Loading...

Mengenal Lebih Dekat Khasiat Sehat Buah Pir

Penulis: Nila Rubrik: Kesehatan

TERUSKAN.COM –  Dari sisi kesehatan, buah pir adalah sumber serat dan vitamin C tinggi, juga mengandung zat kalium, kalsium, vitamin A, gula, serta protein.

Serat yang terkandung di dalam daging buah pir merupakan serat dari jenis tak larut, ini berarti pir mempunyai manfaat baik sebagai obat laksansia/pencahar.

buah pir

Loading...

Sel – sel batu pada buah pir mampu mengurangi polip pada usus besar, sehingga risiko terjadinya kanker usus besar bisa diatasi.

Kandungan vitamin C dan serat pir pada kulit buahnya juga berguna untuk kesehatan.

Buah pir memiliki kandungan nutrisi yang tinggi sehingga tidaklah mengherankan bila masyarakat luas gemar mengomsumsi buah ini untuk kesehatan di samping berguna juga untuk kebugaran dan kecantikan kulit.

Buah dari tanaman yang bisa bertahan hidup sampai 100 tahun ini menjadi salah satu jenis buah yang paling banyak dicari dan diminati oleh orang dari segala usia.

Nah, ulasan singkat di atas dapat diketahui bahwa buah pir bermanfaat banyak untuk kesehatan tubuh, seperti yang bisa dijelaskan satu per satu di bawah ini :

1). Mencegah sakit kanker

Kandungan asam hydroxycinnamic paling banyak ditemukan dalam daging buah pir yang dipercaya ampuh mencegah kanker perut dan paru – paru.

2). Melawan alzheimer

Beberapa penelitian kesehatan terbaru menjelaskan bahwa kulit pir banyak mengandung zat antioksidan quercetin yang bisa melawan penyakit alzheimer.

Jadi, sebaiknya Anda mengonsumsi buah pir sekaligus dengan kulitnya.

3). Mencegah osteoporosis

Pir mengandung boron yang dibutuhkan tubuh untuk mempertahankan kalsium yag dapat mencegah osteoporosis.

4). Menenangkan pencernaan

Pektin dan serat dalam buah pir ampuh menolong menghentikan sakit diare dan tanin serta menenangkan saluran pencernaan yang telah teriritasi.

5). Membuat Anda tetap terhidrasi

Pir merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan air sehingga bisa memenuhi asupan cairan tinggi di dalam tubuh Anda.

6). Menurunkan kolesterol

Buah pir mempunyai kandungan pektin yang cukup tinggi bahkan lebih tinggi dari kandungan pektin buah apel. Oleh karenanya buah ini ampuh dipakai untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

Pektin bisa menyerap lemak di usus sebelum diserap melalui aliran darah.

7). Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Pir kaya kandungan vitamin seperti A, K, C, B2, kalsium B3, B6, mineral, magnesium, kalium, dan tembaga.

Jadi, buah pir sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh Anda supaya tetap fit.

**

Setelah Anda membaca tujuh manfaat kesehatan mengonsumsi sebutir buah pir di atas, marilah dari sekarang kita mulai membiasakan diri dan keluarga untuk suka makan buah – buahan segar dalam rangka menjaga kesehatan tubuh bersama.

Mengomsumsi buah selain berasa segar dan lezat juga banyak manfaat kesehatan yang bisa diperoleh.