Loading...

10 Manfaat Kesehatan Bawang Merah

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan

Karena terlalu banyaknya manfaat yang diberikan bawang merah, sehingga membuatnya menjadi bumbu dapur yang paling memiliki peranan penting untuk para ibu rumah tangga. Selain membuat masakan menjadi enak, bawang merah juga memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh.

Bukan hanya bawang merah yang memiliki manfaat, daunnya pun dapat diolah  karena mengandung banyak nutrisi. Bawang merah sangat baik untuk kulit, rambut dan pencernaan.

Manfaat Kesehatan Bawang Merah

Loading...

Selain 3 manfaat di atas, masih ada banyak lagi manfaat yang akan Anda dapatkan dari bawang merah. Berikut ulasannya.

1 . Bawang Merah Sumber Zat Besi

Seperti yang kita ketahui, zat besi sangat penting untuk membantu produksi jumlah sel darah merah dalam tubuh, mempertahankan tingkat kadar hemoglobin dan memperkuat tubuh jaringan.

2 . Memiliki Kandungan Serat yang Baik

Bawang merah juga memiliki banyak serat di dalamnya yang membantu mengatasi masalah pencernaan. Karena itu, bawang merah sering digunakan sebagai bumbu utama dalam masakan karena manfaatnya untuk perut dan berfungsi efektif dalam mencegah sembelit .

3 . Bawang Merah Memiliki Banyak Kalium

Kalium dalam bawang merah membantu mengatur kadar cairan dalam tubuh. Bahkan dengan mengonsumsi bawang merah dalam jumlah yang tepat akan membantu mengurangi masalah jantung, mencegah otot kram dan kelemahan.

4 . Bawang Merah Baik Untuk Jantung 

Antikoagulan yang ditemukan pada bawang merah berguna untuk melindungi  tubuh dari penyakit jantung. Kandungan allicicn akan menghalangi terjadinya pembekuan trombosit dan pembentukan pembuluh darah Anda dan mengurangi masalah jantung seperti penyakit pembuluh darah perifer ( PVD ), penyakit arteri koroner ( CAD ), dan stroke.

Selain itu juga membantu tubuh menghasilkan anti – koagulan yang berfungsi mengencerkan darah dan mengurangi risiko penyakit aterosklerosis.

5 . Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bawang merah dapat dikonsumsi mentah atau diolah menjadi makanan yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga mencegah Anda dari tertularnya pilek, demam dan flu.

6 . Rendah Kalori

Bawang merah tergolong dalam jenis sayuran, karena itu menambahkannya menjadi menu makanan Anda akan mengurangi jumlah kalori.

7 . Kaya Antioksidan

Bawang merah adalah pilihan yang lebih sehat dibandingkan bawang lainnya. Memiliki kandungan antioksidan seperti quercetin dan kemferfol, akan sangat baik untuk kulit Anda dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

8 . Digunakan Sebagai Obat

Bawang merah memiliki kandungan anti – bakteri, anti – jamur dan sifat anti – virus sehingga sering digunakan untuk mengobati infeksi dan goresan pada tubuh.

9 . Baik Untuk Penderita Diabetes

Bawang merah mengandung unsur kimia phyto seperti allium dan alil disulfida yang memiliki sifat anti – diabetes.  Unsur ini sangat membantu dalam mencegah degradasi insulin dalam tubuh dan meningkatkan metabolisme glukosa .

10 . Eefektif Mengobati  Masalah Cacingan Pada Anak

Mengolah bawang merah menjadi jus, akan sangat baik untuk mengatasi masalah cacingan dan  membersihkan perut. Ini dapat Anda jadikan sebagai obat cacing rumah khususnya untuk anak,

**

Demikian beberapa dari bawang merah. Walaupun akan membuat mata berair saat mengupasnya, namun bawang merah akan memberikan berjuta manfaat untuk tubuh Anda.

Masih banyak keuntungan dan manfaat kesehatan lain yang akan Anda dapatkan. Menggunakannya sebagai pelengkap bumbu masakan juga akan tetap memberikan Anda manfaat.