Loading...

Trik Agar Rumah Lebih Elegan Dengan Dekorasi Ala Perancis

Penulis: Amanda Rubrik: Desain

Jika anda hobi mendekorasi rumah, mungkin anda ingin mencoba beberapa gaya dekorasi baru yang dapat anda aplikasi baik dalam skala kecil maupun besar.

Salah satu dekorasi yang dapat anda coba adalah dekorasi bergaya perancis. Mengapa perancis? Dekorasi pada rumah sebagian besar masyarakat Perancis memang khas, yang merupakan perpaduan antara gaya mediterania, sehingga tetap hangat dan berwarna.

Dekorasi Rumah

Loading...

Jika anda pernah bepergian ke beberapa negara di Eropa, mungkin anda telah mengetahui beberapa hal yang mencadi ciri khas dekorasi rumah bergaya Perancis, walaupun mungkin mirip dengan beberapa negara di Eropa lainnya.

Untuk menciptakan dekorasi bergaya Perancis di rumah anda, sebenarnya anda tidak perlu terlalu banyak membeli barang-barang dekorasi asal Perancis, karena beberapa ciri khas dekorasi bergaya Perancis dapat kita kreasikan sendiri.

Udara di Perancis yang walau cenderung hangat namun juga memiliki musim dingin, membuat dekorasi ruangan cenderung hangat dengan perpaduan kayu. Jika dekorasi ini dirasa tidak sesuai dengan iklin di Indonesia, anda dapat mengakalinya dengan menambahkan ornaman-ornamen kecil di sudut-sudut ruangan

Ini dia ide dekorasi rumah bergaya Perancis.

1. Pajangan

Orang Perancis gemar mendekorasi rumahnya dengan pajangan-pajangan sesuai hobi dalam keluarga. Misalnya jika anda penggemar traveling, hias rumah anda dengan pajangan cinderamata dari berbagai tempat dan negara.

Orang Perancis biasanya tak segan meletakkan benda-benda ini di berbagai tempat seperti atas meja ruang tamu, di atas perapian, di dapur, kamar mandi hingga kebun sekalipun.

Benda-benda tersebut seakan menjadi ‘simbol’ atau ciri sebuah keluarga sehingga ketika tamu berkunjung, biasanya mereka turut membicarakan pajangan-pajangan yang ada di dalam rumah dan saling bertukar cerita.

2. Tema

Walau memiliki gaya dekorasi serupa, tidak berarti dekorasi rumah ala Perancis selalu sama. Mereka cenderung menciptakan dekorasi yang sesuai dengan tema tertentu, baik itu berdasarkan musim maupun tema yang mereka sukai.

Karena Indonesia hanya memiliki dua musim, mungkin anda dapat memilih beberapa tema tertentu yang disesuaikan dengan karakteristik keluarga atau bentuk rumah anda.

3. Lilin

Baik di Perancis dan beberapa di Eropa lainnya, banyak orang yang menghias rumahnya dengan lilin-lilin cantik berbagai warna dan wewangian.

Tak salah jika hampir di semua supermarket, pasti tersedia banyak pilihan lilin-lilin yang cantik. Selain tampilannya yang menarik, lilin dengan wewangian tertentu dapat menambah kecantikan ruangan dengan keharuman yang unik.

Lilin biasa diletakkan di sudut-sudut meja, di pinggiran jendela, di kamar tidur, hinga kamar mandi. Terkadang lilin dinyalakan ketika malam hari untuk mendapatkan tampilan cahaya yang bagus, atau hanya sebagai dekorasi tambahan.

4. Benda Antik

Sebagian masyarakat Eropa termasuk Perancis sangat menyukai sejarah, dan soleh sebab itu tak salah jika mereka suka menghias rumahnya dengan beberapa benda bersejarah baik itu koleksi pribadi atau turunan keluarga.

Tak salah jika di rumah keluarga Perancis mereka memiliki beberapa benda antik berupa mebel atau perabotan maupun pajangan seperti lukisan hasil karya seniman tertentu.

5. Buku

Orang Perancis gemar membaca buku. Oleh sebab itu tidak heran jika di rumahnya selalu terdapat rak dengan berbagai macam buku, mereka bahkan memiliki ruang baca sendiri.

Sebagian besar masyarakat Perancis juga gemar menunjukkan buku-buku tertentu kepada tamunya jika sedang membahas sesuatu hal dan mencari referensinya.

Mereka juga tak segan menyimpan beberapa buku lama dan tetap merawatnya dengan meletakkanya di rak buku yang tersusun rapi.

6. Tanaman

Orang Perancis juga gemar berkebun. Hal tersebut terlihat dari adanya halaman rumah dengan pohon yang memiliki buah dan tanaman kecil lainnya yang mereka tanam dan panen sendiri.

Tidak hanya di luar rumah, warga Perancis juga senang meletakkannya dalam rumah sebagai sentuhan cantik berbagai ruangan. Tanaman juga dianggap menjadikan sebuah ruangan tampak hidup.

***

Dengan 6 ide dekorasi rumah ala Perancis, diharapkan rumah anda akan semakin cantik dan suasana ruangan semakin hangat. Selamat mencoba!