Loading...

4 Manfaat Menangis untuk Kesehatan

Penulis: Amanda Rubrik: Kesehatan

Setiap orang pernah menangis, baik itu wanita atau pria, tua atau muda, baik itu orang yang selalu terlihat tegar atau tidak. Air mata seakan diciptakan untuk melampiaskan rasa sedih dalam diri setiap orang, bahkan seseorang yang terlihat selalu ceria.

Menangis memang identik dengan kesedihan dan rasa duka baik itu disebabkan oleh masalah atau beberapa hal miris yang kita lihat di lingkungan sekitar.

Manfaat Menangis

Loading...

Menangis juga sering dikaitkan dengan cara mengekspresikan kesedihan yang tidak terbendung, dan hal tersebut dapat dikatakan positif mengingat dengan menangis biasanya seseorang merasa jauh lebih baik.

Tak heran jika kita sering ‘mempersilahkan’ seorang teman yang terisak karena suatu masalah untuk menangis, karena jika tidak, biasanya secara emosional seseorang akan memendam rasa sedihnya yang dapat berujung menjadi hal buruk jika tidak dilampiaskan.

Di balik makna kesedihan yang melekat pada seseorang yang menangis, menangis ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan kita. Berikut ualasannya.

1. Meredakan Stres

Jika bersedih, maka menangislah. Ungkapan ini bannyak dikatakan jika seseorang sangat sedih dan tak lagi mampu menahan kesedihannya. Menangis juga tidak dilarang, karena itu adalah proses alami tubuh merespon kejadian yang menyedihkan.

Menangis dapat meredakan stres karena dinilai sebagai cara untuk melampiaskan atau mengeluarkan uneg-uneg yang membuat kita murung dan sedih.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Mungkin anda menyadari jika mata kemasukan debu atau benda asing, mata akan secara otomatis mengeluarkan air yang disebut air mata, yang dapat membuat debu tersebut keluar dan membuat mata kita terasa lebih baik.

Hal yang sama terjadi saat kita merasa mata kita kering, akan terasa nyaman jika diberi tetesan mata yang sifatnya sama dengan air mata.

Bagi anda yang menggunakan lensa kontak, mata sering terasa mudah kering dan perih. Cara yang paling mudah untuk melembabkan mata adalah dengan menangis. Anda dapat mencoba menguap atau batuk untuk mengeluarkan air mata sehingga mata tak terasa kering.

3. Mengembalikan Suasana Hati

Seseorang yang sedih, jika telah menangis biasanya akan merasa jauh lebih baik dan suasana hati akan kembali dengan sendirinya,

Hal tersebut berkaitan degan fungsi menangis sebagai pelampiasan rasa sedih, sehingga rasa sedih dapat berkurang bahkan hilang dan tergantikan oleh suasana hati yang lebih baik.

4. Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh

Yang mungkin tidak kita sadari, ternyata air mata mengandung racun atau zat-zat yang tidak diperlukan oleh tubuh. Hal ini adalah hasil sebuah studi oleh seorang ahli biokimia.

Kita dapat juga merasakannya saat sedang sakit dimana mata akan mudah berair. Hal ini merupakan proses alami tubuh untuk membantuk mengeluarkan racun dengan cairan lewat mata.

***

Setiap orang boleh menangis, asal tidak berlebihan. Menangis sebagai pelampiasan kesedihan sebaiknya juga diimbangi dengan kegiatan dan pikiran positif agar masalah yang anda hadapi cepat berlalu. Semoga bermanfaat.