Loading...

5 Ide Mengubah Ruangan Kosong di Rumah

Penulis: Amanda Rubrik: Wanita

Dalam membangun sebuah rumah, seseorang tentu telah memperkirakan berapa jumlah ruangan yang dibutuhkan, termasuk ruangan tambahan dan lain sebagainya.

Akan tetapi seiring berjalannya waktu, terkadang ada ruangan di dalam rumah yang kemudian tidak terpakai dan kosong.

Ide Mengubah Ruangan Kosong

Loading...

Hal ini sering terjadi dalam sebuah rumah keluarga besar dimana anak-anak dalam rumah tersebut telah dewasa dan ada akhirnya memutuskan untuk tidak tinggal bersama dengan orang tuanya lagi.

Ruangan yang kosong ini biasanya tidak dibiarkan kosong begitu saja namun dimanfaatkan untuk menyimpan barang-barang yang tidak diperlukan.

Padahal, ada beberapa ide mengubah ruangan yang kosong tersebut menjadi ruangan yang berguna sehingga ruangan tersebut tidak hanya terisi, namun juga tetap memiliki fungsi di dalam rumah.

Berikut adalah ide mengubah ruangan kosong di dalam rumah.

1. Kamar Tamu

Jika ruangan yang kosong tersebut dulunya merupakan sebuah kamar tidur, anda dapat mengubahnya menjadi kamar tamu yaitu tempat tamu menginap.

Hal tersebut berguna jika kerabat atau anggota keluarga ada yang menginap di rumah anda dan anda tidak kerepotan menyediakan ruangan tambahan karena anda telah memiliki kamar tamu.

Isi kamar tamu dengan tempat tidur yang cukup untuk 2 orang, satu lemari atau rak kecil dan juga beberapa perlengkapan seperti sprei, sarung bantal guling dan juga handuk.

2. Studio Musik

Jika anda menyukai musik, mengapa tidak mengubah ruangan yang kosong menjadi ruang musik?

Anda dapat mengisinya dengan berbagai peralatan musik seperti gitar, drum, bass, piano dan lain sebagainya, atau mengisinya dengan satu alat musik saja dengan dekorasi musik seperti menggunakkan CD maupun piringan hitam.

Studio ini dapat menjadi salah satu ruangan yang paling inspiratif karena dapat menjadi ruangan untuk mengasah kemampuan bermusik anda maupun untuk sekedar menikmatinya.

3. Ruang hobi

Ruang musik mungkin juga merupakan salah satu ruang hobi. Namun ruang hobi dalam hal ini lebih dimaksudkan untuk ruangan dengan berbagai macam alat di dalamnya yang berhubungan dengan kreatifitas.

Baik itu untuk kegiatan melukis, membuat kerajinan tangan, bermain game, menjahit dan lain sebagainya.

Ruang hobi sebenarnya telah banyak dimiliki di negara-negara barat karena banyak dari mereka yang menyukai membuat hasil karya sendiri untuk mendekorasi rumah. Nah, hal ini dapat dikerjakan di dalam ruang hobi.

Anda dapat mengisinya dengan satu meja berukuran besar di tengah dan rak-rak yang digunakan untuk menyimpan berbagai jenis alat yang dibutuhkan.

4. Bioskop Mini

Bioskop mini adalah salah satu ide mengisi ruangan yang kosong. Bioskop mini yang sederhana dapat dibuat dengan meletakkan sofa yang nyaman di dalamnya dan dapat digunakan lebih dari 2 orang.

Selain itu, selain menggunakan televisi dengan layar yang cukup besar, anda dapat menyediakan proyetor yang dapat dipantulkan pada dinding atau layar putih.

Dengan cara yang sederhana, sebenarnya anda dapat menciptakan ruang untuk menonton film dengan nyaman dan menyenangkan.

5. Kebun dalam Rumah

Jika rumah anda tidak memiliki space yang cukup untuk sebuah halaman, anda dapat mempertimbangkan menjadikan ruangan di dalam rumah menjadi kebun indoor yang cantik.

Ide ini juga telah banyak dilakukan untuk rumah dengan keterbatasan lahan. Selain itu, kebun di dalam rumah juga dapat mempercantik dan membuat tampilan rumah menjadi seimbang.

Anda dapat membongkar dinding kemudian membuatnya menjadi kebun kecil, atau dapat membuat ruangan semi terbuka dengan meletakkan berbagai macam tanaman di dalamnya dan menyertakan tambahan dekorasi yang alami.