Single Parents

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Keluarga, Wanita

Menjadi orang tua tunggal atau yang biasa dikenal dengan sebutan single parents memang bukan hal ynag mudah mengingat segala sesuatunya harus dilakukan sendiri. Tidak hanya harus menangani masalah emosi diri Anda, tetapi Anda juga harus berurusan dengan hidup dan turbulensi emosional anak.

Anda mungkin memiliki gaya pengasuhan yang berbeda, bahkan tidak ada buku yang menjelaskan secara detail atau rinci bagaimana Anda harus mengasuh anak terlebih jika Anda seorang single parents.

Single Parents

Loading...

Anda mungkin dapat banyak masukan, mendengarkan cerita dari single parents lainnya atau membaca kisah hidup seorang single parents dari sebuah buku, namun kembali lagi untuk mengasuh seorang anak dengan Anda yang berstatus orang tua tunggal semua berasal dari diri Anda sendiri.

Ada beberapa hal-hal tertentu yang pada umumnya para single parents sering lakukan seperti pada artikel berikut.

1 . Cari Pekerjaan yang Fleksibel  

Jika Anda bersikukuh ingin tetap bekerja di pekerjaan lama yang memiliki jam kerja panjang dan kebijakan cuti yang bahkan tidak dapat Anda nikmati, mungkin anak Anda akan membenci Anda.

Bila Anda membesarkan anak-anak sendiri, Anda harus siap untuk setiap kebutuhan mendesak anak dan siap untuk lebih banyak menghabiskan waktu dengan mereka. Karena itu, sangat penting untuk Anda lebih baik memilih pekerjaan yang fleksibel.

Sebagai contoh, Anda dapat membuat sebuah lahan pekerjaan sendiri yang akan tetap memungkinkan untuk Anda tetap mengontrol anak-anak di rumah seperti usaha toko online, berjualan di rumah, atau menjadi seorang freelancer.

2 . Jangan Pernah Mencoba Menjadi Sahabat Terbaik Anak Anda

Banyak orang yang beranggapan akan lebih baik jika sahabat terbaik anak adalah ibu mereka, tetapi ini hanya akan membuat anak kurang berkembang terlebih di kehidupan sosial.

Mungkin Anda akan merasa sedih saat mereka menemukan teman terbaik di luar dan menggantikan posisi Anda sebagai tempat curhat, tetapi jika Anda seorang ibu yang hebat, maka tidak akan ada orang lain yang dapat mengambil posisi itu. Anda dapat lebih menaruh konsentrasi untuk membesarkan anak sehingga mereka tetap di jalur yang benar.

3 . Tidak Perlu Memperkenalkan Semua Teman Pria Pada Anak

Menjadi single parents tidak harus selamanya seperti itu. Anda perlu untuk membangun kembali kehidupan dengan mencari pasangan hidup yang lebih baik.

Saat Anda mulai berkencan, mengenalkannya pada anak menjadi hal utama yang akan dipikirkan. Apakah anak setuju atau tidak, semua tergantung dari mereka. Tetapi terkadang banyak ibu yang hampir memperkenalkan semua teman pria mereka hingga membuat anak menjadi bingung.

Karena itu, lebih baik jika Anda memperkenalkan pria yang benar-benar sudah merebut hati Anda pada anak hingga tidak harus memperkenalkan lagi pria lainnya yang akan membuat mereka membentuk image buruk tentang Anda.

4 . Ajarkan Anak Untuk Hormat Pada Anda  

Menjadi ibu dan ayah tunggal bukan perkara yang mudah terlebih dalam membesarkan anak. Banyak dari single parents yang mengalami kesulitan membesarkan anak mereka baik dari sisi sopan santun atau disiplin.

Sebagai contoh mengajarkan rasa hormat. Anda perlu memberi contoh kepada anak dan mengajarkan mereka untuk tetap menghormati Anda, meskipun Anda membesarkannya seorang diri.

5 . Libatkan Keluarga Dan Teman di Kehidupan Anak 

Meskipun tidak memiliki seorang ayah, anak Anda masih memiliki keluarga dan teman mereka di sekelilingnya. Mereka adalah orang penting yang berada di sekeliling Anda yang akan sangat membantu dan memberikan kebahagiaan untuk Anda dan anak Anda.

**

Demikian 5 tips yang dapat membantu Anda menjadi seorang single parents yang baik.

Menjadi seorang single parents tentu bukan keinginan Anda, melainkan sudah menjadi jalan kehidupan. Besarkan anak dengan kemampuan dan didikan yang tepat hingga menjadikannya lebih baik.

Semoga bermanfaat.