Loading...

3 Pengobatan Rumahan Untuk Meredakan Nyeri

Penulis: Shadiq Khairi Rubrik: Kesehatan

Pengobatan rumahan merupakan cara yang mengagumkan untuk mengatasi masalah kecil yang umum terjadi seperti nyeri-nyeri.  Tapi seberapa banyak penelitian yang membahas mengenai hal itu? Mari kita lihat manakah yang memiliki studi sebagai pendukung.

Tubuh manusia adalah mesin yang cukup kompleks, sehingga kita tak dapat menggali setiap pengobatan yang tersedia di luar sana.

Pengobatan Rumahan Untuk Meredakan Nyeri

Loading...

Di bawah ini Anda akan menemukan beberapa nyeri yang cukup umum kita semua hadapi dan pengobatan rumah dengan penelitian yang mendukungnya, sebagaimana diulas dalam Lifehacker.

Seperti yang Anda duga, sebagian besar pengobatan rumah tidaklah banyak diteliti, namun sejumlah kecilt studi memiliki hasil yang menjanjikan.  Seperti biasa, jika Anda memiliki masalah serius pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu.

Khusus untuk pereda nyeri, tak seorang pun suka mengalami nyeri sehingga Anda akan menemukan begitu banyak pengobatan rumah yang berbeda untuk berbagai jenis nyeri di luar sana. Tentu saja, tak banyak obat penghilang rasa sakit rumahan yang memiliki banyak penelitian di baliknya.

Sakit Kepala

Jika Anda tak ingin minum obat kimia setiap kali mengalami sakit kepala, beberapa alternatif mungkin bisa membantu.

Untuk sakit kepala karena stres, sebuah penelitian kecil yang diterbitkan dalam Australian Family Physician menunjukkan bahwa sejumlah kecil  balsem di dahi dapat membantu meringankan rasa sakit kepala.

Minyak peppermint juga memiliki efek yang sama pada sakit kepala, tetapi penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk keduanya.

The US Department of Health & Human Services menunjuk beberapa studi yang menunjukkan bahwa latihan relaksasi dapat membantu sakit kepala yang disebabkan oleh stres.

Secara umum mengenai sakit kepala, yang terbaik untuk dikonsentrasikan adalah melakukan pencegahan daripada pengobatan bila memungkinkan.

Terkilir, Keseleo, dan Cedera Lainnya

Kemungkinan besar saat Anda pernah terkilir pada bagian tubuh  tertentu, Anda biasa menempatkan es di atasnya. Ternyata, penelitian dari Vanderbilt University menunjukkan bahwa es benar-benar merupakan solusi terbaik untuk sebagian besar cedera tulang dan sendi.

Jika Anda menderita cedera, beri es dan sedikit tekanan selama sekitar 15-20 menit. Lalu singkirkan selama waktu yang sama, dan berikan es lagi.

Studi juga menunjukkan bahwa gel arnica mengurangi rasa sakit dan kekakuan pada penderita arthritis. Hal ini mungkin mencakup atlet yang menderita nyeri atau keseleo.

WebMD menunjukkan bahwa semenjak arnica diketahui beracun, Anda perlu menggunakan formula yang diencerkan jika Anda akan mengoleskannya pada daerah yang sakit.

Sakit Gigi

Tak ada yang suka sakit gigi dan rasa sakit ini sering sulit ditangani dikarenakan sulitnya masuk ke dalam mulut Anda.

Sebuah studi tahun 2006 yang diterbitkan dalam The Journal of Dentistry menunjukkan bahwa minyak cengkeh sama efektif dalam meredakan sakit gigi sebagaimana obat nyeri lainnya.

Cukup oleskan kapas dengan sedikit minyak cengkeh dan oleskan pada daerah yang sakit. Dalam beberapa menit gigi semestinya bakal  mati rasa.

***

Demikian pengobatan rumahan untuk membantu meredakan nyeri. Bila gejalanya tergolong berat dan tak menunjukkan berkurangnya sakit, segera hubungi dokter.

(foto: makeitaffordable.com)