Loading...

Fakta Nutrisi dan Manfaat Kesehatan Kubis

Penulis: Shadiq Khairi Rubrik: Kesehatan

Kubis adalah sayuran yang sering kita dapati dalam menu makanan kita. Lalapan yang satu ini sangat cocok apabila dinikmati dengan sambal terasi dan tentunya ayam goreng. Lalapan yang satu ini menyimpan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh.

Kubis

Sebagaimana dilansir diethealthclub.com, berikut kami sajikan beberapa manfaat dari kubis.

Loading...

Kubis Untuk Mengurangi Berat Badan

Kubis cocok untuk menurunkan berat badan karena sayuran ini rendah kalori dan banyak mengnadung sejumlah nutrisi seperti vitamin A , B , C dan K. Berbagai mineral penting juga terdapat di dalam kubis seperti sejumlah kecil kalsium, zat besi dan seng serta sejumlah besar magnesium, fosfor dan kalium.

Selain itu, kubis memiliki jumlah kandungan serat yang cukup, yang akan membantu Anda tetap kenyang lebih lama. Serat juga memastikan sistem pencernaan yang baik dan peningkatan laju metabolisme tubuh.

Satu cangkir porsi kubis mentah mengandung kalori sekitar 15 hingga 22 kalori. Kalori dalam kubis merah bisa berkisar 25-28 kalori per cangkir porsi. Jumlah ini dapat bervariasi tergantung pada bagaimana cara Anda memasak kubis.

Pastikan Anda mengonsumsi porsi yang memadai dari berbagai jenis sayuran, buah-buahan, daging tanpa lemak, dan susu.

Kubis Untuk Kesehatan Kulit

Jika Anda menderita kondisi kulit seperti jerawat, eksim atau psoriasis, maka Anda dapat menemukan bantuan dengan obat-obatan alami menggunakan kubis. Bahkan faktanya, Yunani dan tentara Romawi sering memanfaatkan manfaat kubis bagi kulit. Mereka menggunakan daun kubis untuk membungkus luka dan memar.

Antioksidan dalam kubis mungkin telah memberikan bantuan untuk penyembuhan. Hal inilah yang membuat kubis sebagai obat jerawat yang efisien. Banyak penderita jerawat mengklaim bahwa merebus daun kubis dalam air, kemudian didinginkan dan diterapkan pada daerah yang terkena akan dapat menangani masalah jerawat ringan.

Sayur bertindak sebagai agen pembersih untuk kulit berminyak. Kubis juga mengandung sifat antibakteri yang masuk jauh ke dalam pori-pori untuk melawan bakteri penyebab  jerawat.

Selain itu, mengonsumsi kubis sebagai bagian dari diet harian Anda dapat membantu Anda mencapai kulit yang cerah. Sifat anti – penuaan yang terdapat dalam kubis, termasuk vitamin B dan C, akan melindungi kulit, rambut dan mata. Hal ini juga membantu untuk mendetoksifikasi tubuh Anda, yang dapat membantu Anda menmperoleh kulit sehat dan tampak bercahaya.

Kubis Untuk Menurunkan Risiko Kanker

Kubis memiliki banyak manfaat gizi. Senyawa kimia seperti indole – 3 -carbinol dan sulphoraphane bertindak sebagai antioksidan, menjadikan kubis sangat penting untuk penelitian atas kanker.

Faktanya, studi menunjukkan bahwa sifat anti kanker yang terdapat dalam kubis dapat membantu menurunkan risiko kanker payudara pada wanita. Studi lain menunjukkan risiko rendah kanker paru paru di antara individu yang menjadikan kubis sebagai bagian dari makanan sehari-hari mereka.

Glucosinolate dalam kubis juga dapat mengurangi risiko penyakit kandung kemih, usus besar, dan kanker prostat. Phytonutrisi lain, terutama di kubis merah, yang disebut polifenol anthocyanin (zat yang memberi warna merah pada kubis) juga dapat memberikan sifat anti kanker dan anti – inflamasi.

Kubis Untuk Menurunkan Kolesterol

Sedikit kalori dalam kubis sangat tepat untuk mengendalikan kolesterol atau mengurangi risiko kolesterol pada individu dengan riwayat kondisi tersebut.

Sementara kalori dalam kubis merah mungkin sedikit lebih tinggi, individu dapat menggabungkan berbagai macam sayuran seperti kubis hijau dan merah, kubis savoy, brokoli, kubis Brussel dan sebagainya untuk menerima semua manfaat gizi.

Kubis sangat bermanfaat untuk kesehatan jika Anda memasak melalui metode yang tepat. Jika Anda terlalu lama merebus kubis, Anda akan kehilangan semua nilai gizi, pada saat yang sama kubis mentah dapat menimbulkan ancaman karena kuman atau bakteri.

Untuk mempertahankan nilai gizi kubis untuk kolesterol, Anda dapat mengukus, tumis ringan atau tumis dengan sayuran lain atau bahkan menambahkannya ke sup atau hidangan utama. Kubis membantu untuk detoksifikasi tubuh Anda dan membersihkan saluran pencernaan Anda. Hal ini semakin memungkinkan kontrol kolesterol Anda.