Loading...

4 Manfaat Angkat Beban yang Belum Anda Ketahui

Penulis: Shadiq Khairi Rubrik: Kesehatan

TERUSKAN.COM – Angkat beban dapat dikatakan sebagai olahraga favorit kebanyakan orang di gym. Tangan yang besar dan kuat dapat membentuk penampilan menjadi lebih atletis.

Angkat beban dapat membantu Anda membakar lemak, mengurangi risiko diabetes, mencegah sakit punggung dan bahkan membantu Anda menanggulangi depresi.

Manfaat Angkat Beban

Loading...

Hasil penelitian menunjukkan bahwa angkat beban tidak hanya dapat meningkatkan komposisi tubuh Anda dan memberikan penampilan yang atletis, tetapi juga dapat meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan dan membuat Anda menjadi orang yang lebih bahagia.

Mau tahu manfaat lainnya? Silahkan simak beberapa fakta berikut sebagaimana dikutip dari livestrong.com:

Otot Berperan Mengurangi Lemak

Dalam sebuah studi yang diterbitkan pada 6 Februari 2008 dalam isu mengenai Metabolisme Sel, peneliti Boston University menunjukkan bahwa serat otot tipe II, seperti yang Anda bentuk ketika Anda mengangkat beban, meningkatkan metabolisme seluruh tubuh.

Para peneliti melakukan rekayasa genetika pada tikus dengan mengatur gen pertumbuhan otot tipe II yang dapat diaktifkan dan dinonaktifkan. Setelah delapan minggu mereka mengaktifkan gen, tetapi tidak mengubah pola makan tikus. Tanpa ada perubahan dalam tingkat aktivitas, tikus kehilangan lemak tubuh total.

Para peneliti menyimpulkan bahwa peningkatan serat otot tipe II dapat mengurangi lemak tubuh tanpa perubahan diet dan mungkin efektif dalam memerangi obesitas.

Mengurangi Gejala Depresi

Ketika membahas efek olahraga terhadap depresi, latihan aerobik, seperti lari dan renang, telah jauh lebih ekstensif diteliti daripada latihan anaerobik, seperti angkat beban. Tapi seperti yang dilaporkan sebuah penelitian, ada sedikit perbedaan antara keduanya dalam hal seberapa baik mereka meredakan gejala depresi.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam The Primary Care Companion Journal of Clinical Psychiatry pada tahun 2004, diikuti 40 perempuan dan menemukan hasil yang sama pada mereka yang berlari dan orang-orang yang mengangkat beban selama delapan minggu.

Melawan Osteoporosis

Seiring pertambahan usia, Anda secara alami akan kehilangan otot dan massa tulang. Hal ini menjadi perhatian khusus bagi perempuan, yang memiliki tulang yang lebih kecil dapat menjadi berbahaya dan melemah oleh usia.

Vivian Ledesma, DC, pemilik dan direktur Aliance Healing Arts di Seattle, Washington, menjelaskan bahwa angkat beban dapat membantu melawan ini. Sama seperti otot yang beradaptasi terhadap tekanan angkat beban dengan menjadi lebih besar dan kuat, tulang Anda juga beradaptasi.

“Kapan saja tulang Anda merasakan tekanan, sebagai respon adalah bahwa tulang akan lebih banyak tersimpan dan terjaga,” kata Ledesma.

Menjadi Lebih Baik dalam Olahraga

Apakah Anda meyukai basket atau bisbol, latihan beban di gym akan diterjemahkan ke dalam kinerja yang lebih baik, kata pakar kebugaran John Carrico.

Dia memberikan contoh dari seorang pemain sepak bola melakukan squats berat di gym: “Jelas, pemain sepak bola tidak duduk di tengah-tengah lapangan dan jongkok, tapi jika dia mampu melakukan squat dengan rep tinggi dengan beban 200 pound di punggung, dan dia dalam situasi intensitas tinggi di mana ia mendorong batas kemampuannya, maka otot-otot akan mampu mendorong pada intensitas tinggi di lapangan sepak bola”.

Carrico, yang ikut memiliki Excellence Health and Fitness di Seattle, Washington, mencatat bahwa angkat beban juga meningkatkan ketangkasan, daya tahan dan koordinasi tangan dan mata, yang semuanya akan membantu Anda berada dalam performa terbaik permainan Anda.

***

Itulah beberapa manfaat dari olahraga angkat beban yang harus anda ketahui. Namun anda harus selalu ingat bahwa jangan berlebihan dalam melakukan berbagai olahraga termasuk angkat beban.