Loading...

Mengapa Jalan Pagi Baik Untuk Kesehatan Tubuh?

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Kesehatan

Apakah Anda tahu bahwa jalan pagi sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda? Ketika Anda berjalan, Anda memberikan tubuh Anda latihan yang terbaik, terutama bila hal tersebut dilakukan di pagi hari.

Saat ini, ada banyak sekali orang yang sulit untuk meluangkan sedikit saja waktunya untuk melakukan jalan pagi dan terkadang lebih memilih untuk melakukan latihan ini pada malam hari.

 Jalan Pagi

Loading...

Saat ini sudah ada begitu banyak masalah kesehatan yang mempengaruhi kehidupan setiap orang, maka dari itu penting untuk mulai mengubah gaya hidup Anda dengan melakukan rutinitas sehat seperti jalan pagi.

Udara pagi yang segar sangat baik untuk paru-paru Anda. Di sisi lain, jika Anda juga ingin menurunkan berat badan dengan cepat, berjalan-jalan di pagi hari adalah salah satu solusi yang terbaik.

Jalan pagi dapat mengurangi berat badan

Jika Anda ingin mengurangi timbunan lemak dalam tubuh Anda, maka Anda harus bangun pagi lalu melangkahkan kaki untuk berkeliling kompleks ataukah di taman sekitar rumah Anda.

Rutinitas ini dapat membakar kalori dan meningkatkan metabolisme Anda, yang kemudian akan menurunkan berat badan Anda.

Baik untuk penderita diabetes

Tahukah Anda bahwa salah satu manfaat terbaik dari berolahraga adalah karena latihan ini dapat menurunkan kadar glukosa Anda. Oleh karena itu, berjalan di pagi hari sangat bermanfaat bagi penderita diabetes karena dapat menjaga kadar gula darah mereka tetap terkontrol.

Mengatasi hipertensi

Ketegangan dan stres terkadang dapat meningkat akibat tekanan yang Anda peroleh di tempat kerja, berjalan di pagi hari dapat memberi Anda keajaiban karena mampu membuat tekanan darah Anda tetap stabil dan membantu mengatasi hipertensi.

Meningkatkan kekuatan otot

Manfaat kesehatan lainnya dari latihan ini adalah dapat membantu meningkatkan otot-otot dalam tubuh Anda. Ketika Anda berjalan, akan terjadi tekanan pada otot-otot paha, bokong dan kaki Anda.

Oleh karena itu, sebaiknya jadikanlah latihan ini sebagai rutinitas setiap pagi untuk meningkatkan kekuatan otot Anda.

Merupakan kebutuhan otak

Ya, otak Anda membutuhkan banyak oksigen agar dapat berfungsi dengan baik. Manfaat kesehatan dari berjalan pagi juga meliputi peningkatan sirkulasi darah dalam tubuh, dengan demikian hal ini akan meningkatkan fungsi otak Anda.

Mengurangi stres

Jika Anda sering mengalami stres dan depresi, jalan pagi merupakan hal yang harus Anda lakukan. Hal ini dapat membantu untuk menenangkan pikiran dan tubuh secara bersamaan. Selain itu juga membantu Anda untuk memerangi kecemasan.

Meningkatkan sistem kekebalan

Anda perlu memiliki sistem kekebalan yang baik untuk melawan segala jenis virus penyebab penyakit. Oleh karena itu, sesering mungkin luangkan waktu Anda untuk melakukan jalan pagi guna meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baik untuk wanita hamil

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa dokter selalu memberi nasehat kepada wanita yang sedang hamil untuk berjalan secara teratur selama masa kehamilan?

Ya, jalan pagi sehat dan bermanfaat bagi wanita hamil karena dapat melindungi kandungan dan mencegah terjadinya keguguran.

Sehat bagi jantung

Jalan pagi sangat baik untuk jantung Anda. Saat Anda melakukan latihan ini 3 hingga 4 mil per jam di pagi hari, maka akan membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Jantung membutuhkan kegiatan rutin ini untuk memompa darah yang lebih baik, sehingga semakin sering Anda melakukan jalan pagi akan semakin baik kesehatan jantung Anda.

**

Jadi, apa yang Anda tunggu?

Saat ini orang-orang sepertinya tidak terlalu memberi perhatian terhadap kesehatan tubuh mereka. Jalan pagi sangat jarang dilakukan karena mereka lebih memilih untuk tidur lebih lama. Padahal latihan sederhana ini memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan Anda.