Loading...

Inilah 12 Makanan Menakjubkan Untuk Meningkatkan Tinggi Badan

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Kesehatan

Badan yang tinggi dan ramping memang selalu menjadi dambaan setiap orang. Sebagian orang bernasib mujur karena memiliki tinggi badan diatas rata-rata, namun sebagian yang lain selalu merasa tidak percaya diri karena merasa kurang tinggi.

Tinggi badan memang ditentukan oleh faktor genetik, tetapi selama tahap pertumbuhan, Anda dapat melakukan beberapa hal agar dapat tumbuh secara maksimal, salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan yang tepat.

Makanan Menakjubkan Untuk Meningkatkan Tinggi Badan

Loading...

Banyak orang yang hanya fokus pada kegiatan seperti peregangan dan melakukan lompat sesering mungkin untuk meningkatkan tinggi badan mereka. Namun, ada vitamin dan mineral tertentu yang diperlukan oleh tubuh untuk meningkatkan ketinggian alami.

Sebagai contoh, makanan yang akan kaya akan vitamin D dapat membantu meningkatkan tinggi tubuh karena membantu dalam penyerapan kalsium yang tepat, pengembangan tulang dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh yang sehat. Kurangnya protein dan nutrisi, akan mengakibatkan pertumbuhan yang terbatas atau sangat lambat.

Jadi, tingkatkan suplemen protein dan vitamin dalam pola makan Anda dengan makanan seperti berikut ini:

Ikan

Makanan laut ini dikenal kaya akan protein dan vitamin. Ikan seperti salmon dan tuna memiliki kandungan vitamin D dan protein yang tinggi, yang dapat berpengaruh baik terhadap pertumbuhan tinggi badan.

Telur

Makanan super ini kaya akan vitamin D dan kalsium. Jadi, untuk kesehatan tubuh dan tulang yang kuat, pastikan Anda menyertakan telur yang direbus dalam menu Anda karena ini merupakan salah satu metode terbaik untuk mempertahankan vitamin dan nutrisi dari telur.

Kedelai

Untuk penyerapan vitamin dan kalsium yang tepat dalam tulang, konsumsilah produk kedelai seperti kacang kedelai dan susu kedelai.

Tahu

Makanan ini kaya akan kalsium dan rendah kalori, tahu merupakan salah satu makanan yang wajib dimasukkan ke dalam diet harian Anda untuk meningkatkan tinggi badan. Tahu juga membantu penurunan berat badan sebab memiliki kandungan lemak yang rendah.

Biji Labu

Biji labu efektif dalam memperbaiki jaringan tubuh dan mempromosikan pembangunan jaringan baru. Selain itu, asam amino dalam biji juga mampu mendorong pertumbuhan tubuh.

Wortel

Wortel kaya akan vitamin C dan A. Vitamin A dapat menjaga kalsium dalam tulang dan membuatnya kuat dan sehat. Makanan yang memiliki jumlah vitamin A yang banyak juga dapat meningkatkan pandangan mata Anda.

Bayam

Ini adalah makanan sehat lainnya yang dapat membantu menambah tinggi badan secara alami. Sayuran berdaun hijau kaya akan vitamin dan nutrisi. Jadi pastikan Anda mengkonsumsi sayuran hijau seperti brokoli dan bayam dalam diet harian Anda.

Susu

Kalsium penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang yang kuat. Susu bertindak sebagai penguat tulang dan juga kaya akan vitamin A yang memelihara kalsium. Dianjurkan untuk minum 2-3 gelas susu setiap hari.

Pisang

Untuk tulang yang kuat dan sehat, sebaiknya Anda rutin mengonsumsi pisang. Selain untuk meningkatkan tinggi badan, buah ini juga baik untuk pencernaan dan memperlancar buang air besar.

Ayam

Bila dibandingkan dengan makanan hewani lainnya, ayam merupakan sumber protein tertinggi. Daging ayam menyediakan protein bagi tubuh untuk membangun jaringan dan otot yang lebih kuat sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan.

Kacang Panjang

Kandungan mineral yang terdapat dalam kacang panjang memiliki pengaruh yang baik dalam membangun jaringan tulang dalam tubuh, membuat tulang tumbuh lebih kuat serta mampu meningkatkan aliran darah dalam tubuh Anda.

Untuk menambah tinggi badan secara alami, asupan protein dan mineral dari kacang panjang sangat dibutuhkan.

Yogurt

Yogurt merupakan salah satu produk susu yang kaya akan protein dan kalsium. Selain itu, yogurt juga mengandung Vitamin A, B, D dan E yang mempromosikan pertumbuhan tinggi badan. Disamping itu, yogurt juga baik untuk pencernaan.

**

Terlepas dari Vitamin D dan protein, salah satu mineral penting yang diperlukan untuk menambah tinggi badan adalah kalsium. Makanan yang kaya akan kalsium mampu meningkatkan pertumbuhan tulang dan perkembangan tubuh. Jadi, untuk tulang kuat dan sehat, konsumsilah makanan seperti susu, keju, dan makanan sehat lainnya yang kaya akan kalsium.

Itulah beberapa makanan luar biasa yang dapat membantu meningkatkan tinggi badan Anda secara alami. Sertakan makanan ini dalam diet Anda untuk meningkatkan tinggi badan Anda. Selain makanan ini, sertai pula dengan beberapa latihan seperti melompat-lompat, berenang, dan peregangan untuk meningkatkan fleksibilitas otot dan meningkatkan pertumbuhan tinggi.